HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Inilah Jenis-jenis Rumput yang Cocok Untuk Pakan Peternakan

Jual Mulsa Plastik Best Quality - Lim Corporation

Dalam dunia peternakan, rumput termasuk salah satu makanan hijauan yang ternak yang sangat penting apalagi bagi ternak ruminansia yakni sapi, kerbau, kambing serta domba. Biasanya rumput yang memiliki kandungan serat kasarnya sangat berperan guna menjaga kesehatan serta fungsi rumen ternak. Keberadaan serat terhadap hijauan pakan (selulosa dan hemiselulosa) telah menjadi sumber energi untuk mikroba rumen.

Jenis rumput yang diperlukan untuk pakan ternak biasanya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  • Memiliki palatabilitas yang baik
  • Dipanen terhadap usia yang tidak terlalu tua (sebelum berbunga) guna mendapatkan nilai gizi yang tinggi
  • Berwarna hijau, daun halus, merunduk, melengkung serta mudah rebah
  • Batang lebih gemuk, mengkilap serta kalau ditekan maka akan mengeluarkan cairan
  • Pada komponen pakan ternak ruminansia, hijauan sering mendapat porsi yang terbanyak guna diberikan yakni sekitar 60-100%. Di antara seluruh jenis hijauan tersebut, ada yang mengandung nutrisi tinggi, mudah dibudidayakan, dan mempunyai biomassa yang tinggi.
Berikut ini adalah beberapa jenis rumput yang selalu digunakan sebagai pakan ternak, yaitu sebagai berikut:

Indigofera

Indigofera termasuk salah satu kelompok leguminosa pohon. Kini Indigofera sudah difungsikan buat bahan pakan ternak ruminansia termasuk kambing serta sapi. Leguminosa pohon ini mempunyai prodiktivitas yang tinggi serta kandungan protein yang cukup baik.


Rumput Raja/King Grass

Rumput raja adalah sumber serat kasar terhadap ternak yang kandungannya mencapai sekitar 32,6%. Rumput ini memlikiki kandungan protein kasarnya yang cukup tinggi yakni mencapai sekitar 15,67%. Rumput raja merupakan jenis tanaman perenial yang membentuk rumpun, daya adaptasi yang baik di daerah tropis, serta tumbuh yang baik terhadap tanah yang tidak terlalu lembab.

Rumput Gajah

Rumput ini memiliki sumber serat kasar serta energi. Kandungannya mencapai sekitar 34,2% serta protein 10,2%. Di negara Indonesia produksi segar rumput gajah jenis hawaii mencapai sekitar 277 ton/ha/tahun (36 ton/ha/tahun bahan kering).

Rumput Odot

Rumput odot adalah sebuah rumput unggul yang berasal dari Philipina, sebab rumput ini memiliki produksi yang cukup tinggi. Selain itu ia menghasilkan banyak anakan, memiliki akar kuat, batang yang tidak keras serta mempunyai ruas-ruas daun yang banyak juga struktur daun yang muda sehingga sangat disukai pada ternak. Meskipun rumput ini lebih pendek yakni sekitar 1-1,5 m, tetapi jumlah anakannya lebih banyak yaitu sekitar 20-30 batang/rumpun.
Gamal

Kandungan protein kasar yang dimiliki daun gamal ini sekitar 18-24%. Gamal tidak direkomendasikan pemberiannya dengan jumlah yang banyak, dikarenakan kandungan serat kasarnya yang rendah serta bisa menyebabkan kembung. Gamal bisa diberikan dalam ransum ternak sapi maksimal 10% dari komposisi.


Rumput Signal/Rumput BD

Rumput BD baik digunakan untuk rumput gembala sebab lebih tahan injakan, pertumbuhannya cepat, tahan dengan kekeringan, toleran pada lahan kritis, serta cocok ditanam didaerah tropis. Kandungan serat kasarnya sekitar 30-35%, serta protein kasar sekitar 6-10%. Guna mempermudah terhadap pemberian pakan rumput sebagai ternak ruminansia, seharusnya rumput wajib dicacah dahulu dengan memakai mesin pencacah rumput agar ukurannya menjadi lebih kecil sehingga makin gampang dicerna terhadap ternak.

Yang harus dipahami ialah, ternak ruminansia yang mengkonsumsi hijauan lebih tinggi akan menghasilkan kandungan conjugated linole acid (CLA) terhadap daging serta asam lemak terhadap susu lebih tinggi dan juga trans fatty acid (TFA) susu lebih rendah sehingga produk lebih sehat buat dikonsumsi.

Jual Mulsa Plastik Harga Pabrik
* Ingin info lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargamulsaplastik

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Mulsa Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Jenis-jenis Rumput yang Cocok Untuk Pakan Peternakan"

Posting Komentar