Kamis, 25 Juni 2015

Manfaat Mulsa Plastik Hitam Perak (MPHP) Untuk Budidaya Tanaman Cabai

Plastik mulsa atau mulsa plastik adalah lembaran plastik berwarna hitam perak (kadang ada juga yang perak perak) yang berguna untuk melindungi permukaan tanah dari terpaan hujan, erosi dan menjaga kelembaban tanah, struktur tanah, kesuburan tanah serta menghambat pertumbuhan gulma (rumput liar) yang berada di sekitar tanaman utama. Pada sistem budidaya cabai yang dilakukan secara intrensif seringkali menggunakan mulsa hitam perak untuk mengurangi penguapan air dari tanah dan menekan hama serta penyakit dan gulma.

Pertumbuhan gulma menjadi sedikit sekali, perawatan pada lahan cabe juga lebih mudah. Penggunaan mulsa hitam perak pada tanaman cabai bisa meningkatkan produktivitas, hasil panen meningkat. Sebab mulsa ini bisa menjaga tanah tetap gembur, suhu dan kelembaban tanah relatif tetap stabil. Selain itu, dengan adanya mulsa, pemberian pupuk, pengendalian gulma maupun hama penyakit dapat berkurang baik dalam segi biaya dan waktu yang dibutuhkan.

* Untuk kebutuhan mulsa plastik hitam perak (MPHP) silahkan hubungi kami di 0877.0282.1277 - 0852.3392.5564. Info selengkapnya tentang plastik mulsa silahkan klik disini.

Mengapa mulsa plastik berwarna hitam perak, apa fungsi masing-masing warna? Warna hitam pada mulsa dipasang di permukaan bawah (menghadap tanah) berfungsi untuk menghalangi pertumbuhan gulma. Warna hitam menjaga kelembaban tanah karena kemampuannya menyerap panas cahaya.

Sementara warna perak yang menghadap ke atas berfungsi memantulkan sinar matahari untuk mengurangi penguapan air pada tanah bedengan. Pun juga agar pemanfaatan sinar matahari tidak hanya secara langsung terkena tanaman cabe, sehingga proses fotosintesis bisa berlangsung pada kedua sisi daunnya (atas bawah). Selain itu warna perak pada mulsa juga berfungsi untuk mengurangi perkembangan hama aphids dan tungau yang selalu bersarang pada tanaman cabai. Juga serta secara tidak langsung bagian warna perak pada mulsa dapat menekan serangan penyakit yang disebabkan oleh virus.
* Baca juga Penggunaan Plastik Mulsa Pada Tambak Ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar