HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Jangan Sampai Salah, Ini dia Cara Tepat Menggunakan Pestisida

Produsen & Distributor Mulsa Plastik - Lim Corporation

Saat menanam komoditas tanaman pertanian, Anda pastinya telah memahami mengenai risiko tanaman terkena hama ataupun penyakit. Solusi mengatasi masalah tersebut ialah dengan memakai pestisida yang mengandung bahan kimia tertentu. Pemakaian pestisida memang dinilai efektif membunuh hama serta penyakit tanaman. Tetapi, tidak sedikit juga petani yang belum memahami bagaimana memakainya dengan tepat. Berikut terdapat beberapa tips memakai pestisida yang tepat serta aman supaya tanaman tumbuh secara baik.

Baca Juga : 
Kenali jenis hama serta penyakit tanaman

Pemberian pestisida tidak dilakukan secara asal-asalan, maka untuk tahapan pertama cara memakai pestisida adalah kenali terlebih dulu jenis hama serta penyakit tanaman. Mendiagnosa hama serta penyakit cukup penting dilakukan buat memudahkan Anda dalam memilih jenis pestisida yang dipakai.

Masing-masing hama serta penyakit mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Begitu juga dengan penanganannya. Tentu saja mempunyai penanganan yang berbeda. Jika Anda merasa kesulitan dalam mengenali jenis hama serta penyakit tanaman, dapat berkonsultasi serta menanyakan hal ini ke penyuluh pertanian. 

Pahami jenis pestisida

Sesudah jenis hama serta penyakit berhasil dikenal serta didiagnosa, berikutnya waktunya Anda memilih jenis pestisidanya. Secara umum pestisida mempunyai beragam jenis tergantung pada karakteristik tanaman serta hama ataupun penyakit yang menyerang. Jangan sampai Anda memakai jenis pestisda yang tidak sesuai ataupun bahkan salah. Karena ini akan justru merusak kualitas tanaman.

Beberapa jenis pestisida yang banyak dipasarkan di antaranya ialah jenis bakterisida yang berfungsi untuk pengendali penyakit tanaman yang diakibatkan bakteri. Lalu ada juga jenis fungisida untuk pengendali jamur pada tanaman. Buat insektisida dipakai buat mengendalikan serangga serta akarisida berfungsi mengendalikan tungau. Bila hama berupa keong mas maka Anda dapat memakai moluskisida serta rodentisida bila hama tanaman berupa tikus.

Perhatikan waktu pemberian pestisida

Waktu pemberian pestisida pada tanaman menjadi hal penting Berikutnya yang patut diperhatikan. Idealnya pemberian pestisida dilakukan saat pagi hari sebelum matahari terlalu terik serta sore hari sekitar pukul 15.00 ke atas. Pemberian pada pagi hari dilakukan sebab hama tidak terlalu banyak bergerak serta efektif. Begitu juga dengan sore harinya. Hindari pula pemberian pestisida ketika cuaca mendung ataupun hujan. 

Sementara itu ada tahapan tertentu supaya pemberian pestisida semakin optimal. Buat tahapan preventif ataupun pencegahan sebaiknya dilakukan sebelum hama menyerang tanaman. Anda pun dapat melakukan pemberian pestisida secara berkala semisal seminggu sekali. Ada Juga pemberian secara kuratif ataupun sesudah ada serangan hama ataupun penyakit tanaman. Tetapi, Anda harus menyesuaikan bila hama ataupun penyakit yang menyerang cukup banyak.


Perhatikan dosisnya

Pestisida layaknya sebuah obat yang diberikan ke manusia, mempunyai dosis-dosis ataupun takaran tertentu diberikan pada tanaman. Maka dari itulah Anda jangan mencoba buat mengurangi ataupun melebihi dosis yang telah dianjurkan. Bila dosis terlalu rendah hama serta penyakit tidak akan hilang, sedangkan jika dosisnya terlalu banyak juga berpotensi menyebabkan penumpukan racun terhadap tanaman.

Bila pestisida menumpuk pada tanaman, ini tidak hanya membahayakan kualitas tanaman saja namun juga berbahaya untuk manusia jika dikonsumsi. Anda dapat memakai dosis terendah dulu, kemudian lanjutkan dengan memberikan dosis yang meningkat secara perlahan sesuai sama usia tanaman ataupun intensitas serangan dari hama nan penyakit.

Gunakan teknik yang benar 

Selain keempat hal di atas, perhatikan juga metode serta teknik pemberian pestisida yang benar. Mengingat pemberian pestisida ini ada beberapa teknik yang dapat dilakukan. Beberapa di antaranya adalah dengan teknik penaburan langsung ke tanaman. Lalu ada cara penyemprotan, pengasapan, serta fumigasi. Pemberian pestisida secara terus menerus dengan memakai teknik tertentu akan mengakibatkan sifat resistan. Mengakalinya, Anda dapat memakai pestisida dengan bahan aktif secara bergantian.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya saat memilih metode ataupun teknik pemberian pestisida sebaiknya baca aturan pakainya terlebih dulu. Untuk contohnya, Anda jangan sesekali menyiramkan pestisida secara langsung ke tanaman dalam dosis tinggi bila anjurannya ialah buat disemprotkan.
Itulah beberapa cara memakai pestisda yang tepat nan benar. bila cara ini Anda terapkan secara berkala maka bukan tidak mungkin Anda akan memperoleh tanaman dengan hasil terbaik saat masa panen datang.

Produsen Plastik Mulsa

Mulsa plastik adalah lembaran plastik penutup lahan budidaya tanaman yang bertujuan untuk melindungi permukaan tanah dari erosi, menjaga kelembaban dan struktur tanah, serta menghambat pertumbuhan gulma. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargamulsaplastik

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Sampai Salah, Ini dia Cara Tepat Menggunakan Pestisida"

Posting Komentar