HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tahapan Mudah Budidaya Strawberry Dengan Mulsa Plastik, Hasil Melimpah Ruah


Sudah tak diragukan lagi, buah strawberry termasuk salah satu jenis buah yang paling digemari dan disukai oleh masyarakat. Dulu buah yang mempunyai warna merah ini bahkan pernah menjadi buah elit yang banyak sekali orang bermimpi untuk memakannya. Memang dulu negara Indonesia hanya bisa mengimpor buah ini saja jadi jumlah strawberry yang ada di pasar tak seramai sekarang ini. Jika Anda salah satu penggemar strawberry, Anda bisa membudidayakan buah ini di pekarangan Anda sendiri. Berikut ini beberapa cara budidaya yang bisa Anda laksanakan di pekarangan Anda sendiri.

Cara Memilih Lahan Untuk Budidaya Strawberry

Langkah awal sebelum budidaya starwberry yaitu Anda harus menyiapkan lahan yang cocok untuk buah strawberry terlebih dulu. Untuk melaksanakan pembudidayaan buah strawberry, Anda harus mempunyai sebuah kebun dengan tekstur tanah liat berpasir yang gembur serta subur dan mengandung berbagai macam bahan organik. Tak hanya itu, tata air serta udara yang ada di kebun tersebut juga harus baik serta pH tanah sekitar 5,4-7,0.

Cara Pembibitan Buah Strawberry

Budidaya buah strawberry bisa dari biji ataupun dengan bibit vegetatif, jika Anda membudidayakannya dengan bibit biji Anda bisa membelinya di toko pertanian, kemudian menyemaikannya dalam kotak plastik atau kayu yang sudah diisi campuran tanah, pasir, serta pupuk kandang. Dan jika Anda membudidayakannya dengan bibit vegetatif, tanaman induk yang akan dipakai untuk membuat bibit harus sudah berusia sekitar 1-2 tahun dan sehat serta produktif. Siramlah persemaian tersebut setiap hari kemudian pindahkan bibit strawberry ke dalam bedeng ketika bibit tersebut sudah mempunyai 2 helai daun

Pembudidayaan Buah Strawberry

Salah satu cara terbaik dalam budidaya buah strawberry di kebun yaitu dengan mulsa plastik. Jika ingin membudidayakan buah strawberry dengan mulsa plastik, cara pertama yang harus dilaksanakan yaitu mengeringkan lahan yang akan ditanami dengan tanaman strawberry selama 15-30 hari. Sesudah itu, buatlah bedengan dengan lebar 80cm × 120cm dan dengan tinggi sekitar 30cm-40cm kemudian keringkan lagi selama 15 hari dan taburi dengan pupuk. Apabila sudah ditaburi siramlah tanah tersebut dengan air sampai kondisinya lembab kemudian tutuplah dengan mulsa plastik hitam perak. Kemudian lubangi mulsa plastik tersebut dengan kaleng yang diberi bara, jika sudah laksanakan penanaman bibit pada setiap lubang tersebut.

Baca Juga :

Pentingnya Penyulaman dan Penyiangan Tanaman Strawberry

Ada beberapa tahapan yang harus Anda kerjakan sesudah menanam bibit tanaman strawberry. Tahapan pertama yang wajib Anda laksanakan yaitu proses penyulaman tanaman buah strawberry anda yang sudah tumbuh sebelum berumur sekitar 15 hari. Kemudian tahap selanjutnya yaitu Anda juga harus melaksanakan proses penyiangan pada tanaman strawberry tersebut. Laksanakan proses penyiangan ketika terdapat gulma yang tumbuh disekitar tanaman strawberry anda atau bisa juga laksanakan bersamaan dengan pemberian pupuk susulan.


Panen Stroberi

Apabila tanaman berasal dari stolon dan anakan, tanaman akan mulai berbunga ketika umurnya sekitar 2 bulan sesudah tanam. Bunga yang pertama sebaiknya dibuang. Apabila tanaman sudah berumur sekitar 4 bulan, biarkan bunga tersebut tumbuh menjadi buah. Untuk fase pembungaan dan pembuahan ini berlangsung selama sekitar 2 tahun tanpa henti.

- Cara Panen
Pemanenan dikerjakan dengan cara menggunting bagian tangkai bunga serta kelopaknya. Panen dilaksanakan 2 kali selama 1 minggu.

Pasca Panen

- Pengumpulan
Untuk buah yang sudah dipanen kemudian buah disimpan dalam suatu wadah dengan perlahan supaya tak rusak, letakkan di tempat teduh atau dibawa langsung ke tempat penampungan hasil. Hamparkan buah di lantai yang sudah diberi alas terpal ataupun plastik. Kemudian cuci buah dengan air mengalir sesudah itu tiriskan pada rak penyimpanan.

- Penyortiran & Penggolongan
Pisahkan buah yang rusak dengan buah yang baik. Penyortiran buah sesuai dengan varietas, warna, ukuran & bentuk buah. Ada 3 kelas kualitas buah yaitu :
* Kelas Ekstra
 > Buah mempunyai ukuran 20mm-30mm atau tergantung spesies
 > Warna serta kematangan buah sama.

* Kelas I
 > Buahnya berukuran 15mm-25mm atau tergantung spesies
 > Bentuk dan warna buah bervariasi.

* Kelas II
 > Tak ada batasan ukuran buah
 > Sisa seleksi kelas ekstra dan kelas I yang masih dalam     kondisi baik.

- Pengemasan & Penyimpanan
Buah dikemas di dalam wadah plastik transparan atau putih kapasitas 0,25kg-0,5kg dan ditutup dengan plastik lembar polietilen. Penyimpanan dilaksanakan di rak dalam lemari pendingin 0-1 derajat Celsious.


Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Mulsa Plastik untuk membudidayakan melon untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak  atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahapan Mudah Budidaya Strawberry Dengan Mulsa Plastik, Hasil Melimpah Ruah"

Posting Komentar