Kamis, 14 September 2017

Cara Budidaya Tanaman Vanili Dalam Pot

Tanaman Vanili adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong. Tanaman vanili dikenal pertama kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, negara asal tanaman tersebut. Nama daerah dari vanili adalah Panili atau Perneli. Batang tanaman vanili kira-kira sebesar jari, berwarna hijau, agak lunak, beruas dan berbuku. Panjang rata-rata 15 cm. Tumbuhan melekat pada pohon atau tonggak yang telah disediakan.

Tanaman Vanili merupakan daun tunggal. Letaknya berselang-seling pada masing-masing buku. Warnanya hijau terang, dengan kepanjangan 10-25 cm serta lebar 5-7 cm. Bentuk daun pipih, berdaging, bulat telur, jorong atau lanset dengan ujung lancip. Tulang daun sejajar, tampak setelah daun tersebut tua atau mengering, sedangkan pada waktu daun masih muda tidak jelas kelihatan. Rangkaian bunga vanili adalah bunga tandan yang terdiri dari 15-20 bunga. Bunga keluar dari ketiak daun bagian pucuk batang. Bentuk bunganya duduk, berwarna hijau-biru agak pucat, panjang 4-8 cm dan berbau agak harum. Bunga vanili terdiri dari 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yang terletak dalam dua lingkaran. Daun bunga bagian luar (sepal) sedikit lebih besar daripada bagian dalam petal. Satu dari petalnya berubah bentuk, menggulung seperti corong yang disebut bibir (rostelum).

Baca Juga : Hama dan Penyakit Tanaman Pangan

Tanaman Vanili ini masih jarang di budidayakan di negara kita. Sebagaian besar masyarakat kita masih terbius untuk melakukan budidaya jamur daripada vanili. Namun sebenarnya perlu anda ketahui, bahwa budidaya vanili dikenal sebagai budidaya emas hijau. Kenapa demikian? Karna harga vanili terus naik sementara pembudidaya tidak meningkat dan menjadi penyedap rasa termahal kedua di dunia.

Tanaman  jenis ini bisa hidup di iklim tropis dan bisa tumbuh di berbagai jenis tanah asal kondisinya bagus, gembur, ringan dan berhumus. Hal itu adalahmodal awal bagi kita untuk memanfaatkan vanili sebagai ladang emas. Untuk melakukan budidaya ini maka kita harus menyiapkan pohon yang bisa dijadikan tiang panjatan vanili. Akan tetapi jika kita tidak memiliki lahan yang cukup maka kita bisa memanfaatkan pot sebagai tempat bertanam, memanfaatkan pipa paralon sebagai tiang panjatan tumbuhan vanili.

Berikut beberapa langkah untuk budidaya tanaman vanili dengan menggunakan pot sebagai media.
1.Siapakan bibit vanili yang terbaik agar hasilnya nanti juga baik.
2.menyiapkan media tanam dalam pot yang terdiri dari campuran tanah, pupuk kandang dan serabut kelapa.
3.Siapkan pipa paralon yang di lapisi ijuk sebagai penyangga.
4.Pindahkan bibit vanili kedalam pot dengan hati-hati agar tidak merusak pengakaran. Setelah itu atas pit lapisi lai dengan serabut kelapa.
5.Penyiraman dilakukan seminggu sekali. Letakkan pot di lingkungan yang intensitas cahaya matahari tidak lebih dari 50%.
6.Membuang tanaman liar atau gulma yang tumbuh di area sekitar tanaman di dlaam pot.
7.Memberikan pupuk secukupnya sesuai dengan kadar pupuk yang telah ditentukan untuk sebuah lahan.
8.Pemanenan buah vanili bisa dilakukan setelah buahnya menunjukkan warna kekuning-kuningan. Karena panen vanili tidak bersamaan maka panen perlu dilakukan satu persatu dan bisa berlangsung selama dua sampai tiga bulan.

Jangan Lewatkan : Inilah Cara Tepat Budidaya Cabe Yang Dapat Meningkatkan Hasil Panen Anda

Beberapa diatas adalah langkah-langkah teknik untuk budidaya tanaman vanili menggunakan media pot. Dengan memanfaatkan media tanam pot untuk budidaya tanaman vanili kita tidak terlalu memerlukan lahan yang sangat luas. Selain itu juga, budidaya vanili di dalam pot juga memiliki beberapa kelebihan seperti lebih mudah untuk melakukan pengontrolan,  meminimalkan pembusukan akar dan menguningnya daun. Jika anda sudah mengetahui bahwa tanaman vanili memiliki harga yang cukup mahal dan anda juga sudah memahami bagaimana langkah-langkah penanaman tanaman vanili. Maka tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk melakukan budidaya vanili dengan mengikuti beberapa langkah yang telah  kami jelaskan diatas.


Anda butuh plastik mulsa? Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 08123.258.4950 | Phone/Fax: 031-8830487 | Email: limcorporation2009@gmail.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar