HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Fase Pertumbuhan Tanaman

Jual Mulsa Plastik Hitam Perak - Lim Corporation

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan maupun perkembangan tanaman secara garis besar bisa dibedakan menjadi dua, ialah faktor internal maupun faktor eksternal. Kedua faktor tersebut mempunyai peran masing-masing pada proses pertumbuhan maupun perkembangan tanaman. Berikut ini merupakan uraian kedua faktor ini untuk mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan tanaman.

Baca Juga:
Faktor Internal

1. Gen 

Gen termasuk substansi pembawa sifat yang diturunkan pada induk ke generasi berikutnya. Gen mempengaruhi ciri maupun sifat makhluk hidup dimana pada tanaman mempengaruhi bentuk tubuh, warna bunga, serta rasa buah. Gen juga menentukan kemampuan metabolisme sehingga sangat mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan tanaman tersebut. Tanaman yang mempunyai gen tumbuh yang baik akan tumbuh dan berkembang cepat sesuai pada periodenya.

Walaupun faktor dari gen sangat penting, rupanya faktor ini bukanlah satu-satunya yang menentukan pola pertumbuhan maupun perkembangan tanaman. Di samping itu ada pula faktor lingkungan yang ikut berpengaruh. Misalnya saja pada tanaman yang mempunyai sifat unggul, cuma bisa tumbuh dengan cepat, berbuah lebat, serta rasanya manis di lahan yang subur maupun kondisinya sesuai. Kalau ditanam di lahan tandus serta kondisinya tidak sesuai, maka pertumbuhan maupun perkembangan tanaman ini tidak akan optimal.


2. Hormon 

Hormon adalah zat yang berperan untuk mengendalikan berbagai fungsi yang ada di dalam tubuh. Walaupun jumlahnya sedikit, hormon memberikan pengaruh nyata dalam pengaturan berbagai proses yang ada di dalam tubuh. Hormon yang mempengaruhi pertumbuhan maupun perkembangan pada tanaman ada beragam jenisnya, yaitu sebagai berikut:
  • Auksin, berperan sebagai memacu proses pemanjangan, pembelahan, serta diferensiasi sel.
  • Giberlin, berperan pada pembentukan biji serta perkembangan maupun perkecambahan embrio.
  • Etilen, berperan guna pematangan buah maupun perontokan daun.
  • Sitokinin, berperan bagi pembelahan sel ataupun sitokenesis, yakni merangsang pembentukan akar serta cabang tanaman.
  • Asam absisat, berperan pada proses penuaan maupun gugurnya daun.
  • Kaolin, berperan pada proses organogenesis tanaman.
  • Asam traumalin, berperan guna regenerasi sel jikalau mengalami kerusakan jaringan.
Faktor Eksternal

1. Nutrisi

Nutrisi adalah bahan baku serta sumber energi yang ada dalam proses metabolisme tubuh. Kualitas maupun kuantitas nutrisi akan mempengaruhi pertumbuhan maupun perkembangan tanaman. Tanaman memerlukan nutrisi berupa air maupun zat hara yang terlarut dalam air. Melewati proses fotosintesis, air maupun karbon dioksida diubah menjadi zat makanan. Zat hara tidak berperan langsung pada proses fotosintesis, akan tetapi sangat diperlukan supaya tanaman bisa tumbuh serta berkembang dengan baik.

2. Cahaya Matahari

Cahaya berpengaruh bagi pertumbuhan maupun perkembangan makhluk hidup. Tanaman sangat memerlukan cahaya matahari sebagai fotosintesis. Tetapi keberadaan cahaya rupanya bisa menghambat pertumbuhan tumbuhan sebab cahaya bisa merusak hormon auksin yang terdapat bagi ujung batang.


3. Air dan Kelembaban

Air maupun kelembaban termasuk faktor penting bagi pertumbuhan maupun perkembangan. Air sangat diperlukan pada makhluk hidup. Tanpa air, makhluk hidup tidak bisa bertahan hidup. Air termasuk tempat berlangsungnya reaksi-reaksi kimia yang ada di dalam tubuh. Kelembaban mempengaruhi keberadaan air yang bisa diserap bagi tanaman untuk mengurangi penguapan. Kondisi ini sangat mempengaruhi sekali bagi pemanjangan sel. Kelembaban juga penting sebagai mempertahankan stabilitas bentuk sel.

4. Suhu

Suhu mempunyai pengaruh nyata bagi pertumbuhan maupun perkembangan tanaman. Misalnya untuk padi yang ditanam dikala awal musim kemarau dimana suhu rata-rata tinggi akan lebih cepat dipanen ketimbang padi yang ditanam waktu musim penghujan dimana suhu rata-rata lebih rendah. Hal ini diakibatkan sebab seluruh proses dalam pertumbuhan maupun perkembangan yakni penyerapan air, fotosintesis, penguapan, serta pernapasan bagi tanaman dipengaruhi pada suhu.

5. Tanah

Tanah berpengaruh bagi pertumbuhan serta perkembangan untuk tanaman. Tanaman akan tumbuh kemudian berkembang dengan optimal jika kondisi tanah tempat hidupnya sesuai pada kebutuhan nutrisi maupun unsur hara. Kondisi tanah ditentukan pada faktor lingkungan lain, misalnya seperti suhu, kandungan mineral, air, dan derajat keasaman atau pH.

Jual Mulsa Plastik Merk KUDA
* Ingin info lengkap mengenai harga Mulsa Plastik silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargamulsaplastik

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Mulsa Plastik atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya, untuk menutupi bedengan atau untuk menjaga buah tidak atau mengenai tanah atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Fase Pertumbuhan Tanaman"

Posting Komentar