Jumat, 30 September 2016

Cegah Gulma Pada Cabai Dengan Mulsa Plastik

Cabai, siapa yang tak kenal dengan sayuran yang satu ini. Bahkan saking terkenalnya ada peri bahasa yang menggunakan kata cabai di dalamnya yaitu kecil-kecil cabai rawit. Cabai adalah salah satu komuditi pertanian yang masih eksis hingga saat ini. Bahkan bagi kita semua orang asli Indonesia akan merasa tidak lengkap bila bersantan tanpa ada rasa pedas dari cabai. Pada umumnya cabai memang digunakan sebagai saos dan sambal, namun tak jarang cabai digunakan sebagai pelengkap dari sebuah masakan.

Akhir-akhir ini anda pasti sering mendenga berita tentang harga cabai yang meroket. Kenaikan harga cabai akhir-akhir ini memang sering terdengar, tingginya permintaan pasar dan kurangnya persedian membuat harga cabai mudah dimainkan di pasaran. Bukan tanpa alsan harga cabai dinaikan, cabai yang notabennya bukan tanaman musiman mendadak menjadi langka dan sulit ditemukan. Gagal panen yang dialami oleh petani cabai menjadi salah satu alasan mengapa cabai sulit dijumpai dipasaran.

Ada berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab gagal panen komuditi pertanian yang satu ini. Seperti faktor lingkungan, faktor kondisi alam dan cuaca, hama dan juga gulma. Salah satu faktor peyebab gagal panen yang sering petani jumpai adalah gulma.  Gilma adalah sejenis tanaman yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman lain. Salah satu contoh gulma adalah rumput liar. Di antara deretan tanaman cabai pasti sering anda jumpai rumput-rumput liar tumbuh dengan subur. Rumput-rumput liar inilah yang disebut dengan gulma. Keberadaan rumput liar di sekitar tanaman cabai sangat tidak diharapkan karena rumput liar dapat menganggu pertumbuhan tanaman cabai. Selain itu rumput liar juga akan mengambil nutrisi dari dalam tanah yang seharusnya di gunakan oleh tanaman cabai. Jadi ketika rumput liar tumbuh berdampingan dengan tanaman cabai maka akan terjadi perebutan nutrisi dari dalam tanah oleh tanaman cabai dan gulma atau rumput liar.

Mungkin anda akan berfikir untuk membasmi gulma tersebut dengan herbisida? Ya, herbisida memang dapat di gunakan untuk membasmi gulma. Namun anda juga harus mempertimbangkan efek dari penggunaan herbisida. Ketika anda menggunakan herbisida bukan tidak mungkin zat beracun tersebut akan mengenai tanaman cabai anda. Tanaman cabai yang terkena herbisida akan mengalami penuruna produksi bahkan layu dan mati. Oleh sebab itu sebaiknya anda berfikir kembali ketika hendak menggunakan herbisida.

Cara aman dan nyaman untuk membasmi gulma adalah dengan menggunakan mulsa plastik pada bedengan tanaman cabai anda. Apakah mulsa plastik itu? Mulsa plastik adalah lembaran plastik penutup lahan tanaman budidaya yang bertujuan untuk melindungi permukaan tanah. Yang dimaksud dengan melindungi permukaan tanah disini adalah penggunaan mulsa plastik dapat mencegah terjadinya erosi tanah pada saat hujan lebat. Mulsa plastik juga dapat menjaga kelembaban tanah dan struktur tanah serta yang paling pening mulsa plastik dapat mencegah gulma tumbuh di area tanaman pertanian, sehingga tanaman pertanian seperti cabai tidak akan mengalami kekurangan nutrisi dan unsur hara dari dalam tanah.

Penggunaan mulsa plastik juga akan mengurangi biaya produksi anda. Karena anda tidak perlu mengeluarkan biaya herbisida maupun gaji untuk pencabut rumput yang membersihkan gulma. Dengan menggunakan mulsa plastik anda akan mendapatkan tanaman cabai yang sehat dan bebas dari herbisida. Tidak adanya gulma juga akan meminimalisir kemunculan hama dan serangga pengganggu tanaman. Karena pada umumnya hama dan serangga tanaman hidup di antara gulma-gulma seperti rumput-rumput liar.

#Menyediakan plastik mulsa hitam perak berbagai kualitas ada merk MONTANA,merk TEMBAKAU,dan yang menjadi merk unggul dari kami yaitu cap KUDA.Untuk harga plastik mulsa hitam perak klik DISINI.Untuk pembelian anda bisa hub : 085233925564 / 081232584950 / 087702821277.

Ayo lindungi tanaman cabai anda dengan mulsa plastik, segera pasang mulsa plastik di bedengan-bedengan tanaman cabai anda. Hemat biaya prduksi dengan menggunakan mulsa plastik.
*Baca juga Ramuan Alami Dari Daun Tembakau Lebih Ampuh Membasmi Hama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar