Sabtu, 05 November 2016

Cara Budidaya Tanaman Dengan Menggunakan Mulsa Hitam Perak

Cara Budidaya Tanaman saat ini telah berkembang pesat seiring kemajuan cara bertani yang menjabin lebih cepat  sukses. Tidak hanya soal hasil panen yang berlimpah, akan tetapi juga kemudahan cara bertani (pananaman, perawatan, dan pemanenan). Salah satu teknik terkini yang semakin update adalah cara budidaya tanaman dengan menggunakan pulsa plastic hitam perak.

Mulsa plastik adalah lembaran plastik penutup lahan tanaman. Tujuannya untuk melindungi permukaan tanah dari erosi, menjaga kelembaban tanah di bawah mulsa dan struktur tanah, dan tidak kalah penting adalah menhambat pertumbuhan gulma / rumput liar.

Apa Bedanya Mulsa Plastik Hitam Perak Dengan Mulsa Plastik Satu Warna?
Bentuknya sama. Modelnya juga sama. Yang berbeda hanyalah warna lapisan pada mulsa. Jika mulsa pada umumnya bolak balik hanya menggunakan satu warna hitam, maka mulsa plastic hitam perak mempunyai dua warna, yakni hitam dan warna perak pada mulsa baliknya.
#Baca juga Hama dan Penyakit Pada Tanaman Semangka.

Apa manfaatnya Mulsa Plastik Dua Warna?
Mulsa plastic dua warna hitam perak merupakan penyempurnaan dari manfaat mulsa plastic sebelumnya. Secara umum manfaat mulsa plastik adalah, yakni:

•Menghambat pertumbuhan gulma / rumput liar yang mengganggu tanaman. Hal ini sangat bermanfaat menghemat tenaga, waktu dan biaya penyiangan.

•Kelembaban tanah membuat kesuburan tanah terjaga, produktifitas meningkat dan hasil panen jauh lebih baik.

•Mencegah penyakit. Keberadaan mulsa membuat air hujan tidak langsung masuk dan merusak permukaan yanah sekitar tanaman. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi basah dan tetap menjaga kelembaban tanah. Kondisi ini sangat baik untuk mencegah potensi jamur dan penyakit.

•Mencegah erosi. Derasnya air hujan yang menempa tanah tidak terjadi secara langsung pada pertanian atau tanaman yang menggunakan mulsa plastic. Ini juga bermanfaat agar hara dan humus tanaman tidak terbawa arus air hujan.

•Pupuk terjaga. Komposisi tanah di bawah mulsa yang telah diberi pupuk akan tetap stabil. Pupuk tidak ikut terbawa arus hujan pada musim penghujan.
#Baca Juga Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Semangka.

Manfaat Warna Hitam pada Mulsa Plastik
•Kelembaban tanah terjaga lebih baik, khususnya pada musim kemaru. Tanah memiliki stabilitas udara dan air yang cukup

•Warna hitam bagian bawah menahan penguapan dan mencegah uap air keluar dari struktur tanah, dan lebih banyak terserap di bawah mulsa warna hitam untum menjaga stabilitas kelembaban tanah.
Manfaat Warna Perak pada Mulsa Plastik

•Mencegah hama. Warna perak pada permukaan mulsa bagian atas sangat tidak disukai hama dan wereng. Hal ini karena warna perak memancarkan cahaya ke atas, sehingga memberikan penyinaran dari bawah daun. Hal ini sangat tidak nyaman untuk hama yang bersembunyi di bawah daun.

•Penggunaan mulsa plastic permukaan warna perak mempercepat masa panen 14 hari lebih cepat.

Cara budidaya Tanaman Menggunakan Mulsa Plastik Hitam Perak
Bagaimana cara memanfaatkan mulsa plastic agar maksimal memberikan kemudahan dan nilai tambah panen hasil pertanian? Untuk itu berikut kami gambarkan bagaimana teknik pemasangan mulsa plastic hitam perak pada tanaman Anda.

•Siapkan bilahan bambou tipis dan dapat dibentuk huru “U”

•Bentangkan mulsa plastic hitam perak sepanjang bedengan. Warna perak pada bagian atas dan warna hitam pada bagian bawah.

•Pasang pasak bamboo yang sudah ada pada ujung ujung mulsa, kurangi 1 meter dari panjang bedengan agar Tanana mulsa plastic lrbih kokoh. Lalu pasang pasak kanan kiri mulsa sepanjang mulsa yang ada. Ukuran pemasangan pasak bisa dilakukan dengan jarak 50 meter.

•Langkah berikutnya adalah memberikan penandaan jarak pelubangan mulsa. Jarak tanam bisa menggunakan 75 cm x 50 cm. tandai dengan spidol atau alat lain yang sesuai.

•Pelubangan menggunakan alat dari besi bergigi tajam yang dapat diputar. Sehingga pada saat pelubangan secara langsung dapat memberikan pelubangan pada tanah bawah.

•Selesai pelubangan, saatnya Anda dapat melakukan budidaya tanaman produkstif sesuai yang Anda inginkan.

Demikian Cara Budidaya Tanaman menggunakan mulsa plastic hitam perak. Perkaya referensi pertanian Anda menggunakan mulsa plastic hitam perak dengan membaca berbagai artikel kami yang lainnya.
#Untuk info harga terupdate silahkan klik DISINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar