HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengulik Sejarah Ayam Elba dan Penanganan Tepat Pascapanen

Hasil gambar untuk ayam elba"

Produsen & Distributor Mulsa Plastik - Lim Corporation

Hal yang menarik dari ayam elba ialah produksi telurnya tinggi, yakni mencapai 300 butir per tahun serta tidak mengeram. Penampilan ayam elba sangat cantik sebagai ayam hias di pekarangan rumah sebab bentuknya langsing dan warna bulunya menarik. Selain itu, sifatnya lincah, rajin bergerak, dan gemar bercengkerama.

Nama elba sebenarnya merupakan bentuk penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang bernama Lala Setiawan. Lala adalah orang yang menjadi asal mula, keberadaan ayam elba di dusun tempat tinggalnya. Jadi, ‘el’ dari elba diambil dari huruf awal Lala, yaitu ‘L’. Sementara itu, ‘ba’ diambil dari nama dusun tempat tinggalnya, yaitu Batikan. Ayam elba memiliki paruh, kulit, cakar, dan jari berwarna kuning.

Jenggernya tunggal dan berwarna merah. Warna bulunya bermacammacam seperti ayam kampung, meskipun pada umumnya berwarna merah dan putih. Daun telinga berwarna putih atau perak. Cakar tidak berbulu. Jengger dan pial relatif lebar. Bobot dewasa ayam elba betina hanya 1,1 kg; sedangkan jantannya 1,3 kg.

Produktivitas ayam elba jauh lebih unggul dari ayam arab dan buras petelur lokal. Jika ayam arab memiliki produktivitas mencapai 50—60% dari populasi, ayam elba bisa lebih tinggi lagi, yakni bisa mencapai 80—85%. Ayam elba sebagai petelur mampu menghasilkan 300 butir telur per tahun, sedangkan ayam arab di Dusun Batikan hanya sekitar (±) 200—235 butir per tahun. Bahkan, ayam buras lokal hanya mampu menghasilkan 100—125 butir telur per tahun.

Di daerah asalnya, Jeddah, ayam elba mempunyai kebiasaan mengerami telurnya. tetapi, ketika dibawa di Indonesia kebiasaan tersebut hilang. Mungkin hal itu terjadi karena faktor iklim dan lingkungan sekitar sehingga menyebabkan kebiasaan tersebut menghilang.


Setelah telur dipanen, langkah selanjutnya adalah menangani telur yang sudah berada pada tray telur. Penanganan telur dapat berfungsi untuk meningkatkan daya jualnya. Memang, dari pemeliharaan ayam di kandang baterai yang sudah dilengkapi dengan tempat telur, risiko telur pecah atau terinjak dapat terkurangi. Namun, hal itu belum tentu teratasi semuanya. Terkadang, telur yang dipanen ada yang masih kotor karena tercampur dengan kotoran ayam yang menempel di alas kandang.

Telur yang sudah diproses pascapanen dapat memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada telur yang belum diproses. Memang, secara umum telur ayam elba mempunyai ciri yang hampir sama dengan ayam kampung. Tujuan dari penjualan telur ayam elba lebih ke golongan menengah ke atas dikarenakan harganya lebih mahal daripada telur ayam ras. Memang, penanganan pascapanen yang lebih detail bisa dilakukan. Namun, telur ayam elba yang dipasarkan oleh peternak di Dusun Batikan masih terbatas lokal, yaitu pada wilayah Yogyakarta, Magelang, Temanggung, Wonosobo, dan daerah di Jawa Tengah dll.

Pascapanen merupakan kegiatan yang penting dan menentukan layak atau tidaknya telur saat dijual. Oleh sebab itu, hal utama yang dilakukan ialah seleksi telur siap jual. Hal tersebut mencakup klasifikasi telur yang memenuhi syarat untuk siap dijual. Beberapa kriteria yang ditetapkan antara lain bobot telur, ukuran telur, bentuk telur, warna kulit, dankeseragaman. Telur ayam muda biasanya berukuran lebih kecil dari ayam yang lebih tua. Biasanya telur ayam elba berisi 16—18 butir/kg.

Tahap selanjutnya setelah seleksi adalah pengemasan telur. Telur yang akan dijual ke konsumen/pasar perlu dikemas agar lebih menarik dan mengurangi kerusakan selama pengangkutan. Selain itu, pengemasan juga memudahkan konsumen membawanya. Untuk tujuan penjualan di pasar swalayan atau supermarket, wadah kemasan yang digunakan biasanya berupa plastik. Sementara itu, jika penjualan ditujukan ke pasar, wadahnya cukup berupa peti kayu yang dilapisi dengan jerami atau sekam.

Hal itu bertujuan untuk mengurangi gesekan antar telur sehingga telur tidak mudah pecah selama pengangkutan. Sebaiknya telur harus ditimbang terlebih dahulu, baru dimasukkan ke dalam peti terebut. Setiap peti berisi 15—20 kg telur. Tray juga ada yang terbuat dari karton. Packing dengan cara ini harus diawali dengan menimbang karton tersebut, baru telur dimasukkan, kemudian ditimbang ulang. Telur yang telah di-packing dapat disimpan digudang sebelum dikirim atau diambil pedagang.

Produsen Plastik Mulsa

Mulsa plastik adalah lembaran plastik penutup lahan budidaya tanaman yang bertujuan untuk melindungi permukaan tanah dari erosi, menjaga kelembaban dan struktur tanah, serta menghambat pertumbuhan gulma. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargamulsaplastik

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengulik Sejarah Ayam Elba dan Penanganan Tepat Pascapanen"

Posting Komentar