HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Kemampuan IT Menjadi Kunci Kemajuan Di Bidang Pertanian 4.0

Produsen & Distributor Mulsa Plastik - Lim Corporation

Era industri 4.0 telah di depan mata serta tidak dapat dihindari lagi. Oleh sebab itu, penguasaan kemampuan IT (informasi teknologi) jadi kunci, terutama buat para tenaga penyuluh pertanian.

Baca Juga : 
Kepala Badan Penyuluhan serta Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa inovasi teknologi berikut sumber daya manusia serta infrastruktur menjadi faktor penting dari efisiensi serta daya saing di sektor pertanian.

“Inovasi teknologi tersebut bisa diimplementasikan di lapangan sehingga dibutuhkan SDM yang andal, profesional, serta berdaya saing pada teknologi. Di situlah tugas penyuluh,” tegasnya.

Menurut Dedi, tenaga penyuluh pertanian perlu meningkatkan kemampuan diri (upgrade) dalam bidang informasi teknologi (IT) serta penerapan teknologinya.

“Jadi mau tidak mau ataupun suka tidak suka, penyuluh harus masuk ke era 4.0 yang kini telah menghasilkan teknologi yang lebih efisien serta produktivitas tinggi. Contohnya traktor, sekarang telah memakai internet,” ujar Dedi.


Sementara itu, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, BPPSDMP, Leli Nuryati menyebutkan, tenaga penyuluh pertanian yang dapat meningkatkan diri dalam penyerapan teknologi IT, akan membuat banyak kelompok tani (poktan) meningkat kapasitasnya menjadi korporasi petani, bahkan Badan Usaha Milik Petani (BUMP).

“Nantinya, buruh tani akan menjadi tenaga kerja tani yang profesional serta poktan-poktan akan menjadi pengusaha bahkan terdaftar menjadi produk UMKM,” tuturnya.

Sementara, Guru Besar Ilmu Penyuluhan IPB, Prof. Sumardjo mengatakan, supaya pertanian dapat menang di era 4.0, kuncinya ialah sumber daya manusia, yakni petani serta penyuluh. Karena, sebagai ujung tombak dari pembangunan pertanian, penyuluh menjadi tumpuan harapan pertanian yang harus dapat menguasai teknologi serta paham sistem agribisnis.

“Sehingga apa yang diperlukan petani (materi penyuluhan) ialah produk yang diperlukan pasar. Kalau itu telah terjadi, maka tinggal bagaimana meningkatkan daya saingnya, yakni efisien, efektif serta bermutu sesuai keperluan pasar,” katanya.

Kemampuan menyampaikan informasi dengan memanfaatkan komunikasi digital menjadi penting, terutama terkait sama mengemas pesan materi penyuluhan. Sebab itu, penyuluh harus menguasai akses komunikasi digital serta mengembangkannya kepada petani secara verbal dan visual.

Produsen Plastik Mulsa

Mulsa plastik adalah lembaran plastik penutup lahan budidaya tanaman yang bertujuan untuk melindungi permukaan tanah dari erosi, menjaga kelembaban dan struktur tanah, serta menghambat pertumbuhan gulma. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargamulsaplastik

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kemampuan IT Menjadi Kunci Kemajuan Di Bidang Pertanian 4.0"

Posting Komentar