HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Kiat-kiat Sukses Budidaya Bayam dengan Mulsa Plastik

Produsen Mulsa Plastik untuk Pertanian - Lim Corporation

Bayam termasuk salah satu jenis tumbuhan sayuran yang saat ini selalu dikonsumsi masyarakat dan paling banyak dibudidayakan oleh para petani. Bayam sendiri termasuk sayuran hijau yang sering ditemui di wilayah Indonesia ini.  Sama halnya seperti kentang, sayuran bayam ini dimanfaatkan sebagai sumber vitamin dan pemenuhan gizi yang bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit dan juga mampu menyehatkan badan serta meningkatkan energi dalam tubuh.

1. Persiapan Lahan

Pilihlah area lokasi yang mempunyai suhu kisaran 16-20 derajat celcius dan memiliki keadaan tanah yang subur serta sesuai dengan persyarata guna tumbuh bayam. Usahakan untuk tanah lahan tergolong tanah humus dan terhindar dari terpaan angin yang lumayan kencang. Gemburkanlah tanah lebih dulu menggunakan pacul maupun sekop dan campurkan pupuk organik saat proses penggemburan tanah sedang berlangsung, Buatlah bendengan-bedengan terhadap lahan tanam dengan menggunakan ukuran sekitar 100-200 cm dengan lebar sekitar 30 cm, sedangkan untuk tinggi dan panjangnya Anda hanya menyesuaikannya saja dengan ukuran panjang dari lahan tanam. Jangan lupa juga memberi jarak sekitar 30 cm untuk saluran drainase pada lahan tanam.

Baca Juga:
2. Menyiapkan Bibit

Apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin memperoleh sebuah benih unggul? Bila Anda hanya yang praktis dan lebih mudah, Anda dapat membeli bibit dari toko bibit tumbuhan maupun koprasi tani. Ketika membeli pastikan pula bila bibit dalam kondisi kering dan terbungkus secara rapih serta tak cacat sama sekali. Namun, bila Anda ingin mendapatkan bibit bayam merah dari bayamnya secara langsung, maka Anda perlu memilih bunga bayam yang benar-benar sudah tua. Setelah itu, jemurlah bunga bayam tersebut di panas matahari penuh dan pisahkan biji-bijinya.

3. Penyemaian Bibit

Selanjutnya, untuk tahap berikutnya Anda disarankan untuk mengerjakan tahap penyamaian, adapun tahapan penyemaian yaitu siapkan dulu media semai berupa tray semai atau juga bila Anda tidak memilikinya Anda dapat menggunakan plastik polybag. Campurkan bahan-bahan seperti tanah, pupuk organik, dan sekam dengan perbandingan sekitar 2: 1: 1 dengan merata. Isikan tray semai atau juga polybag Anda dengan campuran tanah tersebut. Kemudian tebarkan bibit bayam di atas tray semai atau polybag tadi dan tutup dengan tanah campuran secara tipis. Setelah siram merata menggunakan metode spray tiap hari sebanyak 2x sehari saat pagi serta sore hari. Taruh ditempat yang nampak agak teduh. Untuk penyiraman pastikan pula bila tanah lembab tetapi jangan sampai terlalu basah.


4. Penanaman Bibit

Setelah bibit bertunas serta memiliki ukuran 3-6 cm jadi bibit tersebut sudah dapat ditanamkan, cara penanamanya juga tak terlalu rumit atau sulit, berikut inilah tahapan-tahapan yang perlu diperhatikan untuk penanaman adalah pertama perhatikan semua bibit yang telah bertunas serta pakailah bibit dengan keadaan yang baik saja. Buatlah beberapa lubang tanam menggunakan sekop kecil dengan jarak sekitar 10-15 cm tiap lubangnya. Pastikan pula lubang tak begitu kecil dan tak begitu besar, cukup untuk menanam bibit bayam tersebut.

Ambillah bibit bayam dari tray semai atau polybag tadi secara perlahan saja dan hati-hati jangan sampai akarnya menjadi rusak. Kemudian goyangkan sedikit demi sedikit agar tanah yang melekat agak terbuang dan masukkan bibit bayam ke dalam area lubang tanam. Tutuplah lubang tanam menggunakan tanah campuran pupuk secara tipis saja setelah itu dipadatkan agar tanaman mampu berdiri tegak dan kokoh. Anda juga dapat melapisi tanah bedengan menggunakan mulsa plastik yang ukurannya gelap untuk mencegah gulma jadi Anda tidak perlu mengerjakan penyiangan secara berlebih.

Mulsa plastik sendiri sangat pas serta cocok digunakan untuk budidaya tanaman dengan sistem bendangan. Mulsa plastik yang umum digunakan yaitu yang berwarna hitam perak, karena jenis ini sangat berguna sekali guna menunjang pertumbuhan serta perkembangan tanaman. Mulsa plastik biasa dipasangkan secara memanjang, serta bagian atasnya adalah bagian mulsa yang berwarna perak dan dalamnya adalah warna hitam. Kedua warna tersebut juga mempunyai fungsi tersendiri yang sangat dibutuhkan oleh tanah maupun tanaman. Dengan plastik mulsa, maka tanaman bayam Anda akan terjaga tingkat suhu di perakarannya serta hindarilah dari bahaya hama yang kerap mengancam bayam Anda.


5. Perawatan & Pemeliharaan

Agar bayam tumbuh secara subur, maka perawatan seperti contohnya penyiraman serta pemupukan harus dikerjakan secara teratur. Tanaman bayam pun juga butuh membutuhkan pestisida agar terhindar dari hama ulat ataupun hama daun, serta beberapa penyakit seperti rebah kecambah, busuk daun, serta karat putih. Harus Anda ketahui, tanaman bayam bakal tumbuh lebih cepat ketika musim penghujan.
  • Proses Penyiraman
Untuk tahap penyiraman, Anda lebih dianjurkan untuk menyiram bayam merah sebanyak 2x dalam sehari yakni saat pagi serta sore menggunakan air yang telah dicampur pupuk cair sekitar 1 minggu setelah masa tanam agar tanaman tumbuh subur. Setelah itu Anda dapat memulai penyiraman menggunakan air biasa hingga masa panen sudah datang.
  • Proses Pemupukan
Bayam sendiri tak beda dengan tanaman sayuran lain, maka bayam pastinya juga membutuhkan pupuk. Untuk pemupukan, kerjakanlah pemupukan selama 2-3 minggu sekali dengan memakai pupuk kompos maupun pupuk kandang. Sembari memupuk, Anda juga harus mengerjakan penyiangan disekeliling lahan tanam serta sedikit menggemburkan tanah di area lahan tanam supaya pupuk gampang untuk diserap akar bayam.

6. Cara Pemanenan

Setelah menunggu lumayan lama, sekarang saatnya tiba waktunya untuk panen. Perhatikan terlebih dahulu bayam yang siap panen memiliki ciri daun yang banyak dan mempunyai ukuran besar yang sama. Perhatikan juga tinggi tanaman, bayam yang siap untuk panen memiliki tinggi berkisar 20-30 cm. Ada begitu banyak cara dalam memanen bayam ini, Anda dapat langsung saja hingga akar maupun cuma memetik beberapa daunnya. Jika Anda mencabutnya pastikan Anda mencabut secara pelan serta hati- hati agara tak merusak tanaman yang lainnya. Agar lebih awet dan juga terjaga kesegarannya, pangkas akar tanaman serta semprotlah dengan sedikit air.

Produsen & Distributor Mulsa Plastik
* Ingin info lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargamulsaplastik

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Mulsa Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kiat-kiat Sukses Budidaya Bayam dengan Mulsa Plastik"

Posting Komentar