HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Ringkas Menanam Leunca atau Buah Ranti Tanpa Repot

Produsen & Distributor Mulsa Plastik - Lim Corporation

Ranti atau lebih dikenal dengan leunca adalah tanaman semusim yang tinggi batangnya mencapai 5 m. Buahnya berbentuk bulat, kecil-kecil serta bertandan. Di Jawa Barat, buah ranti sering dikonsumsi sebagai lalapan pendamping sambal.

Baca Juga :
Buah ranti mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Buah ini sangat disukai karena teksturnya yang renyah serta rasanya yang agak masam dan agak langu. Selain menjadi lalapan, buah ranti sering dipakai sebagai obat serta bahan masakan seperti sayuran.

Di beberapa daerah, pohon ini tumbuh sebagai pohon semak, serta buahnya dimanfaatkan oleh warga lokal untuk konsumsi pribadi. Buah ranti pun sebenarnya bisa dibudidayakan untuk menghasilkan panen yang akan dijual.

Leunca termasuk tanaman yang mudah untuk ditanam di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Pohonnya bisa ditanam di lahan apa saja, baik yang ada naungan maupun terbuka. Ranti tumbuh subur pada tanah yang memiliki iklim basah dan waktu tanam yang paling baik dilakukan pada awal musim kemarau atau akhir musim hujan. Namun, ranti juga tetap dapat ditanam pada musim hujan.

Pohon ranti biasanya diperbanyak dengan biji. Biji yang hendak ditanam harus disemai terlebih dahulu seperti biji tomat. Bibit yang sudah disemai selama 1 bulan baru dapat dipindahkan ke kebun dengan jarak tanam 40 cm × 40 cm. Tanah lahan yang hendak dipakai harus dicangkul terlebih dahulu serta diberi pupuk kandang yang telah matang sebanyak 10 ton/hektare.

Anda juga dapat memakai pupuk buatan berupa urea sebanyak 40 kg/hektare serta TSP 80 kg/hektare. Pupuk buatan ini diberikan pada saat tanah perkebunan sedang tandus.


Pemeliharaan tanaman ranti terbilang cukup mudah. Mengingat di alam, buah ranti merupakan pohon semak yang dapat tumbuh subur. Pemeliharaannya hanya perlu dilakukan untuk membersihkan gulma yang mengganggu. Pembersihan gulma ini sekaligus berfungsi untuk menggemburkan tanah di sekitar pohon.

Ranti sudah dapat dipanen setelah tanaman berumur 3—4 bulan dari waktu menebar. Buah yang dipanen biasanya adalah buah yang hampir tua. Pasalnya, buah yang sudah tua rasanya akan liat. Produktivitas tanaman ranti bisa mencapai lebih dari 2,5 ton buah setiap hektarenya.

Di Jawa Barat, buah ini memiliki banyak pembelinya karena fungsinya sebagai lalapan dan bahan masakan. Sementara, permintaan yang datang dari luar Jawa Barat masih terbilang sedikit karena tidak terlalu familiar. Padahal, kandungan dalam buah ini bermanfaat bagi tubuh manusia dan lezat jika dijadikan sebagai bahan campuran masakan.

Mulsa plastik
 adalah lembaran plastik penutup lahan budidaya tanaman yang bertujuan untuk melindungi permukaan tanah dari erosi, menjaga kelembaban dan struktur tanah, serta menghambat pertumbuhan gulma. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargamulsaplastik

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Ringkas Menanam Leunca atau Buah Ranti Tanpa Repot"

Posting Komentar