HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

6 Fakta Mengejutkan dari Pohon Bambu, Ternyata Lebih Kuat dari Besi!

Produsen & Distributor Mulsa Plastik - Lim Corporation

Pohon bambu bukanlah tanaman yang asing buat masyarakat Indonesia. Mungkin di sekitar rumahmu ada pohon ini. Bahkan konon di zaman dulu rakyat Indonesia pernah mengusir penjajah dengan memakai bambu runcing.

Baca Juga : 
Tetapi kamu mungkin gak tahu bahwa tanaman yang kelihatannya biasa-biasa saja ini ternyata punya sejumlah fakta hebat lho. Gak percaya? Ayo cek lima fakta tentang pohon bambu berikut ini.

1. Tanaman yang tumbuh paling cepat

Sebuah spesies bambu memegang rekor dunia sebagai tanaman yang paling cepat tumbuh di dunia. Kecepatannya ialah 35 inci ataupun sekitar 89 cm per hari. Artinya pohon bambu tersebut dapat tumbuh sepanjang nyaris 4 cm hanya dalam satu jam saja!

Selain itu, pohon bambu juga dapat tumbuh sampai sangat tinggi. Pohon bambu tertinggi yang pernah tercatat ialah spesies Dendrocalamus giganteus alias bambu raksasa Asia, yang dapat tumbuh hingga setinggi 50 meter. Wow!

2. Lebih kuat dari besi dan beton

Soal massa jenis, bambu memang kalah dari besi. Bambu juga mudah terbakar, tidak seperti besi. Tetapi ada satu aspek yang membuat bambu lebih kuat dari besi, yakni dalam hal kekuatan tarik ataupun tensile strength.

Artinya, bila sebatang bambu serta sebatang besi dengan diameter yang sama ditarik dengan gaya yang sangat besar, maka besi akan lebih dahulu patah daripada bambu. Selain itu, bambu juga lebih kuat dari beton lho, yakni dalam hal menahan hantaman. Wah, luar biasa ya!

3. Memproduksi lebih banyak oksigen daripada pohon lain

Masih ada lagi karakteristik bambu yang membuatnya pantas disebut salah satu tumbuhan terhebat, yakni soal produksi oksigen. Produksi oksigen pohon bambu ternyata 35 persen lebih banyak ketimbang pohon berkayu lain. Nah, jadi kalau mau udara bisa udara yang sejuk, menanam pohon bambu di sekitar rumah dapat jadi pilhan yang bagus lho.


4. Secara alami anti bakteri

Tahukah kamu bahwa bambu juga dapat dijadikan bahan pakaian? Ya, serat bambu dapat dibuat menjadi benang serta digunakan buat membuat kain serta pakaian. Kedengarannya mungkin aneh, tetapi ternyata pakaian yang terbuat dari serat bambu punya keunggulan tersendiri.

Bambu secara alami mempunyai anti bakteri. Maka pakaian yang terbuat dari serat bambu tentu lebih tahan bakteri sehingga tidak cepat bau serta tidak perlu terlalu sering dicuci. Penggunaan lain yang cocok ialah buat membuat perban anti bakteri, sehingga dapat menutup luka tanpa khawatir terjadi infeksi.

5. Bisa dimakan

Seakan masih belum cukup, bambu juga punya kelebihan lain: bisa dimakan. Tunas bambu muda ataupun biasa disebut rebung ialah jenis sayuran yang biasa diolah serta disantap di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Rebung termasuk makanan yang sehat sebab rendah kalori, mengandung serat serta vitamin dan mineral.

Dan bukan cuma manusia, kamu tentu tahu bahwa ada juga hewan yang menjadikan bambu sebagai santapan, yakni panda. Hewan imut khas negara Tiongkok itu dapat makan hingga lebih dari 30 kg bambu setiap harinya. Waduh, rakus juga ya.

6. Punya banyak kegunaan bagi manusia

Dengan sejumlah kelebihan tadi, gak heran kalau bambu punya cukup banyak kegunaan untuk manusia. Contohnya, bambu sekarang mulai digunakan buat membikin rangka sepeda. Rangka sepeda dari bambu jauh lebih ringan tetapi jauh lebih kuat ketimbang rangka besi.

Di bidang konstruksi, bambu pun cukup berguna. Pohon-pohon berkayu lain biasanya perlu waktu yang puluhan tahun hingga siap ditebang, serta reboisasinya akan memakan waktu yang sama banyaknya. Sedangkan bambu hanya perlu waktu 3 sampai 5 tahun hingga dewasa, serta sesudah ditebang pun akan tumbuh kembali dalam waktu cepat.

Nah, itulah enam fakta hebat tentang pohon bambu. Ternyata pohon yang banyak tumbuh di Indonesia ini memiliki banyak kelebihan serta kegunaan ya. Gimana, kamu tertarik buat menanam pohon bambu di dekat rumahmu?

Produsen Plastik Mulsa

Mulsa plastik adalah lembaran plastik penutup lahan budidaya tanaman yang bertujuan untuk melindungi permukaan tanah dari erosi, menjaga kelembaban dan struktur tanah, serta menghambat pertumbuhan gulma. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargamulsaplastik

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Fakta Mengejutkan dari Pohon Bambu, Ternyata Lebih Kuat dari Besi!"

Posting Komentar