HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengapa Kita Tidak Boleh Membakar Jerami? Ini Alasannya


Jual Mulsa Plastik untuk Pertanian - Lim Corporation

Jerami adalah limbah pertanian berupa tangkai dari tanaman jenis serealia yang menyerupai padi yang telah dirontokkan bijinya. Biasanya jerami padi ini sering dimanfaatkan oleh petani untuk pakan ternak, dan biasa dipakai pula untuk pupuk menciptakan kompos. Namun kebiasaan yang selama ini dilakukan banyak petani padi adalah membakar jerami padi di lahan persawahan secara langsung. Saat isu terkini panen padi tiba, biasanya sesudah panen simpulan dan jerami padi kering, para petani akan membakarnya di lahan sawah. Ada juga yang membuatkan atau meratakan jerami ke berbagai area sawah kemudian membakarnya.

Baca Juga:
Kebiasaan membakar jerami padi saat pasca panen sudah menjadi hal atau aktivitas rutin bagi petani. Alasan mengapa membakar jerami padi memang masuk akal. Ada yang menyampaikan jika jerami tidak dibakar dan dibiarkan menumpuk maka akan menciptakan banyak tikus yang bersarang dan tinggal ditumpukan jerami, ada lagi yang menyampaikan bila tidak dibakar maka jerami akan menjadi sampah dan mengganggu pemandangan. Bahkan ada yang berkata jika harus menyebar rata keseluruh lahan sawah hanya membuang-buang waktu dan tenaga saja, maka mereka membakarnya agar habis dan debu dari jerami padi sanggup menjadi pupuk alami. Apakah hal itu memang benar? 

Sebenarnya manfaat membakar jerami padi hanya dirasakan sesaat saja, artinya hanya untuk jangka pendek, mereka tidak memikirkan jangka panjangnya. Merekapun tidak tahu dampak buruk membakar jerami untuk jangka panjang. Berikut ini adalah dampak buruk membakar jerami padi dilahan sawah.


1. Dampak buruk dari pembakaran jerami padi di lahan persawahan adalah akan menghilangkan unsur hara yang terdapat dengan tanah. Bukan hanya unsur hara pada tanah saja, tetapi dengan mengkremasi jerami maka hara yang terkandung pada jerami akan musnah juga.
 
2. Selain itu jika kita teliti bahwa batang dan daun padi yang kita biarkan membusuk pada lahan sawah akan menciptakan tanah menjadi subur, karena jerami yang membusuk akan menjadi humus, materi organik dan menciptakan tanah akan menjadi sangat subur, bila kita bakar hanya akan menjadi arang atau zat karbon.
 
3. Tahukah anda bahwa jerami padi yang kita biarkan kita tanamkan dalam tanah akan menjadi masakan untuk mikroorganisme tanah, perlu anda ketahui bahwa mikroorganisme tanah sangat berperan penting untuk menyuburkan tanah. Bila dibakar justru akan menciptakan mikroorganisme menjadi mati.
 
4. Dengan membakar jerami padi dilahan sawah, maka secara berangsur-angsur tanah akan menjadi tandus dan produktivitasnya menjadi turun, dengan kata lain hasil panen padi juga akan berangsur-angsur menurun.
 
5. Asap yang ditimbulkan dari pembarakan jerami akan berdampak buruk bagi lingkungan, dan pula menciptakan polusi, dan lain sebagainya.

Jadi mulai saat ini jangan lagi anda membakar jerami padi dilahan persawahan jika tidak ingin kehilangan hal yang nyata dan bermanfaat dari jerami padi. Dengan adanya artikel ini semoga sanggup menunjukkan pencerahan dan wawasan bagi anda semua. Semoga bermanfaat.

Produsen Mulsa Plastik Hitam Perak
*Info lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik DISINI

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Mulsa Plastik untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Kita Tidak Boleh Membakar Jerami? Ini Alasannya"

Posting Komentar