HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Simple Budidaya Kacang Panjang, Agar Sukses Panen

Distributor Plastik Mulsa Di Sidoarjo - Lim Corporation

Kacang panjang sering dijadikan sayur atau bahan lalapan yang nikmat. Selain nikmat ternyata kacang panjang juga kaya akan nutrisi sebagaimana jenis kacang lainnya dan yang paling utama adalah kandungan protein kacang panjang. Di Indonesia kacang panjang adalah tanaman yang biasa dibudidayakan di musim penghujan. Bukan berarti kacang panjang tidak cocok ditanam di musim kemarau, hanya saja dimusim hujan kurang cocok ditanami tanaman lain seperti cabai ataupun melon. Sehingga kacang panjang dipilih sebagai alternatif. Petani tak perlu mengeluarkan biaya dan tenaga untuk menyirami tanaman sebab sudah mendapat air hujan. Cara menanam kacang panjang supaya hasilnya optimal sebenarnya tidak terlalu sulit. Dan begitu juga proses perawatannya. Berikut adalah tahapan cara menanam kacang panjang sebagai berikut :

BACA JUGA:
1. Persiapan Lahan

Yang harus kita siapkan pertama kali adalah lahannya terlebih dahulu. Bila anda mempunyai bedengan bekas tanaman cabai, terong atau melon maka anda tidak perlu membongkarnya kembali (meski memang akan lebih bagus hasilnya bila tanah kembali digemburkan). Anda bisa langsung menanami lubang tanam bekas tanaman lainnya tersebut tanpa membuka plastik mulsa. Bila anda memulai dari awal maka sebaiknya anda melakukan penggemburan ulang dengan traktor atau cangkul kemudian dibuat galuran calon bedengan.

2. Pemberian Pupuk Dasar

Untuk bedengan bekas maka tak perlu diberi pupuk dasar dengan harapan tanaman akan menyerap sisa pupuk dari masa tanam sebelumnya. Tetapi bagi yang pertama membuat maka untuk pupuk dasar gunakanlah kotoran hewan terutama kotoran ayam lalu ditambahkan taburan pupuk Phonska yang dicampur dengan calcium bubuk serta insektisida tabor.

Distributor Plastik Mulsa
3. Penanaman Benih

Bila bedengan sudah jadi kemudian buat lubang tanam dengan kedalaman hanya sekitar 5 cm saja untuk menanam benih kacang panjang nantinya. Benih kacang panjang sebaiknya anda beli di toko pertanian supaya memperoleh benih hibrida unggulan. Namun benih ini tidak usah disemai lalu anda bisa merendamnya kisaran 6 jam dalam 1 liter air yang sudah dicampur dengan 10 tetes zpt auxin untuk memacu pertumbuhannya. Benih yang sudah direndam kemudian bisa ditanam dalam lubang yang sudah disiapkan dan ditutup dengan tanah. Tunggu sekitar 2-4 hari hingga benih tumbuh.

4. Pemasangan Ajir

Ada baiknya ajir segera dipasang setelah benih tumbuh. Hal ini bertujuan untuk mencegah perlukaan pada area akar sebab tusukan ajir. Fungsi ajir ini sebagai tempat merambat bagi kacang panjang sehingga buahnya akan tampak menggantung. Bahan pembuatan ajir bisa berupa kayu atau bambu yang penting kuat untuk menahan terpaan angin dan hujan. Tinggi ajir setelah ditancakan minimal 180 cm dan idalnya yaitu 2 meter.

Antara ajir 1 dan yang lain anda bisa kaitkan untuk menambah kekuatannya. Anda dapat menggunakan batang bambu tambahan untuk menghubungkan tiap ajir dalam 1 bedengan.

5. Pemupukan Susulan

Apabila anda menanam di musim hujan maka kadar nitrogen bebas di udara dan tanah masih sangat tinggi sehingga sebaiknya anda mengurangi pengunaan pupuk dengan kadar nitrogen tinggi seperti urea dan ZA. Lalu jika daun sudah cukup subur maka anda tidak perlu menambahkan penyemprotan pupuk daun. Selain lebih hemat biaya hal ini akan mencegah serangan jamur akibat berlebihnya kadar nitrogen di areal tanam.

Saat anda menanam di musim kemarau maka anda bisa menggunakan pemupukan kocor NPK 16-16-16 namun pada musim penghujan sebaiknya anda menggunakan pupuk MKP yang tidak mengandung nitrogen serta anda dapat menyemprotkan pupuk mikro tanpa nitrogen seperti Primarin-B.

Pemupukan model kocor dimulai pada saat tanaman sudah merambat pada ajir dengan interval 10 hari sekali sedangkan penyemprotan pupuk mikro ke daun bisa dilakukan selama 7 hari sekali.


6. Penyiangan Rumput

Dimusim hujan rumput juga akan tumbuh dengan subur. Keberadaan rumput yang tebal disekitar areal tanam bisa menjadi tempat persembunyian bagi sebagian besar hama tanaman. Oleh sebab itu penting untuk melakukan proses penyiangan. Bila anda merasa keberatan maka anda bisa menggunakan herbrisida yang banyak dijual di toko pertanian.

7. Penanggulangan Hama Tanaman Kacang Panjang

Pada proses menanam kacang panjang tidak akan lepas dari yang namanya serangan hama. Hama tanaman kacang panjang kebanyakan dari jenis serangga seperti ulat, lalat bibit, aphids, ulat tanah (uret), dan kutu kebul. Namun yang paling seringmenyerang tanaman adalah ulat. Ulat ini ada bermacam-macam jenisnya. Mereka lebih aktif aat cahaya matahari belum terasa panas terutama di malam hari dan lebih memilih sembunyi di rerumputan ketika terik saat siang hari.

8. Panen Kacang Panjang

Kacang panjang dapat dipanen saat umur 50-60 hari. Panen dapat anda lakukan setiap hari. Bahkan jika tanaman sangat produktif maka panen bisa anda lakukan saat pagi dan sore. Buah kacang panjang yang dipanen adalah buah yang belum terlalu tua sebagaimana halnya bila kita memanen timun. Kacang panjang menginginkan banyak pasokan air guna membesarkan buah-buahnya.

Tips Sukses Budidaya Kacang Panjang

Berikut ini adalah beberapa tips sukses cara menanam kacang panjang:
  • Semprotkan ZPT Giberilin (GA) pada saat buah masih kecil sehingga nantinya buah akan cepat memanjang
  • Gunakanlah kocoran POC alami dengan kombinasi MKP yang akan mempercepat pegisian buah
  • Menanamlah di awal musim penghujan sebab anda akan hemat biaya dan tenaga penyiraman
  • Bila menanam dimusim kemarau maka perlu ditambahkan pupuk daun
Plastik Mulsa Hitam Perak
#Ingin info lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik http://bit.ly/hargamulsaplastik

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Mulsa Plastik untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Simple Budidaya Kacang Panjang, Agar Sukses Panen"

Posting Komentar