HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mari Mengamati Cara Menanam Tembakau dengan Baik & Benar

Jual Mulsa Plastik Hitam Perak  - Lim Corporation

Tembakau merupakan salah satu jenis produk pertanian yang termasuk dalam komoditas perkebunan. Tembakau ini  biasanya digunakan sebagai bahan baku rokok serta cerutu. Bagian tumbuhan tembakau yang dimanfaatkan adalah bagian daunnya. Terdapat beberapa spesies yang ada dalam nikotiana yang disebut dengan tembakau, diantaranya adalah Nicotiana tabacum.

Tembakau merupakan tumbuhan yang mengandung jumlah nikotin tertinggi dibandingkan dengan tanaman lain.  Walaupun begitu, tembakau tidak mengandung senyawa tropan alkaloida yang beracun terhadap manusia. Daerah penghasil tembakau di Indonesia, di daerah diantaranya Klaten, Sleman, Boyolali, Madura, Temanggung, dan lain sebagainya.

Cara Budidaya Tanaman Tembakau

Berikut inilah cara penanaman serta pembudidayaan tembakau di bawah ini.

1. Syarat Tumbuh

Tembakau mampu tumbuh dengan baik terhadap tempat yang beriklim tropis yang mempunyai suhu sekitar 21°C – 27°C, mempunyai curah hujan rata-rata sekitar 1500 - 2000 mm per tahun, serta mempunyai kelembaban udara sekitar 50%-70% dan mendapat sinar matahari penuh.

Tanah yang baik untuk menanam tembakau adalah tanah yang bertekstur liat beroasir, gembur, remah, serta mempunyai drainase yang baik dan mempunyai derajat keasaman atau pH sekitar 5.5-6.5.


2. Persiapan Lahan Tanam Tembakau

Tembakau mampu tumbuh dengan baik di lahan tegalan dan lahan persawahan yang mempunyai drainase yang baik. Lahan yang akan digunakan untuk budidaya dibersihkan terlebih dahulu dari tanaman pengganggu ataupun gulma. Kemudian, tabah pada lahan digemburkan dengan memakai bajak atau cangkul dengan kedalaman sekitar 20-30 cm kemudian diratakan kembali. Selanjutnya, buatlah bedengan dengan ukuran sekitar 120 cm x 10 cm dengan jarak antar bedengan sekitar 50 cm.

3. Persiapan Benih Tembakau

Pilihlah varietas benih tembakau yang berkualitas tinggi, bentuk dan warnanya seragam, mempunyai dayat tumbuh sekitar 85%, toleran terhadap hama serta penyakit dan tentunya yang mempunyai hasil produksi yang tinggi.

4. Persemaian Benih Tembakau

Setelah benih siap, berikutnya lakukan persemaian benih. Tetapi sebelumnya, buatlah lahan semai berupa bedengan dengan ukuran sekitar 1-2 meter untuk lebarnya, 50-80 cm untuk tingginya dan sekitar 5-6 meter untuk panjangnya kemudian beri naungan dari plastik transparan supaya bibit nantinya terkena sinar matahari secara langsung.

Setelah 5 hari atau seminggu setelah media semai dibuat, setelah itu taburkan benih pada bedengan. Lakukan penyiraman dengan menggunakan gembor setiap pagi dan sore hari. Setelah bibit berumur sekitar 35-50 hari, maka bibit dapat dipindah tanamkan ke lahan tanam.

5. Penanaman Tembakau

Penanaman tembakau dilakukan saat awal musim penghujan atau akhir musim kemarau. Waktu penanaman tersebut ialah dilakukan selama sore hari guna menghindarkan bibit layu sebab sinar matahari yang berlebih.

Tembakau ditanam dengan mengguanakan sistem pagar ganda dengan kedalamam tanam sebatas pangkal batang. Biasanya pola tanam yang digunakan oleh banyak petani Indonesia adalah menggunakan jarak tanam sekitar 100 cm x 50 cm atau 100 cm x 45 cm dengan populasi bibit 33.000 per hektar lahan.

Artikel Terkait:
6. Pemeliharaan Tanaman Tembakau

Penyulaman
Lakukanlah penyulaman atau penggantian tanaman yang mati atau tumbuhan yang tidak tumbuh dengan baik. Penyulaman ini dilakukan kurang dari 5-7 hari setelah tanam.
Penyiraman
Lakukan penyiraman sampai tanaman berumur sekitar 30-45 hari setelah tanam dengan cara menyiram pada pagi dan sore hari supaya media tanam tetap lembab.
Penyiangan
Lakukanlah penyiangan pada tanaman pengganggu yang ada disekitar tanaman tembakau dengan cara menggunakan koret ataupun bisa juga menggunakan pestisida.
Pembubunan
Lakukan pembubunan, ini bertujuan guna menggemburkan tanah dengan cara menaikan tanah yang longsor akibat penyiraman ke tanaman.
Pemupukan
Lakukanlah pemupukan sebanyak 3 kali selama masa tanam yaitu pada 7-10 hst, 20-25 hst, dan 40-45 hst. Pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk organik seperti pupuk kompos atau pupuk anorganik seperti Urea, TSP dan KCl. Pemberian pupuk tersebut dilakukan dengan cara dimasukkan ke dalam lubang atau dengan cara tugal disekitar tanaman tembakau.

7. Pemanenan Tembakau

Pemanenan tembakau untuk pertama kali bisa dilakukan pada 60-70 hari setelah tanam. Pemanenan tersebut dilakukan dengan cara memetik daunnya. Supaya mendapatkan kadar pati yang tinggi, pemetikan tembakau dilakukan saat sore hari.

Jual Mulsa Plastik untuk Pertanian

* Ingin info lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargamulsaplastik

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Mulsa Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mari Mengamati Cara Menanam Tembakau dengan Baik & Benar"

Posting Komentar