Selasa, 15 September 2015

Metode dan Cara Pemasangan Plastik Mulsa Pada Tambak

Berikut ini kami akan mencoba memaparkan sedikit tentang metode dan cara pemasangan plastik mulsa pada tambak. Persiapan lahan dan bahan harus dilakukan sebelum plastik mulsa dipasang. Hal ini wajib dilakukan.

1. Pengeringan Tanah
Pengeringan tanha dilakukan dengan cara menguras tambak dan menjemur sampai tanah menjadi setengah kering, kemudian lapisan tanah teratas diangkat dan dirapikan sedemikian rupa pada tanggul tambak. Pengangkatan tanah bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa bahan organik yang telah menyatu dengan tanah yang dikhawatirkan akan mempengaruhi kualitas air selama proses budidaya. Setelah proses pengangkatan tanah selesai,tanah dijemur sampai benar-benar kering, pengapuran dilakukan menggunakan kapur aktif dengan dosis 1 ton per 5000 m2.

2. Pemasangan Plastik Mulsa 
Pemasangan mulsa pada areal tambak yang akan digunakan untuk budidaya dilakukan dengan menggelar plastik mulsa dan memastikannya tidak mudah bergeser dengan memasangnya menggunakan potongan bumbu yang dibentuk menyerupai huruf U. Pemasangan plastik mulsa wajib dilakukan dengan baik dan dengan cara yang benar supaya tidak terangkat/rusak terkena arus kincir, karena bila plastik tidak benar-benar rapat dikhawatirkan benur akan masuk, terjebak dan akhirnya mati karena tidak bisa keluar lagi. Selain faktor tersebut, juga dikhawatirkan pada saat panen banyak udang yang masuk kedalam plastik sehingga menghambat proses panen.

* Untuk kebutuhan plastik mulsa hitam perak baik untuk tambak maupun pertanian silahkan hubungi kami, sms/call: 0877.0282.1277 - 0852.3392.5564. 

Cara Pemasangan Plastik Mulsa Pada Tambak
Ada beberapa cara pemasangan mulsa plastik pada tambak, antara lain:
a. Pemasangan secara menyeluruh/full, dimana seluruh areal tambak ditutup plastik mulsa, meliputi dasar, tanggul dan lereng tambak.
b. Pemasangan plastik mulsa hanya pada lereng tambak.
c. Pemasangan plastik hanya pada dasar tambak.
d. Pemasangan plastik pada lereng dan tanggul tambak.
e. Plastik mulsa yang dipakai dalam budidaya bisa digunakan dua kali periode budidaya, dengan catatan harus berhati-hati dalam menjaga/meminimalisasi kerusakan selama masa budidaya dan saat pemanenan.

Plastik mulsa tambak terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan berwarna perak dibagian atas dan warna hitam dibagian bawah dengan maksud warna perak pada mulsa akan memantulkan cahaya matahari sehingga proses fotosintesis menjadi lebih optimal, kondisi tambak tidak terlalu lembab, mengurangi serangan penyakit. sedangkan warna hitam pada mulsa akan menyerap panas sehingga suhu di dasar tambak menjadi hangat. selain itu warna hitam juga mencegah sinar matahari  menembus kedalam tanah.

Pemasangan plastik mulsa tambak sebaiknya dilakukan pada saat panas matahari terik agar plastik mulsa dapat memuai sehingga menutupi tambak dengan baik. Teknis pemasangannya bisa dilakukan oleh 6-8 orang untuk luas 1 Ha. caranya tariklah kedua ujung mulsa, kaitkan salah satu ujungnya menggunakan pasak penjepit plastik mulsa (biasanya digunakan bambu yang dibentuk menyerupai staples/uruf U) kemudian lakukan hal yang sama pada ujung yang satunya. setelah kedua ujung mulsa terkait erat, dengan cara bersamaan tariklah plastik mulsa pada kedua sisi setiap meternya secara bersamaan.

Kaitkan kedua sisi mulsa dan bedengan dengan pasak penjepit tadi sehingga seluruh sisi mulsa terkait rapat pada bedengan. Seluruh permukaan tambak harus tertutup dengan rapat, dengan cara meletakkan plastik mulsa secara tumpang tindih/over lapping dengan lebar area yang tumpang tindih 10 sampai 15 cm. setelah itu bagian tengah plastik mulsa yang tumpang tindih dijepit dengan bilah bambu utuh dan kemudian diperkuat dengan pasak penjepit bentuk stapler/huruf U agar tidak ada celah.

3. Pemasukkan Air
Air yang dimasukkan kedalam petak budidaya harus melalui proses penyaringan dengan kain waring hijau, jika pemasukan air menggunakan pompa Alcon harus diberi pemecah air yang terbuat dari anyaman bambu, hal ini bertujuan agar arus air dari pompa Alcon tidak merusak plastik yang terpasang pada petakan tambak, isi air setinggi 120-130 cm.

4. Sterilisasi Air
Sterilisasi air dilakukan setela air didiamkan selama 3 hari, hal ini bertujuan agar apabila ada telur ikan liar yang masuk kepetakan budidaya telah pecah. sterilisasi menggunakan kaporit air akan menjadi bening karena semua organisme yang ada telah mati.

5. Pembenahan Kualitas Air
Setelah 3-4 hari atau setelah reaksi kaporit menjadi tawar/netral dilakukan pemberian plankton dari fermentasi yang dilakukan. fermentasi yang dilakukan meliputi bekatul, gula jawa air, pakan, ragi, dan duper NB. Bahan-bahan tersebut di campur menjadi satu dan ditambah air secukupnya kemudian disimpan dalam blog yang di tutup rapat dan di diamkan selama 2-3 hari atau bau sudah mulai tercium wangi. bila hasil penyebaran plankton hasil fermentasi belum membawa perubahan pada air, sebaiknya langkah tersebut diulang sampai tiga kali. plankton yang telah tumbuh ditandai dengan warna air yang berubah menjadi hijau.

Melayani Pemesanan Mulsa Plastik Untuk Tambak
Kami melayani pemesanan kebutuhan plastik mulsa hitam perak untuk tambak ikan atau tambak udang. Ukuran lebar dan panjang, serta ketebalan plastik mulsa bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Biasanya untuk tambak, ketebalan mulsa sekitar 0,05 -0,08, lebar maksimal 250 cm (2,5 meter). Untuk pemesanan plastik mulsa ukuran khusus minimal order 500 kg per ukuran, proses produksi sekitar 14 hari.

Untuk info harga plastik mulsa tambak dan cara pemesanan plastik mulsa silahkan hubungi kami:
- SMS/Call: 08123.258.4950 - 0877.0282.1277 - 0852.3392.5564.
* Baca juga Manfaat dan Fungsi Penggunaan Plastik Mulsa Untuk Tambak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar