HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Inilah Cara Jitu Budidaya Bawang Bombay, Dijamin Ciamik!!


Tak ada perbedaan dengan tanaman sejenisnya, dalam berbudidaya bawang bombay juga harus memerlukan cara yang cocok sebelum bisa menghasilkan jenis bawang yang berkualitas dengan jumlah produksi yang tinggi. Lalu, seperti apakah cara yang sesuai untuk budidaya bawang bombay itu?

Pertama yang harus dipikirkan pada saat akan menanam bawang bombay, yaitu mengenai syarat pertumbuhannya. Tempat paling baik untuk budidaya bawang bombay yaitu daerah dengan udara sejuk. Suhu paling ideal untuk tanaman ini sekitar 18—20 derajat Celsius.

Selain itu, pertimbangkan juga apakah tempat tanam cukup terbuka untuk menerima sinar matahari. Ini karena tanaman bawang bombay akan tumbuh subur jika memperoleh sinar matahari yang cukup. Ciri-ciri tanah yang baik untuk bawang bombay, yaitu tanah gembur, mengandung humus dengan jumlah besar serta subur.

Waktu Tanam Dan Pembibitan

Waktu yang paling baik untuk memulai menanam bawang bombay yaitu pada saat kemarau. Tetapi, musim yang kering ini harus diimbangi dengan pemberian air yang cukup dan rutin. Hal ini karena di awal pertumbuhannya, bawang bombay membutuhkan air dengan jumlah yang banyak.

Ada 2 cara penanaman yang bisa digunakan, yaitu menanam dengan biji ataupun umbi. Di negara Indonesia, biasanya para petani lebih memilih menanam dengan umbi. Itu karena lebih gampang dicari walaupun harganya lebih mahal.

Penyiapan Tanah

Biji ataupun umbi bawang sebaiknya ditanam pada lahan gembur yang sudah dibuat menjadi bedengan atau tempat persemaian dengan tinggi sekitar 10—15cm dan lebar 1m. Buatlah peneduh untuk melindungi bedengan dan jika ingin tanah kelembapannya terjaga gunakan mulsa plastik untuk menjaga kelembapan serta menjaga tanaman dari hama.

Baca Juga :
Inilah Cara Budidaya Edible Flowers, Tanaman Yang Bisa Dibuat Makanan
Mengupas 7 Cara Jitu Budidaya Microgreens Di Rumah & GreenHouse
Mengatasi Kendala Saat Budidaya Jamur, Dengan Menggunakan Paranet


Lakukan penggemburan tanah serta pembuatan bedengan 2 minggu atau 1 bulan sebelum bibit ditanam. Sekitar 1 minggu sebelum penanaman, lakukan pemupukan. Gunakan pupuk kompos atau kandang. Kemudian, pemupukan susulan dikerjakan 2 atau 3 hari sebelum bibit ditanam, dengan menggunakan pupuk buatan.

Cara Menanam

Cara menanam dengan biji harus diawali dengan penyemaian. Sedangkan, jika menggunakan umbi yang dipilih sebagai bibit, maka perlu dibuatkan lubang untuk meletakkan umbi tersebut.

1 hari sebelum ditanam, potong ujung umbi serta keringkan. Perhatikan jarak tanam setiap umbi. Idealnya 25—40cm setiap baris dan 10—40cm setiap umbi dalam 1 buah barisan.

Pemeliharaan Tanaman Bawang Bombay

Sebelum dan ketika bibit mulai tumbuh sampai saat panen tiba, pemeliharaan wajib dikerjakan dengan benar. Unsur pemeliharaan tanaman bawang bombai terdapat sejumlah poin penting, yaitu penyiraman, penyiangan, serta pemberantasan penyakit, dan pasanglah mulsa plastik supaya terhindar dari hama.

Pada saat pertumbuhan baru dimulai, tanaman memerlukan air yang cukup banyak. Seiring bertambahnya umur tanaman, pengairan bisa dikerjakan dalam waktu yang tak terlalu sering, karena keperluan akan air juga berkurang. Lakukan penyiraman dengan mengalirkan air dari parit ke sekitar bedengan.

Penyiangan dilakukan pada saat usia tanaman 3 minggu, kemudian lakukan kembali sesudah 6 minggu. Kegiatan ini harus dilakukan dengan hati-hati supaya tak merusak tanaman. Terakhir, pengendalian penyakit dan hama bisa melalui penyemprotan pestisida atau pemakaian mulsa plastik. Penyemprotan pestisida lakukan sekitar 7—10 hari sekali untuk mencegah datangnya hama dan penyakit

Jika Anda membutuhkan Mulsa Plastik untuk melindungi tanaman dari hama atau untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564.

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Cara Jitu Budidaya Bawang Bombay, Dijamin Ciamik!!"

Posting Komentar