HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

"Plastik Sungkup" Solusi Atasi Curah Hujan Tinggi Saat Budidaya Bawang Merah

Pengunaan plastik sungkup pada tanaman bawang

Banyak para petani di Indonesia yang belum mengenal cara budidaya tanaman menggunakan plastik sungkup. Padahal, penggunaan plastik sungkup sangat berguna untuk menangani gagal panen saat terjadi musim hujan.

Plastik sungkup ialah naungan yang terbuat dari plastik transparan dengan bingkai kayu membentuk setengah lingkaran yang mempunyai fungsi hampir seperti greenhouse atau rumah kaca.

Namun, ada yang membedakkan plastik sungkup dengan greenhouse. Teknik penyungkupan hanya membutuhkan bedengan saja, plastik yang digunakanpun tidak setebal greenhouse yakni (0,20 cm). Selain itu, teknik penyungkupan juga tidak begitu banyak jenisnya karena ukurannya yang mini.

Tentunya memakai plastik sungkup sangat berguna, apalagi bagi petani yang menanam bawang merah saat musim hujan. Gagal panen dan menurunnya produksi dapat di antisipasi menggunakan metode 'Sungkup Plastik atau 'Rain Shelter'. 

Dengan menerapkan metode penanaman tersebut para petani yang menanam bawang merah tak perlu khawatir lagi akan curah hujan tinggi karena petani bisa memakai naungan sungkup untuk mengatasi masalah yang timbul akibat curah hujan tinggi.

Baca Juga:

Lalu apa saja manfaat dari metode sungkup ?

1. Mencegah fusarium

Umumnya penyakit fusarium pada bawang merah menyerang saat curah hujan tinggi. Penyakit fusarium dapat mmenyebabkan tanaman menjadi layu karena jamur. Namun, jangan khawatir penyakit fusarium dapat dicegah dengan menggunakan metode sungkup agar tanaman tidak terkena jamur.

2. Lebih efisien

Menanam bawang merah menggunakan medote sungkup jelas akan lebih efisien karena biaya yang digunakan untuk sanitasi lebih murah dan ekonomis. Serta penggunaan pupuk akan jauh lebih efisien sebab pupuk yang digunakan pada tanamam bawang merah saat musim hujan tidak akan hilang akibat terguyur hujan.

3. Lebih menguntungkan

Budidaya bawang merah akan lebih ekonomis serta efisien karena penggunaan plastik sungkup. Para petani dapat mendapatkan hasil panen yang relatif stabil antar musim dan harga jualnya tentu akan lebih bagus saat off season.

Sedia Plastik Sungkup Murah dan Berkualitas

Lalu bagaimana cara membuat plastik sungkup?

  • Siapkan irisan bambu atau bisa diganti menggunakan paralon ukurang dengan tidak memotong ukuran aslinya (Gunakan plastik berukuran 4 m).
  • Siapkan lokasi dan bedengan yang akan digunakan, pastikan lokasi yang akan dipakai terkena paparan sinar matahari yang cukup.
  • Siapkan peneduh atau plastik. Rangka dari bambu atau paralon tersebut nantinya akan dirangkai sedemikian rupa pada atas bedengan. Jika sudah diberi rangka, pasanglah plastik sungkup pada atas bedengan. Namun, sebelum memasang plastik pastikan bahwa bedengan sudah ditanam tanaman yang ingin Anda tanam.

Ada juga metode penyungkupan yang langsung diaplikasikan ke tanaman pada tiap pot tanpa menggunakan kerangka dari bambu atau paralon terlebih dahulu.

Teknik sungkup plastik dilakukan dengan teknik grafting atau sambung pucuk yang bertujuan untuk melindungi tanaman yang terluka atau sel-sel yang terbuka dari patogen penyebab tanaman terserang penyakit.

Penelitan menunjukkan bahwa penggunaan plastik sungkup pada tanaman mempunyai perngaruh nyata pada pertumbuhan tanaman. Bagi Anda yang ingin meningkatkan hasil panen, Anda bisa mencoba menggunakan teknik ini.

Dengan memakai naungan sungkup para petani bisa menanam bawang merah saat musim hujan tanpa harus takut gagal panen, hasil panen pun juga relatif meningkat, serta harga jual saat musim hujan lebih bagus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to ""Plastik Sungkup" Solusi Atasi Curah Hujan Tinggi Saat Budidaya Bawang Merah"

Posting Komentar

LANGGANAN