HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Sukses Budidaya Sawo dengan Mulsa Plastik, Tertarik Coba?

Distributor Mulsa Plastik Hitam Perak - Lim Corporation

Sawo (Achras zapota) adalah tanaman buah berupa pohon yang dapat tumbuh besar dan berbuah lebat. Daunnya yang rimbun dapat menjadi penaung dari sengatan matahari. Tanaman yang sebelumnya berada di daerah tropis seperti Guatemala (Amerika Tengah), Mexico, dan Hindia Barat. Buah ini telah menyebar ke berbagai negara di dunia, hingga masuk ke Indonesia. Berdasarkan urutan klasifikasi di kalangan ilmiah, buah sawo disebut dengan neesbery atau sapodilla tergolong ke dalam famili Sapotaceae.

Baca Juga:
Jenis - Jenis Buah Sawo

Apa Saja jenis-jenis buah Sawo? Berikut inilah jenis-jenis Sawo:
  • Sawo manila kulon. Sawo ini berbentuk buah lonjong, berbiji banyak, bergetah, dan cukup tahan disimpan.
  • Sawo manila betawi. Sawo ini juga berbentuk lonjong, berukuran besar, tidak banyak getah, rasa manis, namun kurang tahan di simpan.
  • Sawo manila malaysia. Bentuknya lonjong, berukuran besar, dan rasa buahnya manis.
  • Sawo manila karat. Bentuk buah sawonya agak lonjong, berukuran besar, berkulit tebal, kasar, dan berbintil-bintil kecil.
  • Sawo apel lilin. Bentuk buahnya bulat, berukuran agak besar, dan daging buah terasa agak keras.
  • Sawo apel kelapa. Buahnya berbentuk bulat kecil-kecil, berkulit tebal, bergetah, berbiji banyak, dan tahan disimpan.
  • Sawo duren. Memiliki bentuk bulat, kulit buah halus, dan licin. Disebut sawo duren, sebab aroma buahnya mirip dengan buah durian. Ada dua macam sawo duren, yaitu sawo duren hijau dan sawo duren merah.
Pemilihan Lokasi Pertanaman

Tanaman ini dapat menyesuaikan terhadap berbagai suhu. Namun suhu yang terlalu panas akan merusak pertumbuhan sawo. Curah hujan sawo antara 1250-2500 mm per tahun yang tersebar merata sepanjang tahunnya. Buah ini cukup tahan terhadap gangguan angin. Sawo masih dapat tumbuh cukup baik hingga ketinggian 900 m di atas permukaan laut, walaupun masih dapat tumbuh hingga ketinggian 2500 m di atas permukaan laut. Sawo dapat tumbuh baik pada tanah alluvial dan tanah berpasir. Tanah liat masih cukup sesuai asal drainasenya sangat baik. Sawo dapat bertahan terhadap kekeringan. Sawo tumbuh baik dengan tanah dengan sekitar pH tanah antara 6 – 7.

Cara Budidaya Sawo
  1. Sawo dapat diperbanyak dengan cara generatif (dengan biji) atupun secara vegetatif. Kualitas buah yang dihasilkan dengan bijinya berbeda dengan sifat induknya, sedangkan yang diperbanyak dengan cara vegetatif (okulasi atau sambung) keunggulan sifat induknya dapat dipertahankan.
  2. Pengolahan tanah Sawo. Lahan disiapkan terlebih dahulu sebelum musim hujan. Lahan dibersihkan dari gulma atau rerumputan, dibajak, dan juga dicangkul.
  3. Jarak tanam dengan sekitar 8-9 m x 8-9 m, supaya tanaman tidak akan berdekatan jika sudah besar. Air dipasang di tempat yang akan dibuat lubang tanam.
  4. Kemudian buatlah lubang-lubang dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm dengan titik tengah di tempat air. Lalu pisahkan tanah galian bagian atas dan bagian bawah. Isi lubang dengan tanah bagian atas yang dicampur dengan pupuk kandang sekitar 30 kg/lubang. Setelah itu biarkan lubang terbuka kira-kira sampai 2 minggu untuk mempercepat pelapukan.
  5. Penanaman dilakukan saat musim hujan. Penanaman sebaiknya dilakukan ketika sore hari. Polybag dilepas dengan hati-hati dan jangan sampai tanah menjadi pecah. Usahakan leher akar tetap seperti pada waktu di persemaian dan bagian yang diokulasi/sambung agar tidak tertimbun tanah. Peneduh, mulsa plastik, dan tanaman penutup tanah sangat baik untuk awal pertumbuhan sawo.

Perawatan Sawo

Dilakukan setiap hari agar tanaman tidak layu. Penyiraman harus hati-hati karena sawo sangat peka terhadap genangan air.

Pengendalian Hama dan Penyakit Sawo

Ada beberapa penyakit yang selalu menyerang sawo yaitu penyakit pink (Corticium salmonicolor) dan penyakit bercak daun (Phaeophleospora indica). Penyakit ini dapat diatasi dengan penyemprotan fungisida yang mengandung sulfur atau tembaga. Sedangkan hama yang menyerang sawo ialah lalat buah (Daucus dorsalis) yang memakan daging buah yang telah matang. Lakukan penyemprotan fungisida sepeti dengan bubur Bordeaux dengan takaran yang tertera di kemasan. Keunggulan fungisida ini ialah kemampuannya melekat lebih baik dibandingkan fungisida lain. Hingga saat ini belum ada cara pengendalian hama yang cukup memuaskan.

Penyiangan dan Penggemburan Sawo

Gulma harus disiangi supaua tidak menjadi pesaing tanaman sawo. Penyiangan pada tanaman muda harus dilakukan secara hati-hati. Sebaiknya harus dilakukan dengan mencabut gulma. 
Penggemburan dilakukan disekitar tanaman sawo bersamaan dengan penyiangan supaya memberikan lingkungan yang baik untuk akar.

Pemupukan Sawo

Sawo memerlukan pupuk sekitar 1.5 kg N, dan 0.5 kg P2O5 dan K2O per pohon. Pupuk diberikan 2 kali selama setahun, guna menjelang musim hujan untuk mendukung pertumbuhan dan menjelang musim hujan berakhir untuk mendukung produksi buah.

Jual Mulsa Plastik untuk Pertanian

Pemanenan Sawo

Sawo yang berasal dari biji dapat berbuah setelah berumur 5 tahun. Sawo dari perbanyakan vegetatif biasanya akan berbuah lebih cepat. Jumlah buah tergantung dengan umur tanaman. Tanaman yang berusia 15 tahun bisa menghasilkan 280-300 kg buah. Sawo dapat berbuah sepanjang tahun namun biasanya terdapat 1 atau 2 musim panen raya. Daging buah masak akan berubah warna dari hijau hingga menjadi kuning kecoklatan.

Dari luar penampakan buah masak sulit dilihat sebab daging buah dilapisi dengan kulit yang berwarna kuning kecoklatan. Buah masak akan menghasilkan lebih sedikit getah daripada buah yang belum masak. Cara yang paling mudah untuk mengamati buah masak yaitu dengan cara membelah buah dan melihat daging buah.

*Info lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik DISINI

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Mulsa Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Sukses Budidaya Sawo dengan Mulsa Plastik, Tertarik Coba?"

Posting Komentar