HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengapa Petani Kentang Harus Menggunakan Mulsa Plastik?

Kentang merupakan komuditi pertanian yang banyak mengandung pati dan unsur karbohidrat. Kentang dapat dijadikan sebagai makanan pokok atau sumber karbohidrat pengganti nasi. Dengan memakan kentang anda akan menjalankan difersifikasi pangan yaitu penganeka ragaman jenis pangan yang dapat di konsumsi. 

Selain dapat dikonsumsi sebagai makanan pokok pengganti nasi, kentang juga dapat diolah menjadi kudapan lezat yang menggugah selera. Ada berbagai macam olahan yang terbuat dari bahan dasar kentang seperti keripik kentang, kentang goreng, kentang balado, bergedel dan lain sebagainnya. Banyaknya olahan yang terbuat dari kentang membuktikan bahwa kentang adalah salah satu komuditi pertanian yang banyak di btuhkan oleh masyarakat.

Namun apakah anda tahu dimanakah kentang ditanaman? Tanaman kentang pada umumnya ditanam di daerah pegunungan atau dataran tinggi yang memilii hawa sejuk. Tanaman kentang memang sangat identik dengan daerah berhawa sejuk. Kentang juga identik dengan daerah penanaman yang ber lereng atau terasering. Pembuatan lahan pertanian dengan model yang ber lereng di daerah pegunungan dapat berdampak buruk. Salah satu dampak buruk dari penggunaan lahan dengan bentung terasering adalah erosi. Bila hujan melanda tanah ber lereng atau terasering maka besar kemungkinan tanah akan terkikis dan terbawa oleh air hujan. Hal inilah yang disebut dengan erosi. Pengikisan tanah cepat atau lambat dapat memicu bencana alam berupa longsor.


Bukan tanpa alasan para petani kentang memilih bentuk lahan pertanian yang ber lereng atau miring. Tanaman kentang merupakan jenis tanaman yang tidak dapat tergenang oleh air, jika area pertanian yang digunakan untuk menanam kentang berbentuk menyabuk maka ketika turun hujan maka besar kemungkinan tanaman kentang akan terendam. Ketika tanaman kentang terendam air maka dapat dipastikan tanaman kentang tersebut akan busuk dan petani pun mengalami kerugian karena gagal panen. Oleh sebab itu meskipun beresiko menimbulkan erosi dan longsor, model lahan ber lereng tetap dipilih oleh para petani kentang. Jika kondisi ini bertaha terus menerus bukan tidak mungkin bencana longsor akan terjadi di setiap dataran tinggi yang ditanami kentang.

Lantas harus bagaimanakah kita? Jika anda seorang petani kentang maupun pengusaha agrobisnis dengan model tanah ber lereng anda perlu mencoba untuk menggunakan mulsa plastik. Apakah mulsa plastik itu? Mulsa plastik adalah lembaran plastik penutup lahan tanaman budi daya yang bertujuan untuk melindungi permukaan tanah dari erosi, menjaga kelembaban tanah dan struktur tanah serta menghambat pertumbuhan gulma. Dengan menggunakan plastik mulsa maka petani akan medapatkan berbagai macam keuntungan. 

Ibarat pepatah sekali dayung dua tiga pulau terlampaai. Tidak hanya akan menjaga dan melindungi tanah dari erosi, dengan menggunakan mulsa plasti maka petani telah berhasil melakukan konservasi lahan pertanian. Ketika anda melakukan konservasi tanah maka secara langsung anda sedang mempersiapkan pertanian yang berkelanjutan. Pertanian yang dapat diwariskan kepada anak cucu tercinta. Lahan yang baik akan membuahkan hasil pertanian yang baik pula, oleh sebab itu menjaga kondisi lahan pertanian agar tetap baik merupakan investasi yang tidak ternilai harganya.

Salah satu jenis mulsa plastik yang dapat anda gunakan untuk menjaga kondisi lahan pertanian kentang anda adalah mulsa plastik hitam perak. Warna hitam akan mempertahankan kelembaban dan kehangatan tanah. Kondisi tanah yang lembab dan hangat sangat cocok sebagai tempat tumbuh dan berkembang tanaman terutama sayur mayur maupun umbi-umbian seperti kentang. Sementara itu warna perak akan mencegah penyerapan sinar matahari yang berlebih serta menekan pertumbuhan gulma. Jadi bila anda menggunakan mulsa plastik hitam perak maka anda tidak perlu menggunakan herbisida untuk membasmi gulma. Bagaimana banyak manfaatnya kan?

Untuk info harga plastik mulsa hitam perak klik DISINI.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Petani Kentang Harus Menggunakan Mulsa Plastik?"

Posting Komentar