HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Asik Menanam Kedelai Hitam Agar Hasil Panen Memuaskan

Distributor Mulsa Plastik Pertanian - Lim Corporation

Kedelai Hitam adalah salah satu varietas jenis kedelai yang ada di Indonesia. Kedelai ini biasa di manfaatkan untuk membuat kecap, tauco, tempe, susu kedelai, tahu dan juga yang lainnya. Tetapi kedelai ini lebih banyak digunakan untuk membuat kecap. Saat ini mulai banyak orang yang membudidayakan kedelai hitam ini, sebab selain mempunyai nilai nutrisi yang baik, kedelai hitam juga dipercaya lebih mudah ditanam dibanding dengan kedelai putih. Berikut ini adalah cara budidaya kedelai hitam:

Syarat Tumbuh

Kedelai Hitam merupakan tanaman beriklim subtropis, tanaman ini menghendaki pH atau derajat keasaman tanah sekitar 6 keatas atau ber pH netral.

Persiapan Bibit Dan Penyemaian Bibit

Pilihlah benih bibit yang berkualitas unggul ketika ingin ditanam. Benih bibit kacang kedelai hitam bisa anda dapatkan di toko pertanian. Kemudian benih bibit tersebut direndam dalam air selama 30 menit. Setelah itu benih bibit dapat disemai pada lahan semai.

Sebelum melakukan persemainnya, siapkan terlebih dahulu lahan semai tersebut. Kemudian buatlah bedengan dengan ukuran sekitar 1 meter persegi dan untuk jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah benih bibit tersebut. Setelah bedengan semai jadi, apabila lahan mempunyai pH tanah yang tidak sesuai dengan syarat tumbuh kedelai hitam, maka lakukanlah pengapuran pada tanah bedengan dengan menggunakan dolomit atau kapur pertanian. Setelah itu lakukan pemupukan pada bedengan dengan menggunakan pupuk kandang, urea, KCl, dan juga TSP.

Jika benih bibit dan bedeng semai telah siap maka langkah selanjutnya lakukan penyemaian pada bedengan tersebut. Sebelumnya buat terlebih dahulu lubang tanam untuk menyemai benih bibit dan jangan telalu dalam dengan jarak sekitar 5 cm x 5 cm. Setiap lubang tersebut diisi dengan 1 benih bibit. Bibit biasa akan tumbuh hingga dapat dipindahkan setelah berumur 7 hari setelah semai.

Artikel Terkait:
Persiapan Lahan

Lahan yang akan ditanami kedelai hitam diolah terlebih dahulu, pertama bersihkan gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Kemudian, lakukan penggemburan tanah dengan cara dibajak atau dicangkul, setelah itu digaru dan diratakan. Lakukanlah pengapuran bila pH tanah tidak sesuai dengan syarat tumbuh kedelai hitam tersebut.

Langkah selanjutnya lakukan pemupukan pada tanah lahan dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos kemudian diamkan selama sekitar seminggu, kebutuhan pupuk tersebut untuk 1 hektar lahan sekitar 100 kg.

Penanaman Kedelai Hitam Pada Lahan Tanam

Penanaman kedelai hitam ini, bisa dilakukan dengan cara menanam bibit yang telah melalui persemaian terlebih dahulu atau dengan menanam benih langsung pada lahan tanam.

Untuk penanaman dengan bibit yang telah melalui persemaian terlebih dahuhlu, setelah bibit dan lahan tanam siap, lakukanlah penanaman segera pada lahan tanam. Penanaman ini dilakukan pada pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu terik. Jarak tanam kedelai ini sekitar 40 cm x 40 cm. Setelah penanaman selesai, kemudian tutup tanah dengan mulsa jerami supaya tanah terjaga kelembabannya.

Untuk penanaman dengan benih, lubang tanam dibuat dengan kedalaman sekitar 5 cm dengan jarak 25 cm x 25 cm. Setelah lubang tanam sudah siap, maka masukkan 2 hingga 3 biji benih untuk setiap lubang tanam, setelah itu timbuh kembali dengan tanah namun jangan dipadatkan.


Perawatan Tanaman Kedelai Hitam

1. Penyulaman

Biji benih yang tidak tumbuh setelah 5-6 hari maka disulam dan diganti dengan yang baru.

2. Penyiangan

Lakukanlah penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya di sekitar tanaman di lahan tanam. Penyiangan ini dilakukan selama 2 hingga 3 minggu setelah tanam dan setelah sekitar 6 minggu setelah tanam atau ketika tanaman akan berbunga. Penyiangan ini dapat disesuaikan dengan frekuensi gulma yang tumbuh.

3. Peninggian Bedengan atau Pembubunan

Supaya sistem perakaran tanaman baik dan penyerapan nutrisi maksimal maka lakukanlah peninggian pada bedengan tanam.

4. Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan ini menggunakan pupuk Urea, KCl, dan juga pupuk SP36. Pemupukan susulan pertama dilakukan setelah tanaman berusia 2 minggu setelah tanam kemudian pemupukan selajutnya dilakukan setelah tanaman berusia 6 minggu setelah tanam, dan lakukan pemupukan susulan selanjutnya.

5.  Penyiraman Tanaman

Penyiraman tanaman dilakukan secara rutin setiap hari seperlunya terutama ketika musim kemarau.

6. Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman

Untuk mencegah tanaman terserang ham dan penyakit maka lakukanlah penyemprotan pestisida saat tanaman telah berumur 1 bulan denga dosis sesuai.

Pemanenan Kedelai Hitam

Kedelai hitam dapat dipanen setelah batang berwarna kuning kecoklatan, daun sudah terlihat kuning dan berguguran, hingga buahnya mempunyai warna kuning kecolatan dan polong telah tua. Kedelai hitam untuk konsumsi dapat dipanen setelah 75-100 hari, setelah itu kedelai untuk benih dapat dipanen setelah berumur 100-110 hari. Buah diambil kemudian dijemur hingga kering, maka polong akan terlepas dari kulit buah sendiri. Apabila sudah dikeringkan, maka simpan kedelai di tempat yang kering.
Jual Mulsa Plastik Harga Murah

* Ingin info lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargamulsaplastik

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Mulsa Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Asik Menanam Kedelai Hitam Agar Hasil Panen Memuaskan"

Posting Komentar