HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Yuk Mengenal Jenis-Jenis Tomat dan Cara Menanamnya

Produsen & Distributor Mulsa Plastik - Lim Corpoation

1. Ciri-ciri Tanaman Tomat

Dalam kehidupan sehari-hari, tomat mempiliki peranan yang cukup penting. Sebab itu, kita pun telah tidak asing lagi sama tomat.

Baca Juga : 
Jika kita ingin tau cara menanam tomat kita harus mengetahui terlebih dulu ciri-ciri tomat sebelumnya agar tidak keliru dengan tanaman lainnya, ciri-cirinya ialah sebagai berikut:
  • a. Berbentuk perdu, kecuali tomat liar yang tumbuh menjalar,
  • b. Berumur lebih dari setahun,
  • c. Berakar tunggang.
  • d. Berbatang bersegi serta berbulu halus,
  • e. Bunganya berbentuk terompet kecil serta berwarna kuning,
  • f. Buahnya berbentuk bulat, bulat pipih, serta ada juga yang seperti bola lampu,
  • g. Buahnhya berdaging serta mengandung banyak air, serta
  • h. Daunnya bercelah dengan tulang daun menyirip.
2. Jenis-jenis Tomat

Terdapat beberapa jenis tomat yang dikenal sama masyarakat. Beberapa jenis di antaranya pasti pernah kamu makan, baik yang dimakan secara langsung ataupun yang dipakai untuk bumbu masak. Berikut ini jenis tomat-tomat tersebut.

a. Tomat apel (Solanum lycopersium L.pyriforme)
Tomat jenis ini berbuah bulat serta sedikit keras seperti apel ataupun pir.

b. Tomat sayur ataupun tomat porselin (Solanum lycopersicum l commune)
Tomat sayur ataupun porselin berbuah bulat pipih, lunak, serta bentuknya tidak teratur. Tomat ini banyak dijual dipasar.

c. Tomat kentang (Soalnum lycopersicum L grandifolium)
Tomat jenis ini berbuah bulat besar nan padat. Ukuran buah tomat ini lebih kecil dari tomat apel nan berdaun lebar.

d. Tomat keriting (solanum lycopersicum L. validum)
Tomat jenis ini berbentuk agak lonjong dan keras, sedangkan daunnya rimbun keriting serta berwarna hijau kelam.


3. Bertanam Tomat

Tanaman tomat bisa tumbuh, baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Jenis tomat apel lebih baik ditanam di dataran tinggi, sedangkan jenis tomat sayur lebih baik ditanam pada dataran rendah. Jadi, sebelum kamu bertanam tomat, lebih baik tentukan dulu lahan yang ingin ditanami, apakah berupa dataran rendah ataupun dataran tinggi.

Saat kamu akan menanam tomat, carilah tanah yang subur serta sedikit mengandung pasir. Hal ini sebab tomat menyukai tanah seperti ini. Tetapi, tanah liat yang mengandung sedikit pasir sangat tidak digemari tanaman ini. Selain itu, tanaman tomat ternyata tidak tahan pada hujan. Jadi, kamu lebih baik tidak menanam tomat ketika waktu musim hujan.

Tomat dikembangbiakkan dengan bijinya. Sebelum kamu menanam tomat disemaikan terlebih dulu. Tanah yang akan dijadikan persemaian dicangkul serta diberi pupuk kandang. Biji tomat ditaburkan berbaris dengan jarak antar baris 5 cm. Saat kamu menaburkan biji tomat ini, lakukanlah secara hati-hati serta tipis-tipis di atas tanah persemaian. Sesudah 5 hingga 7 hari disemaikan, biji tomat akan tumbuh. Sesudah berumur 2 minggu, bibit dari persemaian dipindahkan ke dalam kantong plastik.

Lahan yang akan dipakai buat bertanam tomat dicangkul. Lalu, buatlah beberapa lubang. Setiap lubang diberi pupuk kandang. Sesudah satu bulan, pindahkanlah tanaman tomat yang ada di kantong plastic. Sesudah itu, kamu bisa menutupi tanaman tomatmu sama dedaunan ataupun pelapah pisang. Hal ini dilakukan supaya bisa mencegah panas matahari ataupun air hujan. Baru sesudah 3 sampai 4, hari kamu bisa membuka tutupnya. Sesudah itu, jangan lupa diberi pupuk.

Seperti halnya manusia, tanaman juga suka sakit. Penyebabnya ialah serangan hama serta penyakit. Hama yang kerap menyerang tomat, di antaranya ulat serta cacing. Ada juga cendawan, bakteri, serta virus ialah penyebab penyakit di tanaman tomat. Penyakit pada tanaman tomat cepat menyebar. Jadi, kamu perlu berhati-hati. Perhatikan selalu tanaman tomatmu supaya terhindar dari penyakit serta menghasilkan buah yang baik.

Pencegahan pada penyakit supaya tidak menyebar ialah dengan cara mencabut serta membakar tanaman yang sakit. Dengan demikian, penyebab penyakitnya akan mati serta tidak akan mengganggu tanamanmu lagi.

Setiap kita menanam, pasti saat-saat yang ditunggu-tunggu ialah saat tanaman berbuah serta buahnya sudah masak. Benarkan? Rasanya puas saat melihat tanaman yang kita tanam berbuah banyak serta siap dipetik.

Produsen Plastik Mulsa

Mulsa plastik adalah lembaran plastik penutup lahan budidaya tanaman yang bertujuan untuk melindungi permukaan tanah dari erosi, menjaga kelembaban dan struktur tanah, serta menghambat pertumbuhan gulma. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargamulsaplastik

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk Mengenal Jenis-Jenis Tomat dan Cara Menanamnya"

Posting Komentar