HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Mudah Budidaya Melon Dengan Bantuan Mulsa Plastik

Cara Mudah Budidaya Melon Dengan Bantuan Mulsa Plastik

Selamat pagi! Semoga para pembaca selalu diberikan kesehatan. Oke, hari ini kita akan membahas artikel soal cara mudah budidaya melon dengan bantuan mulsa plastik. Siapa yang belum kenal buah melon. Saya percaya anda telah kenal buah yang ini. Umumnya di bulan puasa buah melon banyak dibuat sop buah yang banyak ditawarkan di tepi jalan. 

Rasa-rasanya yang manis serta dagingnya yang tebal memang dapat mmberikan rasa sensasi manis beri kesegaran tenggorokan. Oleh karena itu buat teman dekat pencinta tanaman sekaligus, kesempatan ini kami akan menyediakan artikel tentang langkah menanam melon.

Melon berarti tidak menggunaan lanjaran (ajir) untuk menjalar tanaman melon tetapi didiamkan menyebar di atas permukaan tanah sebgaimana perihal langkah menanam semangka. Tehnik ini mempunyai keunggulan bertambah irit ongkos sebab tidak membutuhkan ajir tetapi pasti mengonsumsi semakin banyak tempat. Disamping itu kualitas net buahnya menyusut.

Meskipun begitu langkah ini banyak digunakan oleh petani bermodalkan terbatas serta dapat dibuktikan dapat membuahkan melon yang baik. Untuk lebih detilnya, simak beberapa langkah langkah menanam melon di bawah ini:

1. Persiapan Tempat Tanam

Tanaman melon dapat menyesuaikan dengan lingkungan dataran rendah atau dataran tinggi. Akan tetapi dia baiknya ditanam pada tanah dengan ketinggian di antara 20-450 mtr. di atas permukaan laut.

Tempat tanam melon sebaiknya terkena sinar matahari selama seharian serta mempunyai pH tanah yang netral (5-7). Sesudah didapatkan tempat yang pas, kerjakan persiapan mencakup penyiangan gulma serta penggemburan tanah.

Anda dapat manfaatkan herbisida untuk memberantas gulma serta memakai traktor mesin untuk menggemburkan tanahnya. Sesudah tanahnya gembur karena itu bikinlah jalur calon bedengan dengan jarak seputar 2-3 mtr. antar bedengan. Jarak ini berperan untuk tempat menjalarnya tunas tanaman melon nanti.

2. Pemberian Pupuk Fundamen

Pupuk fundamen melon ditaburkan pada jalur yang telah dibikin awalnya. Formasi pupuk fundamen adalah kombinasi pupuk organik serta pupuk bikinan. Pakai pupuk kandang seperti kotoran ayam petelur atau kotoran kambing yang telah didekomposisi secara baik hingga siap diserap akar tanaman nanti. Beri sebayak kemungkinan pupuk organik lantas imbuhkan pupuk bikinan berbentuk PHONSKA+SP36 dengan perbandingan 2:1. Taburkan pupuk bikinan di atas pupuk organik seperlunya saja lantas kemudian tanah diaduk memakai cangkul atau traktor rotari serta dibuat bedengannya. Bedengan minimal mempunyai lebar 80 cm dengan tinggi 20 cm.

3. Penempatan Plastik Mulsa

Plastik mulsa ini nanti bermanfaat untuk menghalangi penguapan air bedengan dan menahan tumbuhnya gulma serta rumput liar pada tempat bedengan yang dapat mengambil kandungan nutrisi dalam tanah. Oleh karena itu plastik ini benar-benar disarankan untuk di pakai waktu lakukan penanaman melon dengan skema itu. 

Ukuran lebar plastik pasti ikuti lebar bedengan. Tekankan anda sudah membentangkan serta menarik ulur plastik saat memasanganya hingga plastik tidak gampang memuai saat terserang sinar matahari siang yang bisa mengakibatkan plastik menggelembung.

Penempatan melon pada langkah menanam melon dengan seperti dengan Langkah Menanam Semangka.

4. Persiapan Bibit Melon

Untuk pembibitan karena itu anda harus memakai benih unggul F1 yang banyak dipasarkan di toko pertanian pada harga beragam. Umumnya varietas melon yang tahan virus akan dipasarkan pada harga tinggi. Benih yang sudah anda membeli lantas dicelup dengan air yang telah ditetesi ZPT Auxin serta fungisida skemaik semasa 4 jam selanjutnya dituras serta dibuntal dengan kain basah seputar 24 jam sampai mulai ada kecambah.

Selekasnya buat pot pembibitan memakai plastik pot kecil yang berisi tanah ayakan. Lantas sirami tanah serta lubangi sisi tengahnya seputar 0,5-1 cm. Biji yang telah berkecambah bisa dimasukkan di dalam pot serta diberi tanah halus.

Sisi atas pot selanjutnya ditutup dengan plastik serta didiamkan semasa 24 jam karena itu biji akan tumbuh. Jemurlah biji pada cahaya matahari langsung di saat biji berumur dua hari.

Tekankan tanaman terserang sinar matahari selama seharian serta janganlah lupa disirami saat pagi siang serta sore hari supaya bibit tidak mati.

Bibit yang telah dijemur semenjak kecil semakin lebih kuat daam menyesuaikan waktu ditanam dan mempunyai tangkai yang kuat. Bibit melon siap ditanam pada umur 7-10 hari.

5. Penanaman Bibit Melon

Saat akan ditanami, karena itu bikinlah 1 baris lubang tanam di atas bedengan dengan jarak antar lubang adalah 50 cm. Kocorkan NPK 16-16-16 serta insektisida pada setiap lubang lantas bibit dapat selekasnya ditanam saat pagi atau sore hari. Sesudah ditanami karena itu bedengan langsung anda lep supaya bibit yang baru ditanam tidak mati.

Disamping itu yang perlu jadi perhatian ialah pada 10 hari pertama anda harus rajin lakukan penyulaman bibit yang mati. Jika ada serangan-serangga seperti jangkrik ,bekicot atau serangga pengganggu yang lain karena itu pakailah pestisida yang cocok untuk menanganinya.

Penanaman bibit yang lain dapat juga anda melihat seperti Langkah Menanam Rambutan.

6. Pemupukan Susulan

Tanaman melon cuma berumur di antara 55-70 hari kemarin telah dipanen, karena itu penting buat kita untuk mengoptimalkan supply nutrisinya. Tetapi yang penting anda garis bawahi adalah kandungan nutrisi yang diberi sebaiknya setimbang. Pemupukan susulan terdiri menjai beberapa mode :

Pemupukan Kocor

Pada pemupukan kocor, yang anda pakai ialah gabungan pupuk NPK 16-16-16 ,NPK Grower, Kno3 serta Mashitam dengan perbandingan 2:1:1:1. Larutkan satu gelas 300 cc kombinasi pupuk dalam 45 liter air lantas kocorkan ke pangkal tanaman. Pemupukan diulang dengan jeda 5 hari sampai tanman berumur 30 hari sesudah tanam dengan kenaikan jumlah 1/dua gelas setiap kali kocor serta jumlah optimal 3,5 gelas untuk 45 liter air.

Pemupukan Semprot

Pemupukan semprot bertambah mengarah supply nutrisi mikro yang sedikit terdapat pada pupuk fundamen seperti boron, Mangan, Magnesium, Cu, Fe, Clorin, Zinc serta Calsium dan ZPT (Zat Pengontrol Tumbuh). Faktor mikro ini berperanan penting dalam jaga kesetimbangan metabolisme tanman melon hingga didapat perkembangan yang maksimal.

Tekankan anda memakai Pupuk Organik Cair serta ZPT sesuai dengan jumlah yang terter di merek supaya tanman tidak overdosis faktor mikro yang mengakibatkan perkembangannya jadi abnormal

Pemupukan Lep

Pemupukan Lep biasa dilaksanakan diakhir yakni waktu tanaman telah seleksi buah serta dua minggu mendekati panen. Maksudnya tidak lain untuk meningkatkan kecepatan perkembangan buah dalam sekejap. Pupuk yang dipakai adalah gabungan Pupuk PHONSKA serta MPK atau KNObuah dengan perbandingan 40:2. Cara ini cuma pas untuk pembesaran buah instant seperti Langkah Menanam Labu atau Langkah Menanam Timun serta tidak pas untuk beberapa tanaman sayuran seperti Langkah Menanam Bayam yang mempunyai langkah yang lain.

BACA JUGA:

5 Cara Mudah Menanam Tomat Dalam Polybag

Paranet, Solusi Jitu Pelindung Tanaman Pertanian

Dahsyatnya Keunggulan yang Dimiliki Plastik UV Untuk Greenhouse

7. Penyiraman

Tanaman melon memerlukan cukup keembaban supaya daunnya masih fresh. Pada musim penghujan, karena itu anda hampir tidak perlu lakukan penyiraman terkecuali bila lebih dari 4 hari tidak hujan. Bila dimusim kemarau, aka anda harus lakukan pengairan di antara 4-5 hari sekai. Siram dengan pompa air mesin sampai air penuhi setengah bedengan. Jangan menyirami penuh supaya tanah bedengan tidak cepat padat

8. Seleksi Buah

Seleksi buah melon dilaksanakan sesudah uncul buah seukuran telur ayam yang mana telah dinyatakan jadi. Pilih buah yang mulus serta oval (tidak bundar). Bila tanaman sehat, karena itu anda dapat membesarkan sampai 2-3 buah. Bila tanman kerdil karena itu cukup membesarkan 1 buah saja supaya net-nya dapat prima.

Buah yang telah diseleksi mka sulur depannya dipotong serta disisakan 2 daun dimuka buah. Arahanya ialah supaya buah selekasnya besar.

9. Pengendalian Hama serta Penyakit

Hama serta penyakit yang sangat sering ada adalah dari tipe jamur serta cendawan bakteri. Embun bulu, busuk daun serta embun tepung ialah penyakit penting yang menggempur daun tanaman melon. Serta perlakuan penyakit berikut yang akan habiskan paling beberapa waktu serta ongkos.

Supaya daun melon masih utuh sampai waktu panen, karena itu anda harus teratur menyemprotkan fungisida contact roling serta mix fungisida skemaik tiap dua hari sekali sampai umur 30 hari. Serta sesudah keluarkan bunga karena itu penyemprotan dilaksanakan tiap hari dengan satu hari kombinasi fungisida skemaik serta kontk lantas esoknya cuma contact dengan bahan aktif lainnya.

Untuk gempuran hama thrips serta aphids yang dapat mengakibatkan keriting daun serta bulai seperti gempuran pada Langkah Menanam Cabe serta Langkah Menanam Terong, karena itu anda dapat memakai insektisida memiliki bahan aktif abamektin minimum 18 EC dilaukan 4 hari sekali waktu tanman mulai keluarkan sulur sampai panen. Untuk menahan lalat buah, gunakanlah insektisida spesial serangga penyedot yang mempunyai aroma menusuk dilaksanakan 4 hari sekali sesudah tanman mulai berbuah.

Untuk beberapa masalah ada pula gempuran bakteri yang mengakibatkan daun membusuk secara cepat. Dalam ini anda harus memakai bakterisida mix dengan fungisida. Tanaman yang sakit seharusnya dikasih nutrisi spesial supaya cepat sembuh.

10. Panen Buah Melon

Tanaman melon cuma dipanen 1 kali yakni pada umur 55-70 hari (bergantung varietas yang anda tanam). Umumnya melon yang telah dibeli oleh konsumen harus disemprot hormon ethelin (ethrel) terlebih dulu supaya buah melon betul-betul masak. Melon dengan berat di atas 2 kg akan masuk kelas A hingga harga juga tambah mahal daripada melon yang beratnya di bawah 2 kg.

Untuk harga buah melon umumnya beragam bergantung dengan varietas yang anda tanam dan tehnik yang anda pakai untuk menanam. Untuk melon dengan ajir harga semakin lebih mahal sebab mempunyai net yang bertambah sempurnaa dibanding dengan menanam melon.

Demikian keterangan dari kami tentang langkah menanam melon yang banyak dilaksanakan petani. Kami berharap artikel ini berguna buat beberapa pembaca sekaligus. Jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya. Jangan lupa share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini ya. See you later!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Budidaya Melon Dengan Bantuan Mulsa Plastik"

Posting Komentar