Kamis, 25 Mei 2017

Apa Itu Tambak, Apa Pula Manfaat Plastik Mulsa Untuk Tambak?


Tambak dalam dunia perikanan ialah kolam buatan, umumnya di daerah pantai, yang berisi air serta dipergunakan untuk sarana budidaya di perairan (akuakultur). Hewan yang dikembangbiakkan ialah hewan air, salah satunya ikan, udang, dan juga kerang. Penyebutan "tambak" ini umumnya dikaitkan dengan air payau atau pun air laut. Kolam yang diisikan air tawar umumnya disebut kolam atau juga empang.

Keadaan bawah dasar tambak tergolong suatu keadaan fisik dasar tambak serta juga proses rule terjadi di dalamnya baik itu terkait fisika, biologi, kimia maupun ekologi baik secara langsung atau secara tak langsung juga ikut terpengaruh pada kelangsungan budidaya udang ataupun organisme lain pada suatu keterkaitan ekosistem pada perairan tambak.

*Baca juga Hal Yang Wajib Anda Terapkan, Saat Budidaya Ikan Kakap!

Kebanyakan, tambak atau kolam buatan ini juga sering dipasangi plastik mulsa untuk budidaya ikan dan juga udang. Nah, berikut ini akan membahas tentang metode serta cara dan langkah pemasangan plastik mulsa pada tambak sebab hal ini wajib dilakukan.

Cara Pemasangan Plastik Mulsa Pada Tambak Secara Benar
Terdapat beberapa cara pemasangan mulsa plastik pada tambak, yaitu:
1. Pemasangan mulsa secara menyeluruh, yang mana semua area tambak diberi plastik mulsa, yaitu dasar, tanggul serta lereng tambak.
2. Pemasangan mulsa cuma pada lereng tambak.
3. Pemasangan hanya cuma di dasar tambak.
4. Pemasangan mulsa pada lereng serta tanggul tambak.
5. Mulsa yang digunakan saat budidaya dapat dipakai dua kali masa budidaya, namun, wajib berhati-hati saat menjaga/meminimalisir kerusakan pada saat masa budidaya serta ketika masa pemanenan.

Mulsa tambak terbagi menjadi 2 lapisan, yakni lapisan yang berwarna yaitu perak pada bagian atas serta warna yaitu hitam pada bagian bawah dengan artian warna perak pada mulsa bakal memantulkan lagi sinar matahari jadi langkah fotosintesis bakal lebih bagus, keadaan tambak yang cukup lembab, mengurangi adanya penyakit. Dan jika warna hitam pada mulsa bakal menyerap suhu panas jadi pada di dasar tambak akan jadi hangat. Tak hanya itu warna hitam juga mencegah cahaya matahari  menembus masuk kedalam tanah.

*Jangan lewatkan info terupdate tentang harga plastik mulsa dari kami, selengkapnya bisa Anda klik DISINI 

Pemasangan mulsa tambak baiknya dikerjakan ketika panas matahari terik supaya plastik mulsa bisa memuai jadi menutupi tambak secara baik. Langkah pemasangannya dapat dikerjakan oleh 6-8 orang untuk luas 1 Hektare. caranya tarik tiap ujung mulsa, pasangkan salah satu ujung pakai pasak penjepit mulsa (umumnya dipakai bambu yang dibentuk seperti staples/huruf U) selanjutnya kerjakan hal yang sama pada ujung satunya. Sesudah kedua ujung mulsa terpasang kuat, dengan cara bersamaan tarik mulsa pada kedua sisi tiap meternya dengan cara bersamaan.

Sambungkan kedua sisi mulsa secara bedengan menggunakan pasak penjepit tadi jadi semua sisi mulsa tersambung rapat pada bedengan. Semua permukaan tambak wajib tertutup secara rapat, dengan cara menaruh plastik mulsa dengan cara tumpang tindih dengan lebar tempat yang tumpang tindih 10 hingga 15 cm. Sesudah itu bagian tengah mulsa yang ditumpang tindih dijepit menggunakan bilah bambu yang utuh serta selanjutnya diperkokoh pakai pasak penjepit bentuk stapler/huruf U supaya tak ada celah ataupun rongga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar