HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Menganalisis Cara Budidaya Hidroponik Sistem Pasang Surut

Jual Mulsa Plastik Harga Murah - Lim Corporation

Sistem Hidroponik pasang surut atau dikenal dengan nama Ebb and Flow atau Flood and Drain System. Sistem ini cukup populer dipakai pada mereka para penanam hidroponik rumahan disebabkan ada beberapa alasan. Salah satunya ialah sistem ini mudah guna dibuat serta diimplementasikan di ladang sempit sekalipun. Guna melancarkan teknik hidroponik sistem pasang surut (Ebb and Flow System) Anda dapat menggunakan bahan apa saja yang ada, jadi Anda tidak harus mengeluarkan banyak uang guna menanam tanaman hidroponik. Sistem ini juga dapat dibuat sedemikian rupa disesuaikan dengan lahan yang Anda punya baik di ladang tanam indoor ataupun outdoor, serta tidak ada batasan guna berkreatifitas dan membuat perbedaan saat Anda ingin membuatnya. Lalu bersamaan dengan kemurahan serta kemudahannya guna dibuat, tanaman yang ditanam dengan menggunakan sistem pasang surut akan tumbuh lebih sehat serta lebih baik dibandingkan dengan sistem lain.

Baca Juga:
Tahapan proses teknik hidroponik sistem pasang surut (Ebb and Flow System) tidak jauh berbeda dengan namanya, seperti dengan cara mengaliri sistem akar tanaman pada larutan kaya nutrisi, yang dilakukan berdasakan ukuran periode tertentu. Lalu mengenai bagaimana sistem pasang surut ini bekerja sebenarnya sangat sederhana. Bagian utama dari sistem pasang surut ini ialah menahan serta menyuplai air pada wadah dari tanaman yang Anda tumbuhkan. Anda dapat menanam satu tanaman saja, ataupun lebih dari satu dengan menempatkan tanaman serta wadahnya didalam bentuk beberapa seri. Setelah itu Sebuah Timer (pengatur waktu) perlu disematkan serta dinyalakan pada pompa air, dan selanjutnya larutan nutrisi dipompa melalui selang dari reservoir kebagian atas, bagian utama sistem dengan menggunakan pompa air akuarium. Larutan nutrisi secara terus menerus akan mengaliri sistem ini sampai aliran ini mencapai batasan tertinggi dari kapasitas daya tampung sistem utama untuk merendam bagian akar tanaman hidroponik dengan larutan kaya nutrisi yang dialirkan tadi.

Lalu setelah aliran air mencapai batas tinggi atau meluap, air akan disurutkan kembali ke bagian bawah yaitu reservoir, tempat dimana air tersebut akan bersirkulasi menuju sistem kembali. Tabung overflow (luap) mengontrol tingkat batas tinggi air dari sistem pasang surut ini, sebagai alat guna memastikan larutan nutrisi tidak akan keluar bersamaan pada air yang meluap ke bagian atas sistem ketika pompa air masih menyala. Saat pompa dimatikan, maka pipa penyedot air kembali mengalirkan air ke reservoir melewati pompa dengan gaya gravitasi sistem surut.


Alat dan Bahan yang Anda butuhkan guna membuat hidroponik sistem pasang surut:
  • Sebuah wadah guna akar tanaman tumbuh.
  • Sebuah wadah guna reservoir untuk menampung larutan nutrisi.
  • Sebuah pompa air mancur selam.
  • Sebuah timer guna menyalakn dan mematikan pompa air.
  • Beberapa meter selang atau tabung penyalur air guna mengairi air dari pompa di reservoir ke sistem yang akan dialiri.
  • Sebuah tabung pengukur banjir guna mengatur ketinggian air yang meluap.
  • Beberapa macam media tanam.
Sebenarnya ada banyak cara guna membuat sistem hidroponik pasang surut atau sistem Ebb and Flow ini, serta sistem hidroponik jenis ini sangat bagus guna menumbuhkan tanaman yang berukuran kecil sampai berukuran sedang. Justru dapat juga didesain guna menumbuhkan tanaman yang berukuran lebih besar dengan desain sistem yang tentunya lebih besar pula. Anda dapat menggunakan bahan apa saja pada membuat sistem ini seperti pipa, tabung, ember, kotak penyimpanan, botol air, botol berkapasitas 2 liter, sebuah peti Es bekas, tong sampah dan lain sebagainya. Sebaiknya seluruh jenis bahan yang dapat menahan debit air tentu akan mudah digunakan. Imaginasi pada pembuatan sistem ini bukan hanya sampai disitu, namun ada banyak cara juga guna membentuk sistem pengairan pasang surut akar. Dibawah ini ialah beberapa contoh dari tiga jenis sistem pasang surut yang umum dipakai pada para penanam hidroponik. Tetapi sebelum mengulas tiga jenis sitem pasang surut ini maka ada baiknya Anda memperhatikan dua tips berikut dibawah ini:

1. Pastikan ada celah udara terhadap bagian atas overflow supaya saat sistem berjalan air tidak meluap keluar sistem. Cocokkan sebuah pipa penyambung “T” dengan kawat penyambung dengan jarak beberapa inci dari bagian atas air yang berfungsi guna mengatur sistem hidroponik pasang surut ini. Hal ini berguna untuk menghindari pembentukan kantung udara didalam sistem serta guna memastikan bahwa aliran pasang surut sitem dapat berjalan dengan baik.

2. Pastikan tabung overflow lebih besar dari tabung air yang tersambung ke pompa air. Disebabkan air perlu mengalir dengan gaya gravitasi, serta air yang datang itu berasal dari tekanan yang dibuat pada pompa air, Anda dapat mengalirkan banyak air dengan pompa tersebut serta mengurangi air yang di surutkan pada tabung overflow tadi. Serta hal itu akan membuat air yang ada secara otomatis disurutkan serta dipisahkan dari bagian atas sistem, ketimbang Anda perlu mengurangi volume tekanan air dengan pompa air yang secara otomatis akan membuatnya lebih susah lagi. Jadi harus manfaatkan gaya gravitasi tersebut.


Ada Dua Tipe Utama Dari Sistem Hidroponik Pasang Surut

1. Tipe Desain Wadah Penampan Berseri
Tipe pengaturan ini biasanya dipakai guna sistem hidroponik pasang surut yang memerlukan banyak wadah penampan guna menanam tanaman dalam jumlah banyak didalamnya, lalu wadah penampan tersebut disirami (dialiri) air secara bersamaan. Perlu diingat bahwa sistem dengan wadah tanaman yang dialiri seperti ini posisinya perlu berada diatas reservoir, seperti halnya gelas yang berada diatas sebuah bangku. Sebab dengan itu air mampu mengalir kembali ke reservoir dengan bantuan gaya gravitasi sederhana, serta sistem surut pun bisa berjalan dengan lancar.

2. Tipe Desain Wadah Penampan Banjir
Tipe Desain Wadah penampan yang dibanjiri pada sistem pasang surut ini yaitu jenis pengaturan yang sangat bermanfaat guna menanam tanaman hidroponik didalam penampan secara sementara, atau tanaman perlu sering dipindahkan. Penanaman tanaman dengan tipe ini dapat diimplementasikan di sebuah taman besar. Berbeda halnya pada sistem dengan wadah penampan berseri, metode ini cuma mengaliri satu wadah penampan saja. Biasanya wadah tersebut berbentuk balok atau persegi panjang yang diatur serta disimpan diatas sebuah meja. Wadah Reservoir dari setup ini terletak tepat dibawah panampan tanaman dengan akses air yang sangat mudah.

Produsen Mulsa Plastik Surabaya
* Ingin info lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargamulsaplastik

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Mulsa Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menganalisis Cara Budidaya Hidroponik Sistem Pasang Surut"

Posting Komentar