HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

5 Tips Jitu Sukses Budidaya Wortel, Yang Jarang Diketahui Orang!


Wortel ialah tanaman yang bersiklus hidup sekitar 12-24 bulan yang mengandung karbohidrat dengan jumlah besar, tanaman tersebut dapat berbunga di tahun kedua. Bagian batang bunga tumbuh sekitar 1 m, bunga yang berwarna putih, serta rasa manis langu. Untuk bagian wortel yang bisa dikonsumsi ialah pada bagian umbi ataupun akarnya.

1) Penyemaian Benih
Biji wortel ditebarkan langsung pada media tanam, bisa pula ditebar luas merata di tiap bedengan maupun dengan dicicir di dalam barisan. Jarak antar barisan sekitar 15 cm, lalu kalau telah tumbuh bisa dikerjakan penjarangan jadi tanaman wortel diberi jarak 3-5 cm per bibit. Keperluan bibit tiap area sekitar 150-200 gram. Biji wortel umumnya bakal sudah berkecambah sesudah tanaman berusia 8-12 hari.
*Baca juga Apa Itu Tambak, Apa Pula Manfaat Plastik Mulsa Untuk Tambak?

2) Media Tanam
Pertama, cangkul tanah sedalam 40 cm, serta diberikan pupuk kompos/kandang sekitar 15 ton tiap hektarnya. Kemudian buat bedengan selebar kira-kira 100-150 cm, tingginya 30-40 cm, jarak per bedengannya 50-60 cm serta panjang di sesuaikan pada kondisi lahan.

3) Penanaman
- Sebarkan bibit wortel dengan merata di alur-alur atau garitan-garitan yang sudah disediakan.
- Tutup bibit wortel memakai tanah tipis berkedalaman sekitar 0,5-1 cm.
- Bikin alur-alur dangkal sekitar 5 cm dari area bibit arah barisan guna menaruhkan pupuk dasar. Pupuk yang diberikan ialah campuran seperti TSP ± 400 kg, ± 200 kg, P2 O5 per hektar serta KCl 150 kg, ± 75 kg K2O/ha.
- Tebarkan pupuk secara merata, lalu tutup kembali memakai tanah tipis saja.
- Tutuplah setiap garitan memakai dedaunan kering maupun pelepah daun pisang sekitar 7-10 hari guna mencegah hanyutnya bibit wortel dari percikan air hujan, serta berfungsi untuk menjaga kadar kelembaban pada tanah.

4) Pemeliharaan & Perawatan
Kerjakan penjarangan antara tiap tanaman wortel. Hal ini dikerjakan ketika tanaman berusia 1 bulan sesudah masa tanam. Tujuannya ialah guna mendapatkan tanaman wortel yang tumbuh dengan subur, maka diharapkan supaya hasil panen memuaskan hati. Kerjakan pembersihan rerumputan liar dan gulma yang ada disekeliling tanaman. Rumput liar yang ada pada parit pula dibersihkan supaya tak menjadi sarang hama ataupun penyakit. Dibagian tanah di sekeliling barisan tumbuhan wortel perlu digemburkan dahulu, lalu dikubur sampai bagian ujung batang supaya kelak umbi bakal tertutup oleh tanah disekitarnya.
*Info harga terbaru tentang mulsa plastik pertanian bisa langsung dicek DISINI

5) Pemanenan
Untuk tanaman wortel yang sudah berusia sekitar 3 bulan sejak bibit disebar atau tergantung pada jenis varietasnya. Varietas yang ideal atau cocok dipanen saat usia 100-120 hari sesudah masa tanam.

Ukuran umbi sendiri perlu sudah maksimal serta jangan terlalu tua. Pemanenan yang sudah tua ataupun terlambat bisa mengkibatkan umbi berubah keras serta berkatu, maka kualitas mutu si wortel akan menjadi rendah ataupun tak laku jika dipasarkan. Selain itu, untuk pemanenan yang terlalu awal cuma bakal menghasilkan umbi yang ukuranya kecil, jadi produksi wortel akan sedikit turun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Jitu Sukses Budidaya Wortel, Yang Jarang Diketahui Orang!"

Posting Komentar