HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Penasaran Gimana Cara Pemupukan Tanaman Cengkeh? Ini Dia!

Jual Mulsa Plastik Hitam Perak - Lim Corporation

Pemupukan yang baik guna cengkeh merupakan bila kita lakukan terhadap permulaan atau akhir musim penghujan. Pupuk yang baik mesti dengan pupuk kandang atau kompos. Cara pembubuhan pupuk yang baik tidak hanya di dekat batang pohon, namun di bawah mahkota daun, yaitu dengan membuat lubang (parit galian) tempat pupuk melingkari pohon, dengan cara ini berguna untuk mencegah akar terserang rayap.

Namun hal ini haruslah diawali dengan cara menanam cengkeh yang baik. Sehingga tanaman cengkeh akan tumbuh serta siap diberi pupuk. Selain itu, waktu pemberian pupuk serta cara membuat pupuk supaya tanaman cepat  berbuah juga penting untuk diperhatikan.

Setiap pohon untuk pemberian pupuk kandang sebanyak 30-60 kg. Tanaman cengkeh juga bisa di pupuk dengan urea, atau pupuk lain yang mengandung zat NPK. Pohon cengkeh yang di pupuk akan cepat berbuah jika dibandingkan dengan pohon cengkeh yang tidak di pupuk dan pohon cengkeh genjah (subur) akan berbuah sekitar usia 5 tahun.


Pemberian Pupuk
  1. Pemupukan dengan NPK dilakukan dengan takaran 10 gr/pohon/tahun atau dengan urea, SP-36 dan KCI dengan takaran masing-masing 3,5 gr/bibit/tahun.
  2. Pupuk tersebut di berikan setiap 3 bulan sekali sedangkan untuk yang di dalam polybag diberikan sekitar 1,5 bulan sekali.
  3. Pemberian pupuk kandang bertujuan guna meningkatkan jumlah hara yang bisa diserap oleh tanaman, diberikan setahun dua kali yaitu ketika awal musim hujan.
  4. Takaran pemupukan memakai pupuk kandang antara 5-10 kg/pohon.
  5. Jenis pupuk kandang terdiri dari kotoran sapi, kerbau atau kambing yang telah mengalami pelapukan.
  6. Tanaman cengkeh memiliki perakaran dengan akar rambut yang menyebar mulai dari pangkal batang hingga ke proyeksi tajuk terluar. Oleh sebab itu supaya pupuk yang diberikan dapat efektif serta efisien perlu dibagi menjadi dua, dua pertiga bagian diberikan pada alur dangkal sedalam 5-10 cm di sekeliling proyeksi tajuk terluar, setelah itu di tutup kembali dengan tanah. Sepertiga sisanya diberikan dengan cara disebar sekitar tajuk bagian bawah lalu di tutup tanah.
  7. Dan tidak banyak yang tahu bahwa sebetulnya tanaman cengkeh bisa dicangkok. Ada beberapa cara mencangkok cengkeh yang perlu Anda ketahui. Dengan mencangkok tentunya memiliki nilai tambahan tersendiri pada penanam cengkeh.

Waktu Pemberian Pupuk
  1. Pemberian pupuk usia tanaman 1 tahun urea 0,06 kg/pohon/tahun, TSP 0,05 kg/pohon/tahun serta KCI 0,035 kg/pohon/tahun ditambah dengan pupuk kieserit 0,035 kg/pohon/tahun dan kapur pertanian (dolomit) sebanyak 0,5 kg/pohon/tahun
  2. Untuk umur tanaman 3 tahun pemberian pupuk lebih banyak dibandingkan umur sebelumnya yakni urea sebesar 0,25 kg/pohon/tahun, TSP 0,15 kg/pohon/tahun serta KCI 0,12 kg/pohon/tahun ditambah dengan pupuk kiserit 0,1 kg serta dolomit 0,5 kg/pohon/tahun.
  3. Sedangkan untuk cengkeh yang telah berusia 6 tahun diberikan pupuk anorganik sebagai berikut, Urea 0,9 kg, TSP 0,6 kg, dan KCI 0,6 kg/pohon/tahun dan pupuk kiserit 0,25 kg/pohon/tahun.
  4. Usia tanaman 10 tahun di berikan pupuk urea 3 kg, TSP 0,8 kg serta KCI 2,0 kg serta pupuk kiserit 0,8 kg/pohon/tahun.
Tips:
  1. Jika diberikan saat dua periode pemberian pupuk pertama dilakukan awal musim hujan (september-oktober) serta kedua pada akhir musim hujan (maret-april).
  2. Siramkan Supernasa atau Nutrition dengan takaran 1 sendok makan per 10 liter air per pohon setiap 3-6 bulan sekali.
  3. Semprotkan Poc Nasa dengan takaran 3-4 + Hormonik takaran 1-2 pertangki setiap 1-2 bulan sekali hingga umur 5 tahun.
  4. Untuk tanaman cengkeh yang telah diproduksi atau berbuah gunakan Power Nutrition guna meningkatkan pembuahan. Pupuk organik Power Nutrition merupakan pupuk yang diformulasikan secara khusus guna merangsang pertumbuhan bunga dan meningkatkan pembuahan agar lebih optimal.
Cara pemakaiannya cukup mudah, dengan 3 sendok makan Power Nutrition dilarutkan ke dalam air lalu dicampurkan 1/2 tutup Aero 810 guna membantu peresapan nutrisi pada akar. Setelah itu siramkan di sekeliling perakaran tanaman. Lakukan pemupukan ini selama 3 bulan sekali guna mendapatkan hasil yang optimal.

Tips:

Pemberian pupuk cengkeh dewasa harus dilakukan selama 2 kali/tahun yakni sekitar 3-4 bulan ketika menjelang pembentukan bakal bunga saat awal musim kemarau serta 3 bulan sesudah pembentukan bakal bunga. Aplikasikan pupuk ini juga harus tepat serta sesuai, juga harus dikombinasikan dengan kebutuhan mikro yaitu Power Nutrition serta Supernasa supaya kebutuhan unsur makro serta unsur mikronya terpenuhi dan seimbang.

Artikel Terkait:
Penaburan

Takaran penggunaan: Taburkan 5 sendok makan 100 gr Pupuk Agrodyke cengkeh + 1 kg pupuk urea atau NPPK Pada setiap pohon cengkeh.

Arah : Galilah tanah dengan diberi jarak sekitar 10 cm di sekitar pohon cengkeh, kemudian taburkan secara merata ke dalam lubang tersebut lalu ditutup kembali dengan tanah supaya terhindar dari hujan.

Penyemprotan
Takaran penggunaan: Taburkan 5 sendok makan 100 gr pupuk agrodyke cengkeh dicampur dengan 15 liter air.

Arah : Semprotkan dari tanah, batang hingga cabang secara merata. Rapatkan handsprayer ketika waktu anda melakukan penyemprotan.

Durasi : Lakukan penyemprotan terhadap pohon cengkeh sebanyak 3 kali setahun (4 bulan sekali).

Jagalah pohon cengkeh anda meski hanya tersisa beberapa lembar daun saja, sebab bila disemprotkan dengan cairan agrodyke maka pohon akan berdaun serta sehat kembali. Serta bila menemukan hama apapun terhadap tanaman cengkeh anda, maka semprotkanlah cairan agrodyke (5 sendok makan + 15 liter air).

Cengkeh sendiri bisa dipanen mulai uisa tanaman 4,5 - 6,5 tahun. Untuk memperoleh mutu yang baik maka bunga cengkeh dipetik ketika matang petik, yaitu saat kepala bunga kelihatan telah penuh namun belum membuka. Matang petik setiap tanaman umumya tidak serempak serta pemetikan dapat diulangi setiap 10 – 14 hari selama 3 – 4 bulan.

Bunga cengkeh di petik pertanda tepat di atas buku daun yang terakhir. Bunga yang telah di petik kemudian dimasukkan ke dalam keranjang atau karung kecil serta dapat pula dibawa ke pengolahan. Menanam cengkeh serta merawatnya dengan baik dapat dikatakan sebagai ladang uang, sebab cengkeh termasuk tanaman penghasil uang banyak yang cukup mudah dibudidayakan. Pohon cengkeh harus dirawat dengan baik supaya bisa berbuah dengan baik.

Jual Mulsa Harga Pabrik

* Ingin info lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargamulsaplastik

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Mulsa Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penasaran Gimana Cara Pemupukan Tanaman Cengkeh? Ini Dia!"

Posting Komentar