HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

4 Cara Budidaya Ulat Hongkong yang Baik dan Benar

Produsen & Distributor Mulsa Plastik - Lim Corporation

Apabila anda mencari jenis budidaya yang tak biasa maka saya merekomendasikan untuk anda Ulat Hongkong sebagai rekomendasi terbaik. Ulat hongkong biasanya dibudidayakan sebab mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk ternak burung, reptile, ikan serta juga makanan ternak kroto.

Baca Juga :
Selain itu semakin menjamurnya pecinta burung serta reptile dapat memberikan keuntungan para budidaya ulat hongkong.

Sekarang ini harganya bisa 100ribu/kg, untuk itu anda yang ingin membudidayakan ulat hongkong dapat melakukan cara budidaya ulat Hongkong berikut ini :

1. Persiapan Budidaya 
Persiapan merupakan cara pertama yang bisa anda lakukan. Dimana ada beberapa tahapan agar bisa budidaya secara cepat. Pertama lakukan persiapan seperti kotak tempat ulat hongkong berkembang biak. Anda bisa menggunakan jenis triplek kemudian dibuat sebagai rak kayu dan disusun bertingkat didalamnya.

Selain itu anda berikan jarak di setiap tripleknya sebagai rak berkisar 10 cm serta bisa dilapisi oleh lakban agar bibir ulat tidak kabur dan tidak keluar dari kotak. Kandang juga bisa berupa plastik juga dan bisa anda dapatkan di toko. Selain itu, teknik beternak ulat hongkong adalah salah satu media pemeliharaan, media yang dapat digunakan untuk memelihara dapat memakai banyak rak terutama apabila anda ingin memberbanyak bibit ulat hongkong.

2. Tahap Kedua
Selanjutnya ialah tahapan kedua dalam cara budidaya ulat Hongkong dimana bibit dapat disimpan beberapa bulan maksimal 90 hari atau 3 bulan. Setelah itu ulat akan dapat menjadi kepompong karena ulat hongkong juga tipe yang metamorfosa. Selanjutnya anda dapat memindahkan kepompong dalam wadah yang sama serta anda juga memindahkan ke wadah ataupun ke kotak khusus.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari ulat menjadi kepompong mengingat ulat ini tetap memakan temannya meskipun sudah jadi kepompong dan nantinya akan bermasalah dan kekurangan.

3. Tahap Ketiga
tahapan selanjutnya adalah menunggu sekitar 10 hari, dimana kepompong nantinya akan merubah atau menunjukan bentuk fisiknya sehingga bisa menjadi serangga dan calon kumbang baru. Kemudian warna putih dari ulat hongkong akan berubah menjadi cokelat. Kumbang yang berasal dari ulat hongkong biasa disebut sebagai Tenebrio molitor. 

Sebenarnya tidaklah sulit untuk mengatur ulat hongkong agar bisa dibudidayakan. Ketika ulat menjadi kumbang maka anda harus memisahkannya dan siapkan tempat tersendiri untuk proses produksi agar bisa menghasilkan ulat hongkong kembali. Biasanya kumbang melakukan peneluran kemudian telur akan menghasilkan ulat hongkong selama 10 hari. siklus itu akan terus berjalan selama di salah satu siklusnya tidak mengalami gangguan atau hambatan. Misalnya jika kumbang mengalami kegagalan maka proses bertelur akan kurang banyak dan terganggu.

Pemilihan bibit
Untuk pemilihan bibit anda pertama harus menyiapkan kandang terlebihd ahulu, jika sudah anda bisa mengambil selanjutnya yakni pemilihan bibit dengan beberapa ciri yang bisa anda berikan. Pertama jika anda ingin memilih ulat yang dianggap “ideal” ataupun bagus untuk indukan, maka anda bisa mengambil ulat untuk langsung taruh di wadah yang sudah disiapkan, maksimal satu wadah untuk bisa menaruh bibit 2 kg saja.

Untuk ukuran ulat hongkong yang dimaksud anda bisa memilih yang terbaik yakni panjang 2-3 cm dan juga diameter 3-4 mm.  Ulat yang berukuran tersebut diatas akan berubah menjadi kepompong sekitar 7 – 10 hari secara bergantian.



4. Perawatan serta pemberian pakan
Untuk anda yang ingin melakukan perawatan budidaya sangat mudah. Perawatan yang bisa anda perhatikan adalah suhu kandang yang menjadi penyuburnya. Idealnya tidak terlalu panas atau dingin, yakni sekitar  29 – 30°C, serta sirkulasi udara yang baik. Selain itu pakan yang biasanya diberikan untuk anda yang budidaya ulat hongkong yaitu Ampas tahu, bekatul, serta sayuran hijau, seperti daun selada, labu atau apel.

Selanjutnya untuk bisa memberikan pada ulat terutama jenis ampas tahu, tidak mungkin disebarkan begitu saja di wadah namun anda harus memberikan bentuk gumpalan agar bisa digigit tanpa mengotori wadah. Bekatul atau sayuran hijau bisa memberikan nutrisi yang baik sehingga ulat hongkong.

Untuk ulat hongkong, makanan harus benar-benar diganti dengan yang baru terutama jika sudah habis atau sisa sisa remah makanannya saja. Mengingat ulat hongkong akan makan temannya sendiri yang lebih kecil jika tidak diberikan makanan di sana. Selain itu sisa makanan akan menempel dengan kulit kering hasil pergantian kulit mereka. Agar mudah pengambilannya atau pemisahan kepompongnya anda bisa menggunakan penyaringan.

Selain itu, saat ulat menjadi kepompong tidak perlu memberikan makan dimana kepompong umumnya tidak membutuhkan makanan. Sedangkan untuk pakan ulat yang baru saja menetas anda bisa menggunakan kapas yang dicampur dengan tepung tulang atau biasa disebut voer. dimana tujuannya untuk mempercepat pertumbuhan ulat hongkong dan budidaya anda. Jika semua cara sudah dilakukan maka anda akan memasuki tahap panen.

Dimana tahapan inilah yang paling menyenangkan setelah proses panjang dari menanam bibit hingga menjualnya. Perlu diingat jangan menjualnya semua jika anda ingin membudidayakan kembali terutama ingin melakukan pembibitan alami sejak dari telur. Sehingga anda bisa memelihara kumbang sebagai indukannya dan membiarkan hewan tersebut bertelur.

Mulsa plastik
 adalah lembaran plastik penutup lahan budidaya tanaman yang bertujuan untuk melindungi permukaan tanah dari erosi, menjaga kelembaban dan struktur tanah, serta menghambat pertumbuhan gulma. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargamulsaplastik

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Budidaya Ulat Hongkong yang Baik dan Benar"

Posting Komentar