Kamis, 14 September 2017

Hama dan Penyakit Tanaman Pangan

Semua dari kita memiliki ketergantungan terhadap tanaman pangan. Tanaman pangan adalah segala jenis tanaman yang dapat menghasilkan karbohidrat dan protein. Tanaman pangan dapat dibedakan menjadi beberapa kriteria diantaranya  adalah :
•    Cerealia seperti padi, gandum, dan sorgum.
•    Biji-bijiab seperti kacang tanah, kedelai dan kacang hijau.
•    Umbi-umbian seperti ubi jalar, talas, kentang dan Singkong. 

Tanaman pangan bisa diserang oleh hama dan penyakit, berikut beberapa hama dan penyakit yang berhasil dirangkum oleh penulis.

1. Ulat Jengkal memiliki beberapa nama daerah seperti ulat lompat, ulat kilan, ulat jengkal semu dan ulat keket. Spesies ulat jengkal yg menyerang kacang panjang adalah Plusia chalcites esper atau Chrydeixis chalcites esper. Ciri-ciri tubuhnya berwarna hijau dan terdapat garis berwarna lebih muda pada sisi sampingnya. Panjang tubuhnya sekitar 2 cm. Ciri khasnya adalah berjalan dengan melompat atau melengkungkan tubuhnya. Lama masa ulat 2 minggu sebelum menjadi kepompong. Imagonya berupa ngengat yang mampu bertelur sampai 1000 butir. Telurnya berbentuk bulat putih. Telur-telur terdapat di permukaan bawah daun yang akan menetas setelah 3 hari. Ulat jengkal menyerang daun muda maupun tua. Ulat ini juga menyerang pucuk tanaman dan polong muda. Daun pada mulanya tampak berlubang-lubang tidak beraturan. Pada tahap selanjutnya, tinggal tersisa tulang-tulang daun saja. Pada tingkat berat, daun akan habis sehingga menimbulkan kerugian cukup besar.

Baca Juga : Kemasan Manis, Beraspun Laris

2. Hawar daun atau atau penyakit yang disebabkan oleh bakteri Xanthomonas oryzaepv. oryzae (Xoo). Dimana bakteri ini berbentuk batang dengan koloni berwarna kuning serta mempunyai virulensi (kemampuan suatu organisme dalam menimbulkan suatu penyakit) yang bervariasi tergantung kemampuannya  untuk menyerang varuetas padi yang mempunyai gen resistensi (posisi perubahan) berbeda. Adapun gejala yang ditimbulkan yaitu adanya bercak yang dimulai dari pinggiran daun dekat pucuk yang berwarna hijau pucat sampai hijau kelabu.Dan bercak ini dapat berkembang dan meluas yang membuat warnanya berubah menjadi putih sampai kuning kecoklatan serta dapat menutupi seluruh permukaan daun.

3. Bercak daun juga menyerang tanaman padi, dimana penyakit ini di sebabkan oleh cendawan Pyricularia oryzae dengan gejala yang di timbulkan berupa bercak yang berbentuk seperti belah ketupat, yang di awali dengan bintik kecil berwarna hijau gelap abu-abu agak kebiruan , lalu bercak ini berkembang ke bagian tepi dengan warna coklat dan di bagian tengahnya berwarna putih keabu-abuan. Penyakit ini menyerang tanaman pada setiap fase.Hal ini sesuai dengan data yang saya peroleh dari internet yang menyatakan bahwa Penyakit blas menginfeksi tanaman padi pada setiap fase pertumbuhan. Gejala khas pada daun yaitu bercak berbentuk belah ketupat - lebar di tengah dan meruncing di kedua ujungnya Ukuran bercak kira-kira 1-1,5 x 0,3-0,5 cm berkembang menjadi berwarna abu-abu pada bagian tengahnya. Daun-daun varietas rentan bias mati. Bercak penyakit blas sering sukar dibedakan dengan gejala bercak coklat Helminthosporium (patogen tanaman).

Jangan Lewatkan : Menerima Pesanan Karung Merk Khusus, Merk Custom, Merk Sendiri

4. Bulai merupakan jenis penyakit yang terdapat pada tanaman jagung yang menginfeksi daun yang disebabkan oleh cendawa peronosclerospora maydis, yaitu dimana terdapat gejala garis-garis sejajar dengan tulang daun yang berwarna putih sampai kuning dan diikuti oleh garis klorotik yang berwarna coklat.Dimana semua daun jagung menjadi kuning kaku serta runcing.Yang menyebabkan tanaman jagung menjadi kerdil dan tidak berkembang secara sempurna.


5. Karat daun merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur Puccinia polysora.Dimana gejala awal berupa bercak-bercak merah dan keluar serbuk seperti tepung berwarna coklat kekuningan.Akibat penyakit ini, tanaman tidak dapat melakukan fotosintesis dengan sempurna sehingga pertumbuhannya melambat, bahkan tanaman dapat mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar