HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips dan Trik Budidaya Tanaman Kakao dengan Mulsa Plastik

Hasil gambar untuk mulsa tanaman kakao"

Produsen & Distributor Mulsa Plastik - Lim Corporation

Cara budidaya tanaman kakao

1.Persiapan lahan
Persiapan lahan yaitu membersihkan lahan dan menggunakan tanaman penutup tanah seperti tanaman jenis polong-polongan, serta menggunakan tanaman pelindung seperti Lamtoro, Albazia, dan Gleresidae, yang mana tanaman ini ditanam setahun sebelum dilakukan penanaman kakao. Selanjutnya, dilakukan pengolahan tanah yang dilakukan dengan cara mekanis.

Baca Juga : 
2.Pembibitan
Biji kakao yang digunakan untuk benih adalah buah kakao bagian tengah yang masak dan sehat dari tanaman yang sudah cukup umur, kemudian dibersihkan daging buahnya menggunakan abu dan segera dikecambahkan.

3.Penanaman
Pada penanaman kakao terlebih dahulu dibuat ajir yaitu bisa dari bambu dengan tinggi 80–100 cm. Jarak tanam yang digunakan berdasarkan pada bahan tanam dan besar pohonnya. Sedangkan jarak tanam pohon pelindungnya adalah 1,5x1,5 meter tergantung areal yang digunakan. Dalam penanaman tanaman kakao ada empat pola tanam yang biasa digunakan yaitu:
(1) pola tanam kakao segi empat, dan pohon pelindung segi empat
(2) pola tanam kakao segi empat dan pohon pelindung segi tiga
(3) pola tanam kakao berpagar ganda dan pohon pelindung segitiga
(4) pola tanam kakao berpagar ganda dan pohon pelindung segi empat.

4.Pemeliharaan
Pemeliharaan tanaman kakao yang dilakukan adalah dengan melakukan pemangkasan, penyiangan, penyiraman, pemupukan, serta pengendalian dari hama dan penyakit.

5.Panen dan pasca panen
Panen dilakukan dengan cara memetik buah kakao yang masak dengan memotong tangkai buahnya dan menyisakan sepertiga bagian tangkai buah. Buah kakao yang dipetik berumur 5 – 6 bulan sejak berbunga, dan ditandai dengan warna kuning atau merah. Buah kakao yang sudah dipetik dimasukkan ke dalam karung kemudian dilakukan pemecahan buah untuk mengumpulkan bijinya. Hasilnya bisa diolah dengan melakukan fermentasi, pengeringan, dan sortasi.


Mulsa yang digunakan pada tanaman kakao

Serasah kakao membutuhkan waktu dekomposisi yang relatif lama jika dibiarkan begitu saja. Selain itu, serasah kakao yang menutupi tanah akan menyebabkan tanah menjadi lembab dan dapat menjadi tempat berkembangnya hama penggerek buah kakao (Conopomorpha cramerella Snell) (Depparaba, 2002). Serasah kakao jika dimanfaatkan dengan benar, akan berguna bagi perbaikan sifat tanah sehingga siklus hara di dalam kebun kakao dapat tetap terjaga.

Sifat tanah yang baik memiliki daya menahan air dengan baik, serta mempunyai drainase dan aerasi tanah yang baik, sehingga tidak membatasi pertumbuhan akar dan tanaman. Selain itu, tanaman kakao juga membutuhkan tanah dengan sifat kimia yang baik, yakni mengandung bahan organik yang tinggi, pH netral, dan kaya akan unsur hara. Salah satu metode penggunaan serasah kakao adalah dengan membuat mulsa vertikal (Darmawijaya, 1997). Metode pembuatan mulsa vertikal yang menggunakan bahan serasah kakao dapat memperbaiki sifat tanah (fisik, kimia, dan biologi) yang lebih baik dibandingkan metode biopori dan tanpa perlakuan mulsa.

Hal ini disebabkan karena metode mulsa vertikal memiliki permukaan yang lebih luas dibandingkan teknik biopori, sehingga jumlah mikroorganisme tanah lebih banyak dan proses dekomposisi akan berjalan lebih cepat. Berdasarkan sifat fisik tanah, metode menggunakan mulsa vertikal mampu memperbaiki bulk density dan permeabilitas tanah. Perbaikan sifat fisik tanah tidak hanya pada lapisan permukaan saja, tetapi sampai ke lapisan yang lebih dalam.

Sedangkan pada sifat kimia tanah, penambahan bahan organik kedalam tanah akan meningkatkan nilai Kapasitas Tukar Kation (KTK) didalam tanah. Selain itu, bahan organik merupakan sumber hara makro dan mineral lengkap meskipun dalam jumlah yang relatif kecil. Secara biologi, penambahan bahan organik ke dalam tanah akan meningkatkan populasi dan aktivitas mikrobia tanah yang pada akhirnya akan meningkatkan unsur hara penting bagi tanaman didalam tanah (Maharany, 2011).
          
Cara membuat mulsa vertikal 
Teknik ini dilakukan dengan memasukkan mulsa tersebut ke dalam saluran atau alur sesuai kontur dan sebaiknya dikombinasikan dengan pembuatan guludan (Kemenhut, 2012).
Pertama, buat lubang dengan ukuran panjang 1 meter, lebar 0.5 meter, dan kedalaman 0.5 meter.
Kedua, masukkan daun dan dahan kakao kering di dalam lubang. Penambahan serasah kakao tidak boleh terlalu padat agar aerasi udara dapat optimal.
Ketiga, tambahkan daun dan dahan kering ketika permukaan mulai menyusut, biasanya dua minggu setelah pemberian bahan organik pertama.
Keempat, angkat bahan organik jika sudah berwarna hitam dan menjadi kompos, kemudian ganti bahan organik yang baru. Biasanya setelah 1.5 bulan tergantung kelembaban tanah dan curah hujan.
Pemberian mulsa vertikal yang diberikan pada tanaman kakao sebelum umur tiga tahun mampu meningkatkan daya serap tanah terhadap aliran permukaan hingga 71% dan pengurangan erosi tanah sebesar 87%. Kakao pada umur tersebut masih berada di dalam tahap perkembangan vegetatif, yakni tahapan perkembangan akar, daun dan batang baru. Pada fase ini terjadi tiga proses penting, yakni pembelahan sel, perpanjangan sel, dan tahap pertama dari diferensiasi sel. Pada tahap ini juga bersamaan dengan pemeliharaan tanaman dengan melakukan pemangkasan, sehingga bahan serasah akan cukup terpenuhi sebagai bahan mulsa vertikal (Monde, 2010).

Produsen Plastik Mulsa

Mulsa plastik adalah lembaran plastik penutup lahan budidaya tanaman yang bertujuan untuk melindungi permukaan tanah dari erosi, menjaga kelembaban dan struktur tanah, serta menghambat pertumbuhan gulma. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargamulsaplastik

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips dan Trik Budidaya Tanaman Kakao dengan Mulsa Plastik"

Posting Komentar