Jumat, 16 Desember 2016

Begini Cara Menanam Buah Semangka Yang Benar

Buah semangka merupakan buah yang yang tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Daging buahnya berwarna merah dengan rasa yang manis dan berair seketika mampu menyegarkan kerongkongan kering saat terik matahari.

Selain itu buah ini memiliki nilai estetika yang menggoda mata pembelinya dengan tampilan luar yang besar, berwarna hijau, dan memiliki garis horizontal sepanjang buahnya. Buah semangka atau Citrullus lanatus ini cocok dijadikan sebagai hidangan penutup santap bersama, acara keluarga, acara resmi maupun tidak resmi.
#Baca juga Mengapa Petani Kentang Harus Menggunakan Mulsa Plastik.

Selain sebagai pencuci mulut, buah ini juga bisa dijsajikan dalam bentuk jus ataupun dicampur bersama es buah. Bukan itu saja, hebatnya lagi buah ini memiliki segudang manfaat yang membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan penikmatnya. Bijinya yang memiliki aroma dan rasa tawar, diolah menjadi makanan ringan yang disebut kwaci dan kulitnya bisa dijadikan asinan atau acar.

Permintaan buah semangka pada hari-hari normal bisa mencapai 20-30 buah, dan akan meningkat pada momen-momen tertentu misalnya saat bulan puasa.

Buah semangka sudah dibudidayakan secara intensif oleh petani Indonesia cukup lama khususnya petani yang berdomisili di daerah pedesaan. Sentra buah semangka terdapat di Negara Cina, Jepang dan India.
#Baca juga Asal Usul dan Manfaat Penggunaan Mulsa Plastik.

Sedangkan di Indonesia sentranya terdapat di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Lampung. Tentunya buah semangka yang kita nikmati sehari-sehari berasal dari kinerja dan jerih payah petani dalam membudidayakannya dari penanaman hingga pemanenan. Apakah anda pensaran bagaimana cara budidaya buah yang satu ini?.

Baiklah, mari kita puaskan rasa penasaran anda dengan uraian cara budidaya semangka berikut :

1.Iklim
a.Secara teoritis curah hujan yang ideal untuk pertanaman semangka adalah 40-50 mm/bulan.
b.Tanaman semangka menghendaki penyinaran matahari yang cukup untuk seluruh areal pertanamannya.
c.Suhu optimal untuk pertumbuhan tanaman semangka adalah ±250C

2.Media tanam
a.Diperlukan tanah yang cukup gembur, kaya bahan organik, bukan tanah asam dan tanah kebun/persawahan yang telah dikeringkan.
b.pH antara 6-6,7, jika pH <5,5 bisa dilakukan pengapuran disesuaikan dengan tingkat keasaman tanah.
c.tanah yang cocok untuk tanaman semangka adalah tanah porous sehingga mudah membuang kelebihan air.
#Baca juga Kami Menjual Plastik Mulsa Hitam Perak Merk KUDA.

3.Ketinggian tempat
Ketinggian tempat yag ideal adalah 100-300 mdpl.
Itulah syarat tumbuh tanaman semangka yang harus dipenuhi sebelum menanam buah semangka. Dengan mengetahui syarat tumbuh, maka akan mempermudah proses penanaman buah semangka, lalu bagaiman tahapan budidaya semangka?

Langsung saja simak uraian dibawah ini :

1.Pembibitan
Pilihlah bibit semangka yang unggul seperti Hibrida import dan jenis Haploid (berbiji). Setelah itu biji direnggangkan untuk mempermudah proses pertumbuhannya. Setelah direndam dalam satuan obat yang sudah diramu. 1 liter air hangat, 1 sendok teh hormon (Atomik, Menedael, Abitonik), 1 sendok fungisida, 0,5 sendok bakterisida. Setelah direndam 10-30 menit, diangkat dan tiriskan, dan bibit siap dikecambahkan. Setelah itu dirawat sampai siap dipindahkan yakni pada umur 12-14 hari

2.Pengolahan media tanam
Dilakukan pembersihan gulma dan sisa akar tanamn sebelumnya. Setelah itu dibentuk bedengan dengan tinggi bedengan minimum 20cm.

3.Pengapuran
Dilakukan dengan pemberian jenis kapur pertanian yang mengandug unsur Ca dan Mg yang bersifat menetralkan keasaman tanah. setelah itu ditambah pupuk kandang dan organik.

4.Penanaman
Rendam selama 5-10 menit sebelum dipindahkan dengan obat (sama dengan perndaman awal). Keluarkan hati-hati dan pindahkan ke tanah yang siap tanam.

5.Pemeliharaan tanaman.
Penjarangan dan penyulaman terhadap tanaman yang rusak, kemudian penyiangan agar tidak ada gulma yang mengganggu, pembumbunan, perempaian, pemupukan dan pengairan serta penyiraman. Selain itu lakukan penyemprotan sesuai intensitas serangan hama. Pupuk daun diberikan saat umur (7,14,21,28 dan 35 setelah tanam), pupuk buah pada (45,55 HST) dan ZA serta NPK saat (25, 55 HST).

6.Panen 
Umr panen 70-100 HST dengan ciri-ciri terjadi perubahan warna buah, dan batang buah mulai mengecil. Sebaiknya pemotongan buah dilakukan beserta tangkainya.

Itulah cara menanam buah semangka, bagaimana? Tunggu apalagi. Lim Corporation menyediakan plastik mulsa hitam perak. Untuk info harga terupdate silahkan klik DISINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar