HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Trik Sukses Budidaya Bawang Merah Dengan Mulsa Plastik, Dijamin Hasil Panen Berlimpah


Inovasi dan kemajuan dalam teknik budidaya bawang merah sudah mulai berkembang. Banyak para petani yang memanfaatkan berbagai macam teknologi terbaru untuk membudidayakan tanaman bawang merah. Karena itu budidaya bawang merah sangat cocok jika dikerjakan di musim kemarau tetapi bukan tak mungkin dibudidayakan di musim hujan. Sebab itu supaya hasil budidaya bawang merah lebih memuaskan dibutuhkan perawatan dan pemupukan yang benar.

Bawang merah termasuk jenis tanaman yang bisa ditanam diberbagai musim. Uniknya bawang merah yaitu tanaman holtikutura musiman yang mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi. Sebab itu petani cerdas akan selalu melihat peluang yang tepat untuk budidaya bawang merah. Ketika sudah memasuki musim panen raya secara bersamaan harga panen bawang merah akan anjlok dan petani akan mengalami kerugian, apalagi jika tanaman bawang tak bertahan lama, hal tersebut pastinya akan sangat merugikan para petani.

Ketika membudidayakan tanaman bawang merah memerlukan penyinaran matahari lebih dari 12 jam dalam 1 hari. Tanaman bawang merah ini sangat cocok untuk dibudidayakan pada daerah dataran rendah dengan ketinggian sekitar 0-900mdpl. Untuk perkembangan tanaman ini suhu yang tepat yaitu sekitar 25-32 derajat celcius. Sedangkan keasaman tanah yang cocok untuk tanaman bawang yaitu sekitar 5,6-7. Berikut cara teknis yang perlu disiapkan untuk budidaya bawang merah :

1. Penyiapan Benih atau Bibit

Untuk pemilihan bibit Anda bisa membeli di toko pertanian. Apabila membuat bibit bawang merah sendiri dengan umbi bisa juga dikerjakan dengan cara budidaya bawang merah dengan biji tetapi cara ini tak efektif. Sebab itu pakailah umbi dengan berat 3-4 gr/umbi yang sehat yaitu bentuknya sama dan kulitnya tak ada luka. Pilihlah bibit yang tahan pada penyakit dan sudah cukup umur untuk dijadikan bibit. Untuk solusinya lebih baik pakailah bibit yang sudah bersertifikat dari Deptan. Kemudian potong 1/3 ujung umbi yang sudah diseleksi untuk dijadikan bibit.

2. Persiapan dan Pengolahan Lahan

Laksanakan pengolahan tanah 2-4 minggu sebelum penanaman dengan membajak sedalam 25cm. Kemudian membuat bedengan dengan ukuran lebar 120cm, tinggi sekitar 30cm-40cm tergantung dengan kondisi tanah, dan panjang disesuaikan dengan keadaan lahan kemudian taburi dengan pupuk kandang.

Baca Juga :

3. Pemupukan

Untuk pemberian pupuk dasar yang dianjurkan pada usaha budidaya bawang merah di lahan kering meliputi pemberian pupuk kandang atau kompos. Untuk dosis pupuk kandang sekitar 10-15ton/ha dan pemberian Kapur dolomite sekitar 1,5ton/ha. Pupuk buatan TSP/SP-36 sekitar 150-200kg/ha. Pemberian pupuk dasar tersebut diaplikasikan pada bedengan yang sudah disiapkan sebelum tanam atau ketika pengolahan tanah kedua pada setiap bedengan, sekitar 1-3 hari sebelum tanam. Kemudian pasanglah mulsa plastik hitam perak dan lubangi mulsa plastik dengan memakai kaleng susu yang didalamnya diberi bara api dengan jarak sekitar 15cm x 15cm.


Pupuk susulan diberikan pada umur 10-15 hari sesudah tanam dan pada umur 1 bulan. Dengan dosis pemupukan I dan II, setiap campuran urea 100-150kg/ha + ZA 200-350kg/ha + KCl 150-200kg/ha. Selanjutnya untuk meningkatkan kondisi pertumbuhan tanaman bisa diberikan tambahan pupuk majemuk NPK 15-15-15 pada umur tanaman 3 minggu dengan dosis 25-30kg/ha. Pemberian pupuk susulan perlu diikuti dengan penyiraman apabila tak terjadi hujan. Dengan itu bisa juga diberikan pupuk hayati efektif sesuai anjuran jika tersedia dan mampu mengurangi pemakaian pupuk kimia

4. Penanaman

Satu lubang tanam untuk 1 umbi yang sudah disiapkan bibitnya. Kemudian bibit bawang dibenamkan rata dengan permukaan tanah. Bibit yang baik dan sehat pertumbuhannya akan tumbuh pada hari keenam sampai dengan hari ke sepuluh.

5. Penyiraman dan Penyiangan

Budidaya bawang merah membutuhkan banyak air, tetapi tanaman ini tak tahan pada genangan air atau tanah yang becek. Sebaiknya proses penyiraman dilaksanakan memakai gembor. Penyiraman dikerjakan 2 kali yaitu pada pagi hari dan sore hari.

Sedangkan ketika memasuki masa panen penyiraman cukup dilaksanakan 1 kali 1 hari sebaiknya dikerjakan pada sore hari. Tahap penyiangan pada budidaya bawang merah sebaiknya dikerjakan 2 kali yaitu ketika tanaman berumur sekitar 10-15 hari dan sekitar 28–35 hari sebelum pemupukan susulan. Proses penyiangan dilaksanakan dengan mencabut gulma yang tumbuh di sekitar tanaman.

* Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

6. Masa Panen

Pemanenan bawang merah bisa dilaksanakan apabila tanaman sudah berumur 65-75 hari sesudah tanam dan umbi sudah penuh dan kompak padat berisi, kulit mempunyai warna mengkilat dan memerah dengan hampir 80% daun sudah mulai rebah. Pemanenan dilaksanakan dengan cara mencabut umbi bersama daunnya dan usahakan supaya tanah yang menempel pada umbi dibersihkan.

Jika sudah biarkan umbi beberapa jam pada bedengan, kemudian diikat. Umbi yang sudah diikat dijemur dengan posisi daun berada di atas selama 3 hari sesudah daun mengering, Selanjutnya ikatan dijemur dengan daun menghadap keatas kemudian kembali dijemur dengan posisi umbi di atas selama 2 hari. Kemudian diangin-anginkan, jika anda ingin mengawetkan umbi bawang laksanakan pengasapan supaya tak busuk dan tahan lama. Untuk proses pengawetan harus dilaksanakan jika harga jual sedang menurun.


* Info lebih lanjut mengenai Mulsa Plastik silakan klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Mulsa Plastik untuk membudidayakan melon untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak  atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Sukses Budidaya Bawang Merah Dengan Mulsa Plastik, Dijamin Hasil Panen Berlimpah"

Posting Komentar