HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengulas Lengkap Mengenai Serangan Hama Padi di Musim Hujan

Jual Mulsa Plastik di Sidoarjo - Lim Corporation

Keberadaan hama tanaman ataupun hama padi akan merusak tumbuhan yang ada dan terkadang akan menimbulkan penyakit pada tumbuhan tersebut. Akibatnya para petani akan gagal panen. Serangan hama yang harus diantisipasi saat musim hujan antara adalah Hawar Daun Bakteri (HBD), sundhep, wereng batang coklat, tikus, kutu kebul dan hama blast.

Tetapi yang paling umum adalah terjadi pada saat tanaman mulai mencapai anakan maksimum hingga fase berbunga. Pada stadia bibit, gejala penyakit disebut dengan kresek, sedang pada stadia tanaman yang lebih lanjut, gejala disebut hawar (blight). Gejalanya diawali dengan bercak kelabu (water soaked) dan umumnya di bagian pinggir daun. Pada varietas yang rentan bercak berkembang terus, dan akhirnya membentuk hawar.

Pada keadaan yang cukup parah, pertanaman akan terlihat kering seperti api yang membakar. Hal ini akan menyebabkan terputusnya pasokan hara dari dalam tanah sebagai bahan untuk fotosintesis. Daun yang berwarna kuning tersebut sebagai akibat sebab kurangnya pasokan hara. Hama wereng (Nilaparvata lugens) merupakan hama padi lain yang sering menyerang di saat hujan bahkan suka menyerang tanaman hias.

Artikel Terkait:
Hama wereng dapat dibasmi dengan cara menjaga agar matahari selalu dapat menyinari padi atau tanaman hias. Matahari akan membuat wereng sukar menetas dan mencegahnya berkembang biak. Oleh karena itu, wereng sering muncul dan berkembang biak ketika musim penghujan dimana jarang ada matahari.

Hama tanaman kutu kebul (Bemisia tabacci) juga sering muncul ketika musim hujan. Hama tanaman ini menyebabkan pertumbuhan daun menjadi terhambat, bentuk daun menjadi berlubang-lubang. Hama ini bisa menyebabkan padi ataupun tanaman hias tersebut menjadi rusak dan mati, akibatnya gagal panen dialami petani.

Gejala penyakit blast dapat timbul pada daun, batang, malai, dan gabah, tetapi yang umum yaitu pada daun dan pada leher malai. Gejala pada daun berupa bercak-bercak berbentuk seperti belah ketupat dengan bentuk ujung runcing. Pusat bercak berwarna kelabu atau keputih-putihan dan biasanya memiliki tepi coklat atau berwarna coklat kemerahan. Gejala penyakit blas yang khas yaitu busuknya ujung tangkai malai yang disebut busuk leher (neck rot). Tangkai malai yang busuk mudah patah dan membuat gabah menjadi hampa. Pada gabah yang sakit memiliki ciri-ciri bercak-bercak kecil yang bulat.


Hawar Daun Bakteri (HDB) adalah penyakit kresek yang pada umumnya dikenal oleh masyarakat. Penyakit telah berkembang saat musim hujan atauun musim kemarau yang basah. Bagian Tanaman yang diserang terutama pada titik tumbuh dan daun bendera. Kerusakan terberat terjadi ketika penyakit menyerang tanaman muda yang peka sehingga akan menimbulkan gejala kresek, dan dapat menyebabkan tanaman mati. Penyakit dapat terjadi pada semua stadia tanaman.

Sundhep, hama yang menyebabkan gejala sundep adalah Sesamia inferens. Sesamia inferens tersebut akan merusak dengan cara meletakan telurnya pada pelepah daun bagian dalam. Setelah telur menetas maka larva-larva tersebut mulai memakan pelepah daun, lalu menggerek masuk kedalam batang. Kemudian memakan batang bagian dalam sehingga jaringan pembuluh batang terpotong.
Tikus (Rattus argentiventer Rob & Kloss) merupakan hama tanaman yang sering muncul ketika hujan. Cara mengatasi tikus yaitu dengan melakukan pengolahan tanah secara bersama-sama sebelum lahan tersebut belum ditanami. Pada cara ini, lubang tempat tikus di dalam tanah diberi belerang supaya tikus keluar dan kemudian mudah dibasmi. Bila lahan telah ditanami padi, maka akan menyebarkan makanan tikus yang beracun dapat dilakukan.

Jual Mulsa Merk Tembakau

*
 Ingin info lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargamulsaplastik

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Mulsa Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengulas Lengkap Mengenai Serangan Hama Padi di Musim Hujan"

Posting Komentar