HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips & Trik Lengkap Budidaya Selada Kribo dengan Mulsa Plastik

Jual Mulsa Plastik Di Sidoarjo - Lim Corporation

Perawatan pada tahap penyemaian ini ialah penyiraman rutin, penyiangan gulma dan pengawasan hama dan penyakit. Dalam budidaya selada keriting organik tidak perlu penyemprotan pestisida sintetis. Bila ada hama dapat diusir dengan menutup penyemaian, bila terserang penyakit dapat diberikan pupuk kandang tambahan dan penyemprotan pestisida nabati jika diperlukan. Bibit selada keriting dapat dipindahkan setelah berdaun 4-5 helai atau berumur 3-4 minggu sejak benih ditebar.

Pengolahan Tanah & Penanaman Bibit
Pengolahan lahan untuk budidaya selada keriting tergantung dengan jenis, struktur maupun tekstur tanahnya. Jika tanah yang akan dipakai sangat keras, lakukan penggarpuan terlebih dahulu, setelah itu baru dilakukan penggemburan dengan cara dicangkul. Kemudian buat bedengan dengan ukuran lebar 1 meter tinggi 15 cm dan panjang kurang lebih 10 meter atau tergantung kondisi lahan. Lebar bedengan tidak perlu terlalu lebar untuk memudahkan pemeliharaan.

Budidaya selada keriting membutuhkan lingkungan keasaman yang netral dengan pH ideal 5-6,8. Jika kondisi tanah asam sebaiknya dilakukan proses penetralan terlebih dahulu dengan kapur. Sedangkan bila tanah terlalu basa netralkan dengan belerang atau gipsum. Untuk menetralkan tanah yang memiliki pH 5,5 dibutuhkan kapur sebanyak 0,1 kg per meter persegi sehingga derajat keasaman naik menjadi pH 6,5. Sebaliknya untuk menurunkan pH tanah bisa diberikan belerang atau gipsum sebanyak 0,6 kg per meter persegi.

BACA JUGA:
Untuk memperkaya humus tanah dicampur dengan pupuk kandang yang telah matang atau pupuk kompos. Jumlah pupuk kandang yang disarankan untuk kotoran ayam yaitu 20 ton per hektar. Jika kita menggunakan pupuk kompos, jumlah kompos yang disarankan sebanyak 2 kg per meter persegi. Pemberian pupuk organik bertujuan untuk menggemburkan lahan dan mempertinggi aktifitas mikroorganisme didalam tanah. Setelah tanah dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos, diamkanlah selama 2 hari, kemudian haluskan kembali tanah dengan pencangkulan.

Setelah lahan sudah siap pindahkan bibit selada keriting dari tempat penyemaian. Apabila memindahkan tanaman, sebaiknya angkat dengan tanah yang menyangga zona perakaran. Lakukan penanaman dengan cara ditugal atau dilubangi dengan tangan saja. Besar di dalam lubang tanam harus disesuaikan dengan perakaran bibit selada keriting yang akan dipindahkan. Atur jarak tanam sebesar 10 x 15 cm.

Perawatan Budidaya Selada
Perawatan yang dilakukan untuk budidaya selada kriting diantaranya penyiraman, pemupukan dan penyiangan. Penyiraman dilakukan sesuai dengan cuaca yang ada. Bila tidak terjadi hujan, lakukanlah 2 kali penyiraman dalam satu hari setiap pagi dan sore. Penyiraman dapat dilakukan pada siang hari namun dengan intensitas air yang cukup banyak untuk menghindari layu mendadak pada tanaman.

Setelah bibit berumur 2 minggu, bila tanaman kurang subur yang ditandai dengan warna hijau yang pudar, berikan tambahan pupuk kandang sebanyak 2 ton per hektar. Pupuk kandang yang digunakan sebaiknya yang mengandung unsur nitrogen tinggi seperti kotoran ayam. Bila umur tanaman mencapai 20 hari semprotkan pupuk cair organik dengan dosis 3 liter per hektar.

Jual Mulsa Harga Murah

Walaupun siklus panennya cepat, penyiangan harus dilakukan sebab tanaman selada keriting ini mempunyai akar yang dangkal sehingga daya saingnya sangat rendah dibanding tanaman pengganggu. Untuk itu perlu ada penyiangan yang teratur dengan cara mencabut tanaman pengganggu. Dalam budidaya selada keriting diperlukan minimal satu kali penyiangan gulma selama masa budidaya.
Cara penyiangan gulma sedikit berbeda pada musim kemarau dan penghujan. Pada saat musim kemarau gulma dicabut atau dipotong, kemudian dibiarkan di permukaan tanah. Gunanya sebagai tambahan pupuk hijau dan membentuk mulsa untuk mengurangi penguapan. Sehingga air untuk penyiraman bisa dihemat. Saat musim hujan, gulma harus dicabut dan bedengan harus bersih dari hijauan. Hal ini untuk menghindari tumbuhnya jamuir dan penyakit di sekitar tanaman selada akibat kelembaban yang tinggi.

Pengendalian Hama & Penyakit
Hama dan penyakit yang selalu menyerang budidaya selada keriting adalah sebagai berikut:
  • Jangel (Bradybaena similaris ferussac), bentuknya seperti siput dengan ukuran 2 cm. Hama ini menyerang tanaman di segala umur. Biasanya bersembunyi pada pangkal daun bagian dalam. Serangan hama ini membuat daun berlubang.
  • Tangek (Parmalion pupilaris humb), bentuknya mirip dengan jangel namun tidak memiliki siput. Akibat serangannya sama membuat lubang pada daun. Hama ini lebih banyak menyerang di musim kemarau dibanding dengan musim hujan.
  • Busuk lunak (soft rot), penyebabnya bakteri Erwinia Carotovora. Penyakit ini menyerang bagian daun. Serangan hama ini dimulai dari tepi daun, warna daun menjadi coklat kemudian layu. Selain menyerang tanaman yang masih ditanam, penyakit ini ternyata juga menyerang selada yang siap diangkut ke pasar.
  • Busuk pangkal daun, penyebabnya Felicularia Filamentosa. Penyakit ini menyerang pangkal daun, serangannya biasa terjadi saat menjelang panen.
Dalam budidaya selada keriting organik, tidak diperbolehkan menyemprot hama dan penyakit dengan pestisida sintetis. Lakukanlah dengan memperhatikan pemupukan, kebersihan kebun, rotasi tanaman dan bila terpaksa lakukan penyemprotan dengan pestisida nabati.


Penyiraman teratur dan pemupukan yang tepat terbukti ampuh mengendalikan hama. Dengan melakukan budidaya tanaman sehat, mengatur kebersihan lingkungan seperti menjaga irigasi dan drainase serta menjamin kecukupan nutrisi bagi tanaman terutama untuk kekebalan tubuh tanaman itu sendiri seperti unsur kalium maka pengendalian hama bisa lebih efektif. Unsur kalium bisa anda dapatkan dengan menambahkan bahan-bahan daun bambu pada saat pembuatan kompos.

Panen Budidaya Selada
Budidaya selada keriting dapat dipanen selama 20-30 hari setelah bibit ditanam. Jadi, apabila dihitung mulai dari penyemaian sampai panen, kira-kira dibutuhkan 40-60 hari. Produktiivitas tanaman selada keriting dapat mencapai 15-20 ton per hektar.


Panen dilakukan dengan cara mencabut tanaman sampai keakar-akarnya. Setelah dipanen, bagian akar selada keriting harus dicuci dan daun-daun yang rusak dibuang. Kelompokkanlah daun selada keriting berdasarkan ukuran. Pengerjaan pasca panen harus dilakukan dengan cepat dan segera sebab tanaman selada keriting tak tahan panas dan penguapan. Apabila pengangkutan ke pasar ada jeda waktu yang lama, simpanlah sayuran tersebut di tempat yang lembab dekat dengan air atau secara rutin ciprati dengan air.

Jual Mulsa Plastik Hitam Perak
# Ingin info lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargamulsaplastik

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Mulsa Plastik untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Catatan:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips & Trik Lengkap Budidaya Selada Kribo dengan Mulsa Plastik"

Posting Komentar