HUBUNGI KAMI

Pabrik & Distributor Mulsa Plastik
Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips, Menanam Bidara di Perkebunan Kamu!

 

Pohon bidara merupakan salah satu pohon yang tertulis di dalam Al-Qur’an. Pohon yang kaya akan manfaatnya ini juga bisa mengusir jin serta makhluk halus, lho. Tanaman yang memiliki nama latin Ziziphus mauritianas ini diperkirakan berasal dari sawi wilayah Asia Tengah. Pohon ini mulai ditanam secara komersial di berbagai negara negara, seperti negara India, China, Thailand, Indonesia, dan masi banyak negara lainnya. Pohon bidara ini dapat tumbuh subur di lingkungan yang memiliki iklim panas, kaya akan sinar matahari, serta kondisi tanah yang kering. Nah, mau tau cara menanam pohon bidara di rumah, simak ke bawah.

Baca Juga:




Cara Menanam Pohon Bidara dengan Simpel.

Berikut ini tips menanam pohon bidara :

1. Temukan Bibit yang Baik.

Sebetulnya ada beberapa cara untuk menanamnya, yakni dengan melalui biji maupun dengan membeli di toko perkebunan. Jika menggunakan benih dari pohonnya langsung, perlu memilih bibit secara langsung serta menyemaikannya. Sedangkan, jika memilih bibit, bibit harus diambil dari buah bidara yang telah matang sempurna. Lalu memasukkannya biji ke air garam dengan perbandingan 17 garam : 100 ml air. Bibit yang mengambang sebaiknya di buang. Sementara bibit yang tenggelam ke dasar, bisa di rendam lagi di dalam thioureas, atau senyawa kimia yang berfungsi sebagai herbisida untuk memberantas gulma serta tanaman liar lainnya. Lakukan cara ini selama 4 kali, setelah ditiriskan, diamkan selama 7 hari penuh. Jika membeli bibit bidara di toko pertanian, belilah bibit yang sudah dikupas dari cangkangnya. Lalu, bisa merendamkkan biji bidara dengan zat perangsang, supaya biji bidara dapat tumbuh cepat selama semalam.


2. Menyemaikan Bibit.

Dalam cara menanam pohon bidara ini, perlu adanya beberapa alat pertanian yang membantu. Pertama menyiapkan wadah, tisu kering maupun basa, semprotan air serta plastik sungkup. Setelahnya beri beberapa lembar tisu pada wadah dan semprotkan air pada tisu hingga basah secara menyeluruh dan tidak terlalu menggenang. Selanjutnya mulailah menyusun bibit bidara yang telah ditiriskan di bagan atasnya. Setelah menyusun bibit bidara, semprotkan air secukupnya serta tutup hasil penyemaian menggunakan plastik sungkup selama 2 hari penuh. Cukup pastikan bibit mengeluarkan akarnya.


Kami menyediakan Polybag dengan harga yang terjangkau, Kamu bisa klik Disini!

3. Pindahkan Akar Bidara.

Sebelum menanamnya kamu perlu menyiapkan wadah polybag, tanah humus, arang sekam padi serta pupuk kandang. Jika sudah kamu dapat mulai memindahkan bibit bidara yang sudah berakar ke media semai dengan cara berhati-hati. Saat menanamnya, pastikan posisi akar menghadap ke bagian bawah serta benamkan akar ke bagian dalam media semai sekitar 2 - 3 cm. Setelahnya, kamu perlu menyiramnya dengan air serta tunggu hingga benih akan tumbuh dan mengeluarkan tunas daun muda pada waktu seminggu.


4. Tanam Pohon Bidara.

Bagi yang memiliki perkebun, bisa memyiapkan jarak antara satu pohon dengan pohon lainnya sebagai salah satu tips cara menanam pohon bidara di kebun. Selain itu, perlu adanya kepastian jarak antara tiap pohon bidara yang tidak dipangkas dengan yang sudah di pangkas. Apabila pohon bidara yang sudah dipangkas, kamu bisa memberikan jarak 7 - 8 m dari 11 -12 m. Pohon bidara dapat mulai berbuah setelah berumur 3 - 5 tahun dengan  jumlah buahnya sangat banyak sesuai dengan varitasnya. Ketika buah bidara sudah siap matang, buahnya akan berwarna kuning sedikit kecoklatan. Biasanya masa panennya dari mulai awal bulan Juli hingga akhir bulan Oktober.


5. Perawatan Pohon Bidara.

Bunga yang muncul juga bisa dipangkas agar dapat tumbuh lebih subur, lho. Setelah masa tanam kamu perlu memberikan pupuk pada pohon bidara sebanyak 2 - 3 kali per tahunnya. Pupuk yang bisa digunakan biasanya pupuk kandang maupun pupuk nitrogent. Pohon bidara bisa hidup di temperatur suhu ekstrim serta tumbuh dengan baik dalam keadaan sekitar yang kering. Akan tetapi, air juga diperlukan untuk tumbuh kembangnya, jadi pastikan saja menyiram air ketika melihat media tanamnya sudah mulai kering. 

Semoga Bermanfaat. Terima Kasih.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips, Menanam Bidara di Perkebunan Kamu!"

Posting Komentar

LANGGANAN