HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Trik Budidaya Kyuri Atau Timun Jepang Untuk Pemula, Raup Keuntungan Berlipat


Mentimun atau Timun jepang atau nama lainnya Kyuri merupakan salah satu jenis sayuran yang selalu ada dalam sajian masakan jepang. Timun jepang atau kyuri ini mempunyai bentuk yang lebih slim dibandingkan dengan jenis timun yang lainnya, rasanya juga relatif lebih manis dan renyah. Selain itu, teksturnya lebih lembut dan mempunyai penampilan dari segi warna buah yang lebih hijau. Timun jepang ini mengandung vitamin dan nutrisi yang cukup tinggi. Kyuri banyak dipakai sebagai bahan acar atau asinan.

Ada Beberapa Cara Untuk Budidaya Timun Jepang atau Kyuri, Antara Lain :

Persiapan Benih Timun Jepang (Kyuri)

Perbanyakan timun Jepang atau kyuri ini bisa dikerjakan dengan memakai biji benih. Benih bisa didapatkan dari seller atau dibeli secara online tetapi pastikan review produk dengan detail terutama tanggal kadaluarsanya, produktivitas dan daya persentasi perkecambahan benih supaya anda tak tertipu.

Sesudah benih didapatkan, selanjutnya laksanakan penyemaian. Sebelum disemai, rendam benih dalam air hangat selama sekitar 15 menit untuk merangsang perkecambahan dan melunakkan kulit benih timun jepang yang keras.

Siapkan media semai berupa campuran tanah dan pupuk kandang/kompos. kemudian masukkan media tanam ke dalam polybag yang sudah dilubangi bagian dasarnya.

Masukkan media tanam ke dalam polybag sampai penuh kemudian padatkan. Buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 0,5-1cm kemudian masukkan benih ke dalam lubang tanam tersebut dan tutup kembali sampai benih tak terlihat. Kemudian tutup permukaan persemaian dengan daun atau penutup yang lainnya, selanjutnya letakkan polybag semai tersebut pada tempat yang teduh dan ternaungi tetapi tetap memperoleh sinar matahari.

Sesudah 3-4 hari, buka penutup semai dan benih akan mulai berkecambah. Laksanakan perawatan sampai bibit bisa dipindahkan ke lahan tanam yang sesungguhnya.

Baca Juga :
Teknik Jitu Menanam Serta Merawat Bunga Aster, Ternyata Menguntungkan
Tips 5 Cara Baru Budidaya Jahe Gajah Di Dalam Polybag, Untung Melimpah
Woow!!! Budidaya Sekaligus Berbisnis Tanaman Hias, Keuntungan Yang Menjanjikan

Persiapan Lahan Tanam Timun Jepang (Kyuri)

Bersihkan lahan yang akan dijadikan tempat budidaya timun jepang atau kyuri tersebut dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Sesudah itu gemburkan tanah pada lahan dengan cara dicangkul sedalam 25cm-30cm.

Buatlah bedengan dengan ukuran lebar sekitar 1m, tinggi sekitar 20cm-40cm dan panjang disamakan dengan lahan namun idealnya sekitar 3m. Kemudian laksanakan pemupukan dasar dengan memakai pupuk kandang sebanyak 10kg-20kg tergantung ukuran bedengan.

Sesudah itu, tutup bedengan dengan plastik mulsa sampai semua permukaan tertutup dengan rata. Lubangi plastik mulsa dengan jarak tanam 25cm-30cm setiap tanaman kemudian buat lubang tanam dengan kedalaman 20cm-25cm. Selanjutnya, masukkan pupuk kandang sebanyak 0,5-1kg/lubang tanam kemudian biarkan sampai masa tanam.

Penanaman Timun Jepang (Kyuri)

Sesudah bibit berumur 10-14 hari sesudah tanam atau sudah mempunyai 2 helai daun sejati maka bibit bisa langsung dipindahkan ke lahan tanam yang sudah disediakan. Pilihlah bibit dengan pertumbuhan optimal dan juga sehat. Buka polybag semai bibit dengan perlahan supaya tak merusak perakaran, sesudah itu tanam bibit ke lubang tanam dengan posisi tegak dan tutup lagi lubang tanam dengan tanah disekitar lubang tanam kemudian padatkan dan siram.

Perawatan dan Pemeliharaan Timun Jepang (Kyuri)

Karena termasuk tanaman merambat, kerjakan pemasangan ajir sejak tanaman timun berumur 1 minggu sesudah tanam. Pemasangan ajir atau lanjaran ini dikerjakan dengan menancapkan bambu pada bagian sisi tanaman, kemudian tali dengan benang dari ujung ke ujung sehingga cabang akan merambat mengikuti tali pada ajir.

Laksanakan penyiraman setiap 2 hari 1 kali pada minggu pertama sesudah tanam. Pada minggu kedua penyiraman dikerjakan setiap 4-6 hari 1 kali. Selanjutnya, penyiraman dapat dilaksanakan setiap 1 minggu 1 kali atau disamakan dengan kondisi tanaman dan cuaca.

Laksanakan pemupukan susulan ketika tanaman berumur sekitar 10-14 hari sesudah tanam. Pemupukan tersebut dilaksanakan secara rutin setiap 1 minggu 1 kali dengan memakai pupuk Urea, ZA, SP-36 dan KNO3 dengan dosis masing-masing 3 gr/tanaman dan terus meningkat. Pupuk tersebut bisa diberikan secara utuh dengan jarak 7cm dari akar tanaman atau di kocorkan pada media tanah. Selain pupuk tersebut, bisa pula diberikan pupuk kandang sebanyak 1kg/tanaman sekaligus untuk menimbun akar yang muncul pada permukaan.

Ketika tanaman mulai menghasilkan buah, laksanakan pemangkasan. Pemangkasan ini bertujuan untuk merapikan bentuk dan membuang cabang tanaman yang tak produktif ataupun yang menghasilkan buah. Sesudah tanaman mencapai ketinggian 150cm maka pangkas bagian ujung tanaman untuk merangsang penghentian tinggi tanaman maksimal hanya 180cm saja.

Masa Panen Timun Jepang (Kyuri)

Pemanenan timun jepang atau kyuri ini bisa dikerjakan ketika umur 2,5 bulan sesudah tanam. Pemanenan ini dilaksanakan apabila ukuran buah sudah maksimal. Cara pemanenanya yaitu potong buah dari tangkai kemudian simpan dan letakkan hasil panen ditempat yang sejuk untuk menjaga kesegarannya. Frekuensi panen timun jepang ini bisa dilaksanakan setiap 3-5 hari 1 kali.

Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Mulsa Plastik untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Budidaya Kyuri Atau Timun Jepang Untuk Pemula, Raup Keuntungan Berlipat"

Posting Komentar