HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Begini Cara Budidaya Jamur Tiram Tanpa Ribet Untuk Pemula

Jual Mulsa Plastik untuk Tambak - Lim Corporation

Jamur tiram merupakan jenis jamur yang paling banyak di budidayakan petani, cita rasa yang tinggi menimbulkan kenikmatan tersendiri untuk mengkonsumsinya. Selain mempunyai rasa yang lezat, jamur tiram memang jenis yang paling laris di pasaran, permintaan pasar yang tinggi membuat para petani jamur untuk giat membudidayakannya. 

Untuk proses budidaya jamur tiram memang terlihat sangat sederhana, mulai dari media yang di gunakan, peralatan serta tempat atau lokasi dalam membudidayakan jamur tiram. Berbicara mengenai media, dalam budidaya jamur tiram terdiri dua media yaitu media tumbuh dan media tanam. 

Media tumbuh bisa menggunakan dan memanfaatkan limbah dapur, seperti serbuk gergaji dan jerami. Tentu hal tersebut tidak membutuhkan biaya yang tinggi namun tetap bisa menghasilkan jamur tiram yang berkualitas tinggi. Hal ini juga dapat menjadi alasan tersendiri mengapa budidaya jamur tiram bisa menjadi suatu peluang usaha yang sangat menguntungkan. 

Bila di tinjau dari segi ekonomis memang sudah tidak di ragukan lagi, memanfaatkan bahan sederhana namun menghasilkan kualitas barang yang tinggi. Media kedua yang digunakan yaitu media tanam sebenarnya ada banyak media tanam atau yang akrab di sebut baglog yang dapat di gunakan untuk proses budidaya jamur tiram, sebenarnya pembuatan baglog atau media tanam ini memang cukup memakan biaya, sehingga banyak dari petani yang berinovasi guna menghemat biaya dengan meniadakan media tanam atau baglog. 

Tetapi yang menjadi sebuah pertanyaan adalah bagaimana cara budidaya jamur tiram tanpa baglog ? Apakah cara tersebut dapat di gunakan untuk budidaya jamur tiram? Bagaimana jamur tiram yang dihasilkan ? Untuk menjawab pertanyaan itu akan kita uraikan sebagai berikut.


Budidaya jamur tiram tanpa baglog ini memang cukup memberikan keuntungan lebih bagi petani jamur. Mengapa demikian? Sebab tidak menggunakan baglog bisa menghemat biaya tetapi memberikan keuntungan yang relative lebih tinggi. Untuk itu, ada beberapa langkah untuk budidaya jamur tiram tanpa baglog yaitu sebagai berikut:
      
1. Siapkan Rumah Kumbung atau Rumah Jamur

Pembuatan rumah kumbung bisa dibuat dari semen dengan ukuran 4 m x 1 m. Lalu bak semen yang telah dibuat tadi disuci hamakan dengan cara melakukan penyemprotan formalin 1%. Kemudian taburkan air kapur, kondisi bak harus tetap bersih sehingga bak harus di tutup dengan plastik supaya kebersihannya tetap terjaga serta tujuan lainnya supaya terhindar dari udara terbuka. Hal tersebut di lakukan dalam kurun waktu sekitar 2 minggu sebelum penanaman di langsungkan.

2.  Pembuatan Media Tanam dan Sterilisasi

Pada dasarnya pembuatan media tanam pada proses budidaya jamur tiram tanpa baglog ini persis dengan proses budidaya jamur tiram dengan media baglog. Media tanam yang digunakan dalam proses budidaya jamur tiram tersebut adalah bekatul, serbuk gergaji, air dan polard. Setelah itu, media tanam yang telah tercampur tadi dimasukkan ke dalam karung plastik, setelah itu dilakukannya proses sterilisasi dengan menggunakan drum selanjutnya panaskan dengan suhu 100 derajat celcius dalam kurun waktu 10 jam.

3.  Penaburan Media Tanam dan Inokulasi

Setelah proses sterilasasi jamur tiram selesai maka tahap selanjutnya adalah penaburan media tanam, dimana media tersebut harus ditaburkan pada bak semen dengan ukuran ketebalan 20 cm , tetapi proses tersebut dilangsungkan pada bak semen jika media tanam telah dingin, namun sebelumnya ditaburkan bibit jamur tiram terlebih dahulu sampai bibit tersebut merata setelah itu baru taburkan media tanam yang sudah dingin tadi hingga merata juga. 

Budidaya jamur tiram tanpa baglog ini sangat menghemat biaya sebab tidak menggunakan plastik yang harganya lumayan mahal. Tetapi pada cara budidaya jamur tiram tanpa baglog ini media tanam harus diberi bibit tambahan supaya dapat merangsang pertumbuhan miselium jamur. Caranya yaitu dengan membuat lubang tanam yang berjarak 5 hingga 10 cm dari bak semen atau menyesuaikan kondisi bak, benamkan bibit lalu tutup kembali, dengan meratakannya dengan papan. 

Kemudian lapisi media tanam tersebut dengan Koran dan plastik. Koran diletakkan pada lapisan pertama yang bertujuan supaya kelembaban dapat terjaga dengan baik, sedangkan plastik pada lapisan kedua diatasnya supaya media tanam dapat tertutup dengan rapat, setelah itu letakkan batu bata di pinggirnya demi menjaga supaya media tenam tersebut tidak mudah lepas. Cek secara rutin, supaya budidaya jamur tiram yang kita lakukan terhindar dari hama dan kontaminasi bakteri yang dapat menyebabkan kegagalan dalam panen jamur.

Artikel Terkait:
4.  Inkubasi dan Pemanenan Jamur Tiram

Miselium akan tampak saat proses budidaya jamur tiram  tanpa baglog ini telah berlangsung dalam kurun waktu seminggu.  Oleh sebab itu, lubangi plastik pada media titik tanam yang telah kita buat tadi, supaya miselium dapat tumbuh dengan rata pada semua permukaan media tanam jamur. 

Langkah berikutnya yaitu pemanenan jamur, jamur telah siap panen jika sudah besar dan membentuk tudung, cara pemanenan jamur tiram tanpa baglog ini harus dengan langkah hati-hati, jangan sampai merusak miselium yang masih terus tumbuh serta berkembang lagi, dan oleh karena itu memetik jamur tiram dengan cara memutar batang setelah itu diangkat sedikit. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya media tetap utuh sementara jamur telah terlepas dari medianya . 

Budidaya jamur tiram tanpa baglog ini akan menghasilkan jamur tiram yang berukuran yang cukup besar sehingga dapat laku di pasaran.  Dari percobaan yang dilakukan memang hasil panen jamur tiram tanpa baglog ini sedikit lebih ringan dari pada budidaya dengan menggunakan baglog dapat di presentasikan jika menggunakan baglog sekali panen dapat mencapai 500 gram tetapi jika tanpa baglog mencapai 400 gram. 

Budidaya jamur tiram tanpa baglog memang sedikit lebih ringan, tetapi cara tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi, meski panen sedikit lebih ringan dari budidaya menggunakan baglog namun hal tersebut mampu di dongkrak dengan keuntungan yang lebih tinggi, mengingat modal serta biaya awal yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan baglog. 

Tentu hal ini cukup menguntungkan bukan? Ketika berbicara mengenai keuntungan yang lebih tinggi dalam hal perdangangan tentu cara ini lebih efektif untuk digunakan, modal yang sedikit keutungan besar namun hasil dan kualitas barang yang di hasilkan tetap baik dan berkualitas. Budidaya jamur tiram tanpa baglog lebih menguntungkan serta lebih hemat biaya, sebab itu tak ada salahnya untuk mencoba, meraih keuntungan dengan cara sederhana, modal tipis dan halal sangat menggiurkan bukan? 

Jual Mulsa Merk Montanna

* Ingin info lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargamulsaplastik

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Mulsa Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Cara Budidaya Jamur Tiram Tanpa Ribet Untuk Pemula"

Posting Komentar