HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Manis Melonnya, Cukup Plastik Mulsa Media Tanamnya


Agribisnis melon menampilkan prospek menjanjikan. Melainkan bila unsur tanah yang kian keras, miskin faktor hara khususnya faktor hara mikro dan hormon natural, unsur iklim dan cuaca, unsur hama dan penyakit tanaman serta unsur pemeliharaan tak dipandang karenanya profit akan menurun. Tanaman Buah melon membutuhkan curah hujan antara 2000-3000 mm/th dengan ketinggian daerah yang maksimal 200-900 mdpl. Intensitas cahaya sang surya berkisar antara 10-12 jam per hari. Temperatur maksimal untuk perkecambahan berkisar 28°-30°C, untuk pertumbuhan vegetatif 20-25°C dan untuk pembungaan >25°C. Rasa melon yang manis akan tercapai jikalau selisih temperatur antara siang dan malam cukup tinggi. Temperatur pada siang hari untuk pembesaran 26°C sehingga bisa meningkatkan fotosintesis. Meski temperatur malam harinya <20°C untuk menekan progres respirasi cadangan makanan. Air benar-benar diperlukan oleh tanaman ini sebab 90% kandungan melon terdiri dari air. Lokasi penanaman melonsebaiknya bukan bekas lahan tanaman melon atau tanaman sefamili. Minimal telah diberakan selama 2 tahun untuk didapatkan hasil yang maksimal.

1.PERSIAPAN TEKNIS BUDIDAYA MELON

Pengevaluasian pH tanah dibutuhkan untuk memutuskan jumlah pemberian kapur pertanian pada tanah masam atau pH rendah (di bawah 6,5). Pengevaluasian dapat dikerjakan dengan kertas lakmus, PH meter, atau cairan PH tester. Pengambilan spot sampel dapat dikerjakan dengan sistem zigzag.

BACA JUGA 

Kenapa Petani Kentang Wajib Mengaplikasikan Mulsa Plastik ?

Sudahkah Amankah Tanaman Sawi Anda dari Hama & Penyakit Berikut??

Mau Tau Cara Budidaya Bunga Kol??

Plastik Mulsa Pengusir Ampuh Hama Trip


2.PELAKSANAAN BUDIDAYA MELON
- Persiapan Lahan
Persiapan lahan mencakup pembajakan dan penggaruan tanah, Pembuatan bedengan kasar dengan lebar 110-120 cm, tinggi 40-70 cm dan lebar parit 50-70 cm, pemberian kapur pertanian sebanyak 200 kg/rol mulsa PHP (Plastik Hitam Perak) untuk tanah dengan pH di bawah 6,5, pemberian pupuk sangkar yang telah difermentasi sebanyak 40 ton/ha dan pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 150 kg/rol mulsa PHP, kemudian dikerjakan pengadukan/pencacakan bedengan supaya pupuk yang telah dikasih bercampur dengan tanah, persiapan berikutnya pemasangan mulsa PHP, pembuatan lubang tanam dengan  jarak tanam pas untuk musim kemarau 60 cm x 60 cm walaupun untuk musim penghujan dapat diperlebar 70 cm x 70 cm dan kemudian dikerjakan pemasangan ajir.

- Persiapan Pembenihan dan Penanaman
Pada persiapan pembenihan diperlukan rumah atau sungkup pembenihan untuk melindungi benih yang masih muda. Kemudian menyediakan media semai dengan komposisi 20 liter tanah, 10 liter pupuk sangkar, dan 150 g NPK halus. Media campuran dimasukkan ke dalam polibag semai. Sebelum menjalankan penyemaian bibit, sebaiknya bibit direndam dalam larutan fungisida sistemik berbahan aktif simokanil atau metalaksil dengan dosis ½  dari dosis terendah yang direkomendasikan pada kemasan selama ± 6 jam, baru kemudian bibit disemai pada media. Untuk mempercepat perkecambahan bibit permukaan media ditutup dengan kain goni (dapat juga mengaplikasikan mulsa PHP) dan dijaga dalam kondisi lembab.
*Info selengkapnya mengenai Polybag bisa Anda simak DISINI
*Info selengkapnya mengenai MPHP/Plastik Mulsa bisa Anda simak DISINI

Pembukaan penutup permukaan media semai dikerjakan jikalau bibit telah berkecambah, baru kemudian bibit disungkup mengaplikasikan plastik transparan. Pembukaan sungkup diawali pada jam 07.00 - 09.00, dan dibuka lagi jam 15.00-17.00. Usia 5 hari memasuki tanam sungkup semestinya dibuka secara penuh untuk penguatan tanaman. Penyiraman jangan terlalu berair dan dikerjakan tiap pagi.  Penyemprotan dengan fungisida berbahan aktif simoksanil dan insektisida berbahan aktif imidakloprid pada usia 8 hss (hari sesudah semai) dengan dosis ½ dari dosis terendah. Benih yang telah mempunyai 4 helai daun sejati siap untuk pindah tanam ke lahan.

3.PEMELIHARAAN TANAMAN

- Penyulaman
Penyulaman dikerjakan hingga dengan usia tanaman 2 pekan. Tanaman yang telah terlalu tua jikalau masih terus disulam mengakibatkan pertumbuhan tak seragam. Dan akan berakibat kepada penguasaan hama penyakit.

- Pengikatan dan Pemangkasan Tanaman
Tanaman melon termasuk tanaman merambat dengan pertumbuhan yang kencang, untuk itu sedini mungkin semestinya telah langsung diikatkan pada ajir, pengikatan dikerjakan tiap jarak 40 cm.
Pemangkasan tanaman bertujuan untuk memelihara cabang pantas dengan yang dikehendaki. Supaya peredaran udara di sekitar arel pertanaman lancar karenanya direkomendasikan memelihara satu cabang utama.

- Sanitasi Lahan Dan Pengairan
Sanitasi lahan pada budidaya melon mencakup : penguasaan gulma/rumput, penguasaan air dikala musim hujan sehingga tak timbul genangan, pemangkasan daun dan pencabutan tanaman yang terserang hama penyakit.
Pengairan dikasih secara terukur, dengan penggenangan atau pengeleban seminggu sekali apabila tak turun hujan. Penggenangan jangan terlalu tinggi, batas penggenangan cuma 1/3 dari tinggi bedengan.

- Pemupukan Susulan
Pupuk akar dikasih dengan sistem pengocoran pada usia 15 hst, 25 hst dan 35 hst dengan dosis 3kg NPK 15-15-15 dan 1kg ZK dilarutkan dalam 200lt air, untuk 1000 tanaman, setiap tanaman dikasih 200ml.
Pupuk daun kandungan Nitrogen tinggi dikasih pada usia 7 hst dan 24 hst, walaupun kandungan Phospat, kalium dan mikro tinggi dikasih usia 20 hst, 30 hst dan 45 hst.

4.PANEN
Usia panen buah melon sungguh-sungguh  bervariasi, ialah antara 55-85 hst (hari sesudah tanam). Elemen yang paling berakibat kepada usia panen yakni genetis dan lingkungan. Buah melon dengan varietas yang berbeda akan mempunyai usia panen yang berbeda pula sekalipun ditanam pada situasi lingkungan yang sama. Dan sebaliknya, varietas melon yang sama akan mempunyai usia panen yang berbeda andaikata ditanam pada situasi lingkungan yang berbeda, khususnya ketinggian daerah.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manis Melonnya, Cukup Plastik Mulsa Media Tanamnya "

Posting Komentar