HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Teknik Sederhana Menanam Kedelai Hitam dengan Benar

Produsen Mulsa Plastik Harga Murah - Lim Corporation

Kedelai hitam adalah salah satu tanaman sejenis kacang-kacangan yang masih satu kerabat dengan tanaman kedelai hitam. Ciri-cirinya juga persis dengan kedelai hitam biasa. Hanya saja untuk kedelai hitam umumnya hanya digunakan sebagai bahan baku kecap saja. Walau begitu nilai jual kedelai hitam yang berkualitas juga cukup tinggi bahkan hingga diatas tanaman kedelai hitam biasa. Sebetulnya bila perawatan dan penanganan sejak sebelum tanam hingga masa panen yang tepat akan membuat hasil panen menjadi maksimal dan berkualitas. Sistem pengairan serta drainase yang baik juga mampu mendukung dalam proses pembesaran tanaman kedelai hitam. Melihat belum banyaknya petani kedelai hitam yang membudidayakan kedelai hitam, maka peluang menjadikannya usaha sampingan yaitu pilihan yang tidak salah. Nah, bila Anda ingin memulai usaha dibidang pertanian kedelai hitam, maka berikut ini adalah panduan lengkapnya:

Artikel Terkait:
Pengolahan Tanah

Langkah pertama adalah singkirkan gulma dan rumput liar terlebih dahulu yang tumbuh di lahan tanam. Kemudian taburkan pupuk kandang/kompos sekitar 1 kwintal/hektar, lalu diamkan selama satu minggu. Selanjutnya tanah dibajak, digaru, hingga diratakan (bisa dengan mesin atau secara manual). Buatlah saluran drainase dengan jarak sekitar 3-4 m yang berfungsi guna mencegah genangan air yang berlebihan pada lahan tanam. Genangan air akan menyebabkan tanaman membusuk serta mati. Setelah itu diamkan tanah tersebut selama tiga minggu, lalu baru dapat ditanami kedelai hitam.

Penanaman

Langkah selanjutnya adalah membeli benih kedelai hitam. Anda daapt membelinya di tokio-toko pertanian. Pilihlah benih yang unggul. Setelah itu rendam benih dalam air sekitar 0,5 jam kemudian campurkan Legin (Rhizobium) apabila akan ditanamn di tanah yang belum pernah ditanami kedelai hitam sebelumnya. Atur jarak tanam antar lubang tanam dengan berukuran 25 x 25 cm. Lubang tanam tersenut dibuat sedalam 5 cm. Masukkan sebanyak 2-3 biji per lubang tanam. Tutup lubang dengan tanah yang gembur, jangan dipadatkan supaya kecambah dapat menembus tutupan tanah. Usahakan waktu tanam dilakukan di akhir musim hujan supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik.


Perawatan

Lakukan penyulaman pada benih yang tidak muncul saat berusia 5-6 hari. Sebaiknya penyulaman dilakukan ketika panas matahari tidak terlalu terik yakni sore hari. Berikutnya lakukan penyiangan pada umur 2-3 minggu serta pada saat tanaman selesai berbunga, sekitar 6 minggu setelah tanam. Peninggian bedengan juga harus dilakukan supaya sistem perakaran dapat tumbuh baik dan mampu menyerap nutrisi dari pemupukan secara maksimal. Pemupukan sendiri dilakukan ketika 2 minggu setelah tanam dengan pupuk. takaran pupuknya adalah Urea:SP-36:KCl = 50:40:20, setelah itu pemupukan lanjutan pada 6 minggu setelah tanam dengan takaran pupuk Urea:SP-36:KCl = 30:20:40. Lakukanlah pengairan muali dari benih ditanam hingga pada tahap pengisian polong. Pengairan diberikan secukupnya saja, jangan terlalu becek ataupun menggenang. Jangan melakukan pengairan ketika menjelang panen, biarkan tanah dalam keadaan kering. Pantau tanaman serta jaga supaya terhindar dari hama dan penyakit. Jika terlanjur terserang hama penyakit, berikan pestisida dan obat sesuai aturan dan dosis yang tepat.

Pemanenan

Pemanenan telah dapat dilakukan setelah daun terlihat sudah menguning dan gugur, buah menjadi kuning kecoklatan serta retak-retak/polong telah terlihat tua dengan batang berwarna kuning agak coklat dan gundul. Kedelai hitam dapat di panen setelah 75-100 hari dan kedelai hitam benih dibiarkan hingga berusia 100-110 hari. Potong tangkainya kemudian jemur hingga kering, polong akan merekah sendiri. Simpan biji kedelai hitam yang telah kering serta letakkan di tempat sejuk.

Jual Mulsa Harga Murah

* Ingin info lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargamulsaplastik

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Mulsa Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Sederhana Menanam Kedelai Hitam dengan Benar"

Posting Komentar