HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Inilah 4 Alasan Mengapa Tidak Boleh Membakar Jerami


Jual Mulsa Plastik Hitam Perak - Lim Corporation

Data dari Badan Pusat Statistik pada tahun 2014 menunjukkan bahwa produksi padi di Indonesia sebesar 70,83 juta ton gabah kering giling, sedangkan produksi jerami padi yang dihasilkan telah mencapai 50% dari produksi gabah kering panen (sekitar 35,46 juta ton). Tahun 2017, luas lahan padi di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yakni mencapai 15,81 hektar. Dengan lahan padi seluas itu, maka jerami yang dihasilkan tentunya akan semakin banyak

Selama ini, beberapa petani yang membakar jerami sebab abu hasil bakaran jerami tersebut dirasa berguna untuk menyuburkan tanah. Selain itu, abu jerami juga dipercaya untuk membuat tanaman lebih tahan terhadap serangan hama maupun penyakit.

Padahal menurut Balai Besar Penelitian Tanaman Padi dari Kementerian Pertanian, pendapat tersebut merupakan pendapat yang tidak benar. Justru hasil pembakaran jerami akan memberikan dampak yang buruk bagi tanaman. Selain itu, ada dampak-dampak lain yang juga diakibatkan oleh pembakaran jerami.

Berikut ulasannya:

Baca Juga:
Jerami yang Dibakar Dapat Menghilangkan Banyak Kandungan Zat Hara Dalam Tanah

Jerami mempunyai kandungan unsur hara yang cukup besar. Dobermann dan Fairhurst, dua peneliti yang pernah melakukan riset tentang jerami, mengatakan bahwa  jerami mengandung 0,5 – 0,8% N, 0,07 – 0,12 P2O5, 1,2 – 1,7% K2O dan 4 – 7% Si. Oleh sebab itu, bila jerami dijadikan sebagai kompos, maka akan memperbaiki sifat-sifat tanah, baik fisik, kimia, hingga biologi tanah.

Sebaliknya, bila jerami dibakar, tingkat absorpsi hara tanah dan kadar K akan semakin meningkat. Hal ini tidak baik bagi tanah sehingga akan menurunkan produktivitas tanaman.

Membakar Jerami akan Membuat Tanaman Mudah Terserang Hama dan Penyakit

Selama ini, beberapa petani di Indonesia yang berpikiran bahwa abu yang dihasilkan dari pembakaran jerami akan membuat tanaman terhindar dari hama dan penyakit.

Hal ini disebabkan memang tidak ada keseimbangan dalam tanah, di mana abu jerami sama sekali tidak menyebabkan adanya penambahan unsur hara Kalium ke tanah yang dapat menyebabkan tanaman malah mudah terkena hama dan penyakit.

Membakar Jerami berpotensi Mencemari Lingkungan

Saat duduk di Sekolah Dasar, mungkin kita sudah sering diingatkan untuk tidak membakar sampah, melainkan mendaur-ulangnya. Hal ini disebabkan pembakaran sampah akan mencemari lingkungan, atau secara spesifik menyebabkan polusi udara. Hal yang sama juga terjadi bila kita memusnahkan jerami dengan cara membakarnya.

Lebih lanjut lagi, asap yang dihasilkan dari pembakaran jerami tersebut dapat membuat lapisan ozon akan semakin menipis. Hal inilah yang dapat mengakibatkan terjadinya pemanasan global (global warming).

Oleh sebab itu, sebagai manusia yang mencintai alam dan ingin bumi kita tetap lestari, sebaiknya hindarilah aktivitas-aktivitas pembakaran, termasuk pembakaran jerami pula. Bumi sudah sangat berjasa sebab ia telah memberikan sumber daya alam yang dapat kita manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari.


Jerami Dapat Dimanfaatkan sebagai Pupuk

Untuk mengurangi sampah plastik, selain dibakar, ada cara lain yang dapat kita lakukan, seperti 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Cara ini memang lebih ramah lingkungan. Hal yang sama dapat dilakukan untuk pengelolaan jerami. Selain dibakar, maka dapat mengurangi jerami dengan memanfaatkannya sebagai kompos organik. Banyak petani yang sudah membuktikan bahwa pemberian kompos jerami pada tanaman mampu dapat meningkatkan hasil panen. Sebab kompok jerami dapat menambah hara pada tanah.

Berdasarkan hasil uji lab yang dilakukan oleh Balai Pertanian, unsur hara dari kompos jerami lebih banyak dibanding pupuk kimia. Selain itu, kompos jerami dapat membuat tanah menjadi subur, mengurai tanah hingga menjadi gembur, dan membuat nutrisi dalam tanah dapat diserap dengan mudah oleh tanaman.

Jual Mulsa Merk Montanna

*Info lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik DISINI

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Mulsa Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 4 Alasan Mengapa Tidak Boleh Membakar Jerami"

Posting Komentar