HUBUNGI KAMI

Pabrik & Distributor Mulsa Plastik
Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Asal Usul dan Manfaat Penggunaan Mulsa Plastik

Tidak dapat dipungkiri, penggunaan mulsa plastik kini menjadi bagian penting pertanian tanah air. Penggunaan mulsa ini terbukti meningkatkan hasil pertanian secara segnifikan. Lebih-lebih dengan hadirnya mulsa warna Hitam Perak. Terbaru, penggunaan mulsa juga menjadi metode menguntungkan petani tambak.

Kapan Mulsa Plastik Mulai Digunakan?
Penggunaan mulsa plastik sejatinya telah lama ada. Pertama kali dilakukan oleh Prof. Emery Myers pada tahun 1948  di Universitas Kentuckey. Prof. Emery Myers berusaha mengganti rumah kaca dengan mulsa karena persoalan biaya. Sebagai gantinya ia menciptakan rumah plastik, yang hingga sekarang plastik telah banyak digunakan di bidang budidaya pertanian.

Sebetulnya, mulsa sintetis telah digunakan sejak I 920 an dari bahan kertas. Baru kemudian akhir rahun 1950 an pemakaian mulsa plastik merebak setelah diperkenalkan oleh Prof. Emery. Sejak itu pemakaian mulsa plastik sebagai metode pertanian mulai menyebar ke seluruh dunia dan merupakan suatu metode yarg penting untuk memperbaiki produksi hasilhasil pertanian. Metode mulsa ini menjadi cara bercocok tanam utama di negara Jepang, baik untuk pertanian di lahan terbuka maupun di rumah plastik.

Namun mulsa plastik yang ada belumlah secanggih mulsa plastik yang ada pada saat ini. Penelitian lanjutan kemudian menghadirkan mulsa plastik yang popular saat ini dengan MPH, yakni mulsa perak hitam. Terbukti penggunaan mulsa MPH ini menjadi faktor peningkatan hasil pertanian yang menggiurkan.

Manfaat Mulsa Plastik

Untuk Tanaman
Mulsa hitam perak, dimana warna perak bagian atas sangat membantu tanaman terhindar dari berbagai serangga. Mulsa juga menghambat benih gulma tumbuh. Tanaman menjadi bebas tumbuh tanpa kompetisi dengan gulma dalam penyerapan hara mineral tanah. Dengan demikian produktifitas tanaman menjadi tinggi sebagai potensi peningkatan hasil panen.

Kestabilan Agregat Tanah
Dengan adanya bahan mulsa di atas permukaan tanah, energi terpaan hujan yang jatuh hanya akan menimpa mulsa. Dengan demikian tanah tetap stabil dan terhindar dari proses penghancuran. Semua jenis mulsa dapat digunakan untuk tujuan mengendalikan erosi.

Kimia Tanah
Mulsa plastik hitam terbukti menurunkan potensi kehilangan Nitrat, Sulfat,Ca, Mg dan K (hasil penelotian Aswonh and Harison, sejak tahun 1983). Penggunaan mulsa juga dapat mencegah penindihan unsur hara. Jumlah unsur hara (N, P, K, Ca dan Mg) yang diabsorpsi oleh tanaman di dalam tanah juga lebih tinggi 1,4 sampai 1,5 kali dibandingkan tanpa mulsa.

Manfaat terhadap Ketersediaan Air Tanah
Teknologi penting penggunaan mulsa adalah dapat mencegah evaporasi. Air yang menguap dari permukaan tanah akan ditahan oleh mulsa dan jatuh kembali ke tanah. Lahan menjadi tidak kekurangan air karena penguapan air hanya terjadi melalui proses transpirasi. Melalui proses transpirasi inilah tanaman dapat menarik air dari dalam tanah yang di dalamnya telah terlarut berbagai hara yang dibutuhkan tanaman.

Peningkstan Hasil
Keseluruhan penelitian yang ada menunjukkan bahwa penggunaan mulsa efektif meningkatkan hasil panen. Beberapa penelitian diantaranya pada tanaman sayura mayur, cabai, tomat, buah-buahan, dan berbagai produk pertanian lainnya.

Jual Mulsa di Jakarta dan di Surabaya

Oleh karena itu jangan ragu untuk penggunaan mulsa plastik. Dengan manfaat di atas, tentu biaya perawatan pertanian Anda jauh lebih hemat. Kami adalah distributor Jual Mulsa Plastik di Surabaya dengan harga murah dan berkualitas. Kami juga melayani Jual Mulsa Plastik di Jakarta dengan sistem penjualan online. Kami siap melayani Anda untuk kesuksesan usaha pertanian Anda. Salam sukses!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal Usul dan Manfaat Penggunaan Mulsa Plastik"

Posting Komentar