HUBUNGI KAMI

Pabrik & Distributor Mulsa Plastik
Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Bayam Dengan Mulsa Plastik

daftar harga mulsa plastik,harga mulsa plastik hitam perak per roll,cara memasang mulsa plastik,pengganti mulsa plastik,harga plastik mulsa 1 roll,harga plastik mulsa eceran,mulsa plastik surabaya,mulsa plastik sidoarjo,mulsa plastik jakarta,mulsa plastik semarang,mulsa plastik makassar

Bayam termasuk salah satu jenis tumbuhan sayuran yang saat ini sering sekali dikonsumsi masyarakat serta paling banyak dibudidayakan oleh para petani. Bayam sendiri termasuk suatu sayuran hijau yang sering ditemui di wilayah Indonesia ini. Sama halnya seperti kentang, sayuran bayam ini dimanfaatkan sebagai sumber vitamin serta pemenuhan gizi yang berguna untuk mencegah berbagai penyakit dan juga mampu menyehatkan badan serta meningkatkan energi dalam tubuh.

1. Persiapan Lahan

Pilih area lokasi yang mempunyai suhu kisaran 16-20 derajat celcius serta mempunyai keadaan tanah yang subur dan juga sesuai dengan persyarata untuk tumbuh bayam. Usahakan untuk tanah lahan tergolong tanah humus serta terhindar dari terpaan angin yang lumayan kencang. Gemburkan tanah lebih dulu memakai pacul maupun sekop serta campurkan pupuk organik ketika proses penggemburan tanah sedang berlangsung, Buatlah bendengan-bedengan pada lahan tanam dengan menggunakan ukuran berkisar 100-200 cm dengan lebar sekitar 30 cm, sedangkan untuk tinggi serta panjangnya Anda cukup menyesuaikannya saja dengan ukuran panjang dari lahan tanam. Jangan lupa juga untuk Anda beri jarak sekitar 30 cm guna saluran drainase pada lahan tanam.

2. Menyiapkan Bibit

Apa saja yang perlu diperhatikan kalau ingin memperoleh sebuah benih unggul. Kalau Anda cuma yang praktis serta lebih gampang, Anda dapat membeli bibit dari toko bibit tumbuhan maupun koprasi tani. Saat membeli pastikan juga jika bibit dalam kondisi kering serta terbungkus secara rapih dan juga tak cacat sama sekali. Tetapi, jika Anda ingin memperoleh bibit bayam merah dari bayamnya secara langsung, jadi Anda harus memilih bunga bayam yang betul-betul sudah tua. Kemudian, jemurlah bunga bayam tersebut di panas matahari penuh serta pisahkan biji-bijinya.

3. Penyemaian Bibit

Kemudian, untuk tahap berikutnya Anda disarankan guna mengerjakan tahap penyamaian, adapun tahapan penyemaian ialah siapkan dulu media semai berupa tray semai atau juga kalau Anda tak mempunyainya Anda dapat memakai plastik polybag. Campur bahan-bahan seperti tanah, pupuk organik, serta sekam dengan perbandingan sekitar 2: 1: 1 dengan merata. Isilah tray semai atau juga polybag Anda dengan campuran tanah tersebut. Lalu tebarkan bibit bayam di atas tray semai atau polybag tadi serta tutup dengan tanah campuran secara tipis. Kemduian siram merata memakai metode spray tiap hari sebanyak 2x sehari ketika pagi serta sore hari. Taruh pada tempat yang nampak agak teduh. Guna penyiraman pastikan juga kalau tanah lembab namun jangan sampai terlalu basah.

BACA JUGA

  1. Manis Melonnya, Cukup Plastik Mulsa Media Tanamnya

  2. Kenapa Petani Kentang Wajib Mengaplikasikan Mulsa Plastik ?

  3. Apa Sih Tanaman Holtikultura ?

  4. Sudah Amankah Tanaman Sawi Anda dari Hama & Penyakit Berikut


4. Penanaman Bibit

Sesudah bibit bertunas serta mempunyai ukuran 3-6 cm jadi bibit tersebut telah layak guna di tanamkan, cara penanamanya pun tak terlalu rumit atau sulit, berikut tahapan-tahapan yang harus diperhatikan guna penanaman ialah pertama perhatikan seluruh bibit yang sudah bertunas serta pakailah bibit dengan keadaan yang baik saja. Buat beberapa lubang tanam memakai sekop kecil dengan jarak sekitar 10-15 cm tiap lubangnya. Pastikan juga lubang tak begitu kecil serta tak begitu besar, cukup guna menanam bibit bayam tersebut.

Ambil bibit bayam dari tray semai atau polybag tadi secara perlahan saja serta hati-hati jangan sampai akarnya menjadi rusak. Sesudah itu goyangkan sedikit demi sedikit supaya tanah yang melekat agak terbuang serta masukkan bibit bayam ke dalam area lubang tanam. Tutup lubang tanam memakai tanah campuran pupuk secara tipis saja lalu dipadatkan supaya tanaman mampu berdiri tegak dan kokoh. Anda pun dapat melapisi tanah bedengan memakai mulsa plastik yang ukurannya gelap guna mencegah gulma jadi Anda tak harus mengerjakan penyiangan secara berlebih.

Mulsa plastik sendiri sangat pas dan cocok digunakan pada budidaya tanaman dengan sistem bendangan. Mulsa plastik yang umum digunakan adalah yang berwarna hitam perak, sebab jenis ini sangat berguna sekali untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Mulsa plastik biasa dipasangkan secara memanjang, dan bagian atasnya ialah bagian mulsa yang berwarna perak dan dalamnya adalah warna hitam. Kedua warna tersebut pun memiliki fungsi tersendiri yang sangat dibutuhkan oleh tanah maupun tanaman. Dengan plastik mulsa, tanaman bayam Anda akan terjaga tingkat suhu di perakarannya dan juga terhindar dari bahaya hama yang kerap mengancam bayam Anda.

5. Perawatan & Pemeliharaan

Supaya bayam tumbuh secara subur, perawatan seperti contohnya penyiraman serta pemupukan perlu dikerjakan secara teratur. Tanaman bayam pun juga butuh memperoleh pestisida supaya terhindar dari hama ulat ataupun hama daun, dan juga beberapa penyakit seperti rebah kecambah, busuk daun, serta karat putih. Perlu untuk Anda ketahui, tanaman bayam bakal tumbuh lebih cepat saat musim penghujan.

- Proses Penyiraman
Untuk tahap penyiraman, Anda lebih dianjurkan menyiram bayam merah sebanyak 2x dalam sehari yakni ketika pagi serta sore memakai air yang sudah dicampur pupuk cair sekitar 1 minggu sesudah masa tanam supaya tanaman tumbuh subur. Sesudah itu Anda dapat memulai penyiraman memakai air biasa sampai masa panen sudah datang.

- Proses Pemupukan
Bayam sendiri tak beda dengan tanaman sayuran lain, bayam pastinya juga membutuhkan pupuk. Untuk pemupukan, kerjakan pemupukan tiap 2-3 minggu sekali dengan memakai pupuk kompos maupun pupuk kandang. Sembari memupuk, Anda pula perlu mengerjakan penyiangan disekeliling lahan tanam dan juga sedikit menggemburkan tanah di area lahan tanam supaya pupuk gampang untuk diserap akar bayam.

6. Cara Pemanenan

Sesudah menunggu lumayan lama, sekarang saatnya tiba waktunya untuk panen. Perhatikan lebih dulu bayam yang siap panen mempunyai ciri daun yang banyak serta mempunyai ukuran besar yang sama. Perhatikan pula tinggi tanaman, bayam yang siap untuk panen mempunyai tinggi berkisar 20-30 cm. Ada begitu banyak cara dalam memanen bayam ini, Anda dapat langsung saja hingga akar maupun cuma memetik beberapa daunnya. Kalau Anda mencabutnya pastikan Anda mencabut secara pelan dan hati- hati supaya tak merusak tanaman yang lainnya. Supaya lebih awet serta pasti terjaga kesegarannya, pangkas akar tanaman serta semprotlah dengan sedikit air.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budidaya Bayam Dengan Mulsa Plastik"

Posting Komentar