HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Inilah Fungsi Penting Mulsa Plastik Pada Tanaman Saat Budidaya


Mulsa Plastik Hitam Perak Sidoarjo - Lim Corporation

Ketika membudidayakan aneka tanaman pangan banyak yang memakai penutup tanah sebagai solusi untuk meningkatkan produktivitas tanaman yang dibudiayakan. Mulsa merupakan lapisan bahan yang sengaja dipakai para petani pada permukaan tanah, dalam rangka menghemat atau teknik menekan biaya perawatan serta mendapatkan hasil panen yang lebih maksimal.

Umumnya petani di indonesia, lebih banyak mengenal mulsa hanyalah sebuah bahan penutup tanah pada lahan budidaya yang terbuat dari plastik. Padahal penyebutan mulsa tak hanya mengarah ke bahan plastik, namun banyak bahan organik yang bisa dipakai sebagai mulsa tanah pertanian. Pemakaian dari bahan organik limbah pertanian atau limbah industri pengolahan kayu bisa dimanfaatkan petani sebagai mulsa penutup tanah pada lahan budidaya tanaman.

FUNGSI DAN MANFAAT MULSA TANAH PERTANIAN
Fungsi dan juga manfaat pemakaian mulsa pada lahan pertanian yaitu sangat komplek, tetapi ada poin terpenting yang bisa dirasakan oleh para petani, beberapa manfaat utama pemakaian dan penerapan mulsa pada tanah pertanian yaitu:
- Bisa menghemat air
- Mampu meningkatkan kesuburan dan kesehatan tanah
- Menekan pertumbuhan gulma
- Dapat meningkatkan daya tarik pandangan pada lahan pertanian
- Dan Bisa mencegah erosi

BERBAGAI BAHAN YANG BISA DIPAKAI SEBAGAI MULSA
Supaya mendapatkan 5 poin utama tersesbut. Ada berbagai jenis bahan yang bisa dipakai sebagai mulsa penutup antara lain dari bahan plastik sampai dengan bahan dari limbah pertanian yang berlimpah disekitaran kita.

MULSA ORGANIK DARI LIMBAH PERTANIAN
Mulsa organik terdiri dari berbagai macam bahan yang gampang dan cepat di urai atau daur ulang oleh alam, seperti jerami padi, dedaunan kering, daun hijau, serbuk gergaji, sabut kelapa. Mulsa organik mempunyai keunggulan lebih baik bila dibandingkan dengan mulsa anorganik, selain ketersediaan bahan yang cukup banyak dan berlimpah, memakai mulsa organik juga bertindak langsung sebagai sistem pengomposan.

Baca Juga:
FUNGSI MULSA MENINGKATKAN PRODUK PERTANIAN
Manfaat yang didapatkan bagi tanah itu sendiri akan semakin subur serta perbaikan tekstur dan aerasi tanah lebih maksimal, tentunya efek jangka panjang bagi tanaman budidaya yang akan datang semakin bagus juga produksinya. Manfaat yang jauh lebih besar juga akan diperoleh bagi para petani itu sendiri, ketika memakai mulsa organik tak menyisakan limbah seperti pemakaian mulsa plastik. Proses memanfaatkan limbah organik sebagai mulsa sekarang ini mulai banyak dipakai di beberapa Negara luar, baik dalam produksi tanaman komersial atau berkebun di sekitar rumah, dan jika pemakaian mulsa organik diterapkan dengan benar secara otomatis bisa meningkatkan produktivitas serta kesuburan tanah.

Supaya mulsa dari berbagai macam limbah organik dari lahan pertanian seperti batang jagung, jerami padi, batang pisang, ranting kering, daun dan aneka limbah pertanian lainnya bisa bekerja lebih maksimal maka langkah menghancurkan atau menghaluskan bahan tersebut dibutuhkan. Proses mencacah bisa dilaksanakan secara manual atau memakai mesin penghancur bahan organik.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MULSA ORGANIK
Kelebihan memakai penutup tanah dengan bahan organik pada lahan budidaya memang mempunyai dampak yang baik bagi kesuburan tanah dan peningkatan produksi lebih optimal dari waktu ke waktu. Tak hanya gampang untuk didapat bahkan gratis, akan tetapi penerapan mulsa organik juga mempunyai kekurangan juga. Penerapan mulsa organik sifatnya hanya sementara, karena mengalami pelapukan dari waktu ke waktu ada yang cepat dan lambat terurai, tergantung dari bahan organik yang dipakai.

Plastik Mulsa Hitam Perak

MULSA PLASTIK
Dengan berkembangnya industri plastik yang merambat pada sektor pertanian, sudah banyak menciptakan aneka produk atau alat pertanian untuk menunjang budidaya di segala bidang tanaman. Sama halnya dalam keperluan atau teknik penutup tanah, pada lahan budidaya tanaman sayur dan buah, mulsa plastik cenderung lebih umum dipakai oleh kebanyakan petani. Umumnya mulsa plastik terbuat dari bahan polimer polypropylene dan polimer polietilen.

Dari segi penerapannya dan teknik budidaya memakai mulsa plastik tergolong cukup gampang dan praktis, akan tetapi memakai penutup tanah dengan bahan anorganik akan menyisakan limbah yang sulit terurai oleh alam dan memerlukan waktu pelapukan yang lebih panjang. Pemakaian mulsa berbahan plastik Ini bisa diterapkan langsung ke tanah, atau sekitar tanaman yang dibudidayakan.

Jenis mulsa plastik juga ada berbagai macam kualitas bahan dan warna, adapun beberapa jenis yang beredar di pasaran yaitu mulsa plastik putih (MPP), mulsa plastik transparan (MPT), mulsa plastik hitam (MPH), mulsa plastik hitam perak (MPHP) yang mempunyai kelebihan serta fungsi tersendiri.

* Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MULSA PLASTIK
Kelebihan dari pemakaian mulsa berbahan plastik yaitu lebih efisien, bisa bersifat temporer dan permanen, menekan pertumbuhan gulma lebih baik, mencegah erosi atau pengikisan tanah pada lahan budidaya lebih baik bila dibandingkan dengan pemakaian mulsa organik. Akan tetapi dalam hal memperbaiki struktur serta kesuburan tanah dalam jangka panjang dan sistem aerasi mulsa plastik ini kurang maksimal.

PENGARUH PENGGUNAAN MULSA PLASTIK
Pengaruh yang ditimbulkan dari pemakaian mulsa plastik pada kadar air tanah yaitu kompleks, mulsa membentuk sebuah lapisan atau sekat pada tanah yang mencegah sinar matahari untuk mencapai permukaan tanah, jadi fungsinya mulsa plastik mampu mengurangi penguapan yang terlalu berlebihan. Akan tetapi dampak lain dari pemakaian mulsa juga bisa menghambat serta mencegah air hujan mencapai tanah untuk di serap.

Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil produksi budidaya pertanian yang anda laksanakan bisa memilih mulsa dari bahan organik atau plastik sesuai dengan anggaran. Karena penmakaian mulsa plastik atau limbah pertanian tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, pertimbangan akhir ada di tangan anda.

Mulsa Plstik Hitam Perak Murah

* Info mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik DISINI

Bila Anda Membutuhkan atau Ingin Memesan Mulsa Plastik untuk melindungi tanaman dari serangan hama dan melindungi kelembapan tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08:00 - 16:00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp: Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Fungsi Penting Mulsa Plastik Pada Tanaman Saat Budidaya"

Posting Komentar