HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Sistem Multi Cropping, Cara Budidaya Yang Sangat Menguntungkan Bagi Petani

Produsen & Distributor Mulsa Plastik - Lim Corporation

Saat ini petani dihadapi sama masalah-masalah tentang kurangnya pengetauhan dengan cara bercocok tanam yang lebih maksimal. Hal ini dikarenakan sebab petani diIndonesia sanggat tertinggal dalam hal pengetauhan yang ada sekarang terutama pada bercocok tanam dengan hasil yang lebih maksimal serta memanfaatkan lahan secara maksimal. Dengan hal ini yang mengakibatkan banyak petani diIndonesia berfikir kedepan dengan mengadakan ataupun menciptakan kelompok-kelompok tani.

Baca Juga : 
Dalam kelompok tani ini kerap mengadakan banyak kegiatan-kegitan pertanian yang bermanfaat untuk petani daerah, kelompok tani ini umumnya mengadakan penyuluhan, sosialisasi serta disini kelompok tani mengajarkan cara-cara bercocok tanam dengan memakai sistem Multi Cropping supaya petani lebih maksimal pada pemanfaatan lahan serta hasilnya lebih maksimal.

Penyuluhan dalam sistem Multi cropping penting sebab sistem bercocok tanam ini lebih menguntungkan dengan menanam lebih dari satu jenis tanaman dalam sebidang tanah bersamaan ataupun digilir. Sistem ini bisa menunjang strategi pemerintah dalam rangka pelaksanaan program diversifikasi pertanian yang diarahkan buat bisa meningkatkan optimalisasi pemanfaatan sumberdaya dengan tetap memperhatikan kelestariannya.

Menurut bentuknya, pertanaman multiple cropping ini bisa dibedakan menjadi dua, yakni: pertanaman tumpangsari (Intercropping) serta pertanaman berurutan (Sequential Cropping). Sistem tumpang sari, yakni sistem bercocok tanaman dalam sebidang tanah dengan menanam dua ataupun lebih jenis tanaman pada waktu yang bersamaan. 

Sistem tumpang sari ini, disamping petani bisa panen lebih dari sekali setahun dengan beraneka komoditas (deversifikasi hasil), juga resiko kegagalan panen bisa ditekan, intensitas tanaman bisa meningkat serta pemanfaatan sumber daya air, sinar matahari nan unsur hara yang ada akan lebih efisien. Pada prinsipnya teknik budidaya tanaman sama, seperti tanaman pangan, industri, ataupun yang lainnya. 


Bentuk sistem budidaya cukup bermacam-macam, contohnya Multi Croping. Bentuk sistem Multi Croping yang sudah lama dikenal ialah tanaman campuran, tumpang sari serta pergiliran tanaman lalu tanaman sisipan. Tumpang sari kerap ditemui di daerah sawah tanah hujan, tegalan dataran rendah ataupun dataran tinggi. Tumpang sari di dataran rendah umumnya terdiri dari berbagai macam palawija ataupun padi serta palawija.

Pelatihan dan sosialisasi ini penting untuk petani sebab semakin pahan dengan bercocok tanam memakai sistem multi cropping ini petani lebih untung pada pemanfaatan lahan sebab bisa memaksimalkan produksi dengan input luar yang rendah sekaligus meminimalkan resiko serta melestarikan sumberdaya alam. Selain itu keuntungan lain dari sistem ini :

a) Mengurangi erosi tanah ataupun kehilangan tanah-olah.
b) Memperbaiki tata air pada tanah-tanah pertanian, termasuk meningkatkan pasokan (infiltrasi) air ke dalam tanah sehingga cadangan air buat pertumbuhan tanaman akan lebih tersedia.
c) Menyuburkan serta memperbaiki struktur tanah.
d) Mempertinggi daya guna tanah sehingga pendapatan petani akan meningkat pula.
e) Bisa menghemat tenaga kerja.
f) Menghindari terjadinya pengangguran musiman sebab tanah dapat ditanami secara terus menerus.
g) Pengolahan tanah tidak harus dilakukan berulang kali.

Kelompok tani ini cukup penting buat petani sebba sangat membantu petani dengan cara penyuluhan serta pelatih-pelatihan dengan cara bercocok tanam memakai sistem multi cropping, sebab sistem ini sangat menguntungkan untuk petani jadi sangat disayangkan kalau tidak memakai sistem multi cropping ini, sebab sistem ini sangat mudah dipraktekkan ataupun diaplikasikan pada pertanian di indonesia.

Produsen Plastik Mulsa

Mulsa plastik adalah lembaran plastik penutup lahan budidaya tanaman yang bertujuan untuk melindungi permukaan tanah dari erosi, menjaga kelembaban dan struktur tanah, serta menghambat pertumbuhan gulma. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargamulsaplastik

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Multi Cropping, Cara Budidaya Yang Sangat Menguntungkan Bagi Petani"

Posting Komentar