HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

6 Fakta Unik Pisang Kipas, Salah Satunya Dianggap Sebagai Tanaman Hias!

Pisang Kipas

Tanaman pisang merupakan salah satu tanaman yang paling populer dan mudah ditemukan di Indonesia. Meskipun begitu, ada beberapa jenis tanaman pisang yang ternyata jarang ditemukan seperti tanaman pisang kipas.

Pohon pisang kipas atau Magnopholytha merupakan pohon pisang yang menghasilkan bunga dan berbiji tunggal atau monokotil. Tanaman ini dinamai pisang kipas karena punya bentuk yang mirip layaknya pohon palem.

Baca Juga:

Tanaman pisang kipas biasanya digunakan untuk menghiasi pekarangan rumah karena bentuknya yang unik. Selain itu, tanaman pisang kipas juga ada fakta unik lainnya, apa saja?

1. Alasan Diberi Nama Pisang Kipas

Walaupun termasuk tanaman hias, pohon ini diberi nama pohon pisang kipas kareena bentuk pohonnya yang menyerupai pohon pisang dengan daun-daun membentuk seperti kipas. Atau disebut juga dengan palem kipas sebab sangat mirip dengan tanaman palem.

2. Jarang Berbunga dan Berbuah

Berbeda dengan tanaman pisang pada umumnya yang menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi, jenis tanaman pisang yang satu ini justru jarang berbunga dan berbuah.

3. Bukan Berasal dari Indonesia

Banyak orang yang mengatakan kalau pohon pisang kipas berasal dari Indonesia karena nama pisang yang identik dengan daerah di Indonesia, seperti pisang ambon.

Faktanya, pisang kipas bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Madagascar. Pohon pisang kipas sudah mulai dikembangkan di Indonesia sehingga banyak orang yang mengira tanaman ini berasal dari Indonesia.

4. Diberi Julukan Traveller's Tree

Pohon pisang kipas diberi julukan sebagai traveller's tree atau jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti pohon penjelajah. 

Hal tersebut dikarenakan tanaman pisang kipas mempunyai pelapah daun yang lebih banyak sehingga membuat pohon pisang kipas bisa menampung air hujan dalam jumlah yang banyak.

Air hujan tampungan dari pohon pisang kipas biasanya dimanfaatkan oleh para petualang yang menjelajah sebagai air minum. Oleh sebab itu, pohon pisang kipas diberi julukan pohon penjelajah.

5. Tempat tinggal

Pohon pisang kipas mempunyai kesan eksotis dan tropis. Oleh sebab itu, pohon pisang kipas merupakan pohon yang lebih cocok tinggal di daerah tropis.

Sebab, pohon pisang kipas membutuhkan sinar matahari yang cukup agar bisa tumbuh dengan baik. Tak hanya itu, pohon pisang kipas juga membutuhkan air yang cukup banyak dan tanah yang lembab agar bisa tumbuh dengan baik.

5. Tanaman Hias Berbuah

Walaupun pohon pisang kipas termasuk dalam tanaman hias dan jarang berbuah, bukan berarti pohon pisang kipas tidak bisa berbuah. Pohon pisang kipas tetap bisa berbuah walaupun sangat jarang, buah yang dihasilkan dari pohon pisang kipas hanya berukuran 1 inci dengan warna cokelat.

6. Batang dan Daun yang Besar
Pohon Pisang Kipas

Pohon pisang kipas mempunyai bentuk daun yang hampir mirip dengan jenis pohon pisang lainnya. Namun, ada perbedaan yang membedakan pohon pisang kipas dengan jenis pohon pisang lainnya. Pohon pisang kipas mempunyai ukuran panjang dan lebar membentuk seperti cangkir besar.

Bahkan, panjang daun pisang bisa mencapai 5 meter. Tak heran jika daun pisang kipas biasanya terlihat sobek karena tidak kuat menahan hembusan angin yang kuat. Selain itu, tanaman pisang kipas mempunyai batang pohon yang sangat tinggi dan kuat. 

Jika dibandingkan dengan jenis pohon pisang lainnya, pohon pisang kipas merupakan salah satu yang tertinggi. Sebab, batang pohon pisang kipas bisa tumbuh hingga mencapai 8 meter atau lebih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Fakta Unik Pisang Kipas, Salah Satunya Dianggap Sebagai Tanaman Hias!"

Posting Komentar

LANGGANAN