HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Penggunaan Mulsa Plastik Untuk Budidaya Cabe Katokkon Dari Tana Toraja

Mulsa Plastik Hitam Perak Untuk Budidaya - Lim Corporation

Wilayah Sulawesi Selatan daerah Kabupaten Tana Toraja tepatnya memang sangat terkenal sampai ke mancanegara karena mempunyai kekayaan adat budaya yang unik dan pemandangan alam yang eksotik. Disamping itu Kabupaten daerah Tana Toraja juga mempunyai kuliner khas yang sanggup memanjakan lidah, dan salah satu di antaranya yaitu yang termasuk dalam komoditas sayuran yang terkenal dengan nama Cabai Katokkon. Cabai Katokkon merupakan sejenis Cabai atau Lombok primadona khas Tana Toraja. Bentuknya seperti cabai Paprika tetapi dalam bentuk mini, gemuk bulat pendek, dengan ukuran normal sekitar 3cm-4cm dengan penampang seukuran 2cm-3,5cm, bewarna hijau keunguan ketika masih muda, dan bewarna merah menyegarkan ketika buahnya matang untuk diolah menjadi bahan kuliner penguat rasa makanan khas Tana Toraja. Nah untuk Anda yang tertarik menanam cabai katokkon, berikut cara budidayanya yang dikutip dari jitunews.com dan cybex.pertanian.go.id

Seleksi Benih
Buah cabai katokkon yang akan dipakai untuk benih yaitu buah yang setidaknya hasil panen kedua dan mempunyai bentuk permukaan bawah buah yang rata.

PERSEMAIAN
Buah yang sudah diseleksi, bijinya dikeluarkan kemudian dijemur selama sekitar 7 hari. Kemudian ketika pesemaian yaitu merendam benih dalam air panas selama kurang lebih 4-6 jam sampai semua benih tenggelam atau berada pada dasar wadah perendaman. Penanganan selanjutnya yaitu meniriskan benih dan dicampur dengan abu dapur halus dengan perbandingan bibit dan abu 1 : 10. Hal ini tujuannya untuk mempermudah dalam proses penaburan di tempat pesemaian. Tak hanya itu, juga berfungsi untuk menghindari dari serangan serangga seperti semut.

Pembuatan pesemaian dilaksanakan dengan menyediakan media semai dari tanah, pupuk organik dan pasir dengan perbandingan 2:1:1. Sesudah media disiapkan kemudian benih ditambur secara merata dan disiram secukupnya saja. Tahap berikutnya yaitu menutup persemaian dengan memakai daun pisang untuk menjaga kelembaban. Daun pisang dilepas sesudah benih mulai berkecambah. Penyiraman pesemaian dilaksanakan setiap pagi hari atau sore hari tergantung tingkat kelembapan pesemaian supaya bibit tumbuh sehat dan optimal.

BACA JUGA:
Apabila bibit sudah berumur sekitar 3 minggu atau sudah mempunyai 2 helai daun, bibit kemudian dipindahkan ke media yang lebih besar berupa kokeran 12cm x 15cm. Tempat pembibitan harus dinaungi dengan paranet supaya bibit bisa terlindung dari sinar matahari yang terlalu panas atau air hujan. Perawatan bibit di mulai dengan penyiraman yang intensif pagi hari dan sore hari. Bibit siap dipindahkan sesudah berumur sekitar 3 minggu di kokeran atau 5 minggu sesudah semai.

PENGATURAN LAHAN
Perlakuan lahan secara sempurna dilaksanakan 2 kali memakai Sekop dan Cangkul. Pengolahan pertama meliputi pembongkaran tanah dengan menggali sedalam 25cm-30cm kedalam tanah. Sesudah pengolahan pertama dikerjakan kemudian lahan dibiarkan 1 minggu supaya gas-gas yang berbahaya dalam tanah bisa menguap. Pengolahan yang kedua meliputi pembentukan bedengan yang dilaksanakan bersamaan dengan pemberian pupuk organik jadi bisa tercampur secara merata dalam tanah. Pembuatan bedengan dengan ukuran lebar 100cm, tinggi bedengan 25cm-30cm supaya tak tergenang pada musim hujan, sedangkan panjang bedengan disesuaikan keadaan lahan. Sesudah bedengan siap kemudian laksanakan pemasangan mulsa plastik.

Sebaiknya pemasangan mulsa plastik dikerjakan ketika terik matahari. Mulsa plastik yang dipasang pada siang hari akan memuai jadi pemasangan mulsa plastik akan lebih rapat dan tak ada ruang kosong antara mulsa dan tanah. Hal selanjutnya dibuat lobang tanam dengan jarak tanam 80cm x 60cm dengan memakai pola tanam menyerupai bentuk jajar genjang. Hal ini tujuannya supaya tanaman mempunyai ruang tumbuh yang lebih luas. Pelubangan dikerjakan dengan memakai alat sederhana dari kaleng susu kental manis bekas atau yang seukuran yang diberi tangkai kemudian dimasukkan bara api/arang panas kedalam kaleng.

Plastik Mulsa Hitam Perak
PENANAMAN
Bibit ditanam kedalam lobang tanam yang sudah disiapkan secara tegak lurus dan pangkal tanaman harus rata dengan permukaan mulsa untuk mengurangi serangan hama jangkrik yang sering memotong batang tanaman muda. Tanaman kemudian disiram secukupnya supaya pertumbuhannya cepat dan sehat. Sebaiknya penanaman dikerjakan ketika petang hari supaya tanaman tak stres.

PEMELIHARAAN
- Penyiraman
Dengan pemakaian mulsa plastik, proses penyiraman tanaman lebih berkurang karena kelembapan tanah bisa terjaga. Ketika tak turun hujan, penyiraman bisa dikerjakan maksimal 3 kali dalam 1 minggu.

- Perempelan Tunas
Perempelan Tunas dilaksanakan ketika umur tanaman mulai 4-8 minggu di pertanaman. Tunas yang muncul dari ketiak daun yaitu tunas yang tak produktif dan akan mengganggu pertumbuhan tanaman secara optimal. Semua tunas samping harus dibuang supaya tanaman kokoh dan kuat. Proses perempelan tunas umumnya dikerjakan 3-4 kali tergantung pertumbuhan tanaman dan akan di hentikan ketika terbentuk cabang.


- Pemupukan Susulan
Walaupun tanaman cabai sudah dipupuk total tetapi untuk menghasilkan hasil yang maksimal harus diberikan pemupukan susulan. Teknik pemupukan pada sistem mulsa plastik dikerjakan melalui penyemprotan pupuk organik cair melalui daun maupun dengan cara pengecoran pada lubang tanam. Pemupukan susulan pertama dikerjakan ketika umur tanaman 2 minggu sesudah tanam dengan memakai limbah cair dari kotoran ternak. Pemupukan berikutnya melalui penyemprotan dengan memakai pupuk organik elang biru. Penyemprotan dikerjakan sebanyak 2 kali dengan selang waktu 2 minggu sesudah proses pemupukan pertama.

PEMANENAN
Proses panen adalah pekerjaan akhir yang dinantikan oleh penanam sebagai hasil jerih payahnya. Panen pertama Cabai Katokkon dkerjakan sesudah tanaman berumur 3-4 bulan sesudah pindah tanam. Sesudah panen pertama, maka panen berikutnya bisa dilaksanakan setiap 3 hari sekali dan pemetikannya bisa berlangsung 8-10 bulan. Berdasarkan pengalaman jumlah buah Cabai Katokkon bisa mencapai 100-150 buah/pohon selama masa hidupnya, setara dengan 0,8-1,2 kg cabe.

Produsen Plastik Mulsa
* Ingin info lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan kunjungi tautan ini http://bit.ly/hargamulsaplastik

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Mulsa Plastik untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penggunaan Mulsa Plastik Untuk Budidaya Cabe Katokkon Dari Tana Toraja"

Posting Komentar