HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Cengkeh Dengan Mulsa Plastik Hasil Berlimpah Ruah

Cengkeh termasuk suatu jenis tumbuhan rempah-rempah yang mempunyai banyak sekali manfaat. Bagian yang kerap kali dimanfaatkan dari tumbuhan cengkeh ialah pada bagian kuncup bunganya. Umumnya lewat proses pengeringan lebih dulu sebelum nanti dikonsumsi ataupun digunakan. Kuncup bunga dari tumbuhan inilah yang kerap disebut oleh orang-orang dengan nama cengkeh.



Cengkeh umum dipakai untuk dijadikan penambah citarasa makanan atau juga minuman. Sensasi rasanya yang terasa hangat serta pedas cukup banyak disukai oleh para kalangan masyarakat, khususnya yang tinggal pada daerah dingin. Di samping itu juga, cengkeh pula mempunyai manfaat yang baik guna kesehatan tubuh sebab diketahui memiliki kandungan fosfor, zat besi, seng, natrium, magnesium, kalsium, kalium, serta vitamin.

1. Persiapan Lahan

Pertama, bersihkan dahulu lahan bekas tunggak ataupun akar kayu yang bisa mengakibatkan rayap maupun jamur akar yang selanjutnya dilanjutkan dengan tahap pengolahan tanah. Pembuatan lubang tanam yang umumnya disiapkan dulu sejak sekitar bulan Juli hingga September serta ditutup ketika bulan Oktober, hal itu dimaksudkan supaya lubang serta tanah galiannya terkena panas yang lumayan lama.

Untuk ukuran seperti panjang, lebar, serta kedalaman yang umumnya dipergunakan dalam pembuatan sebuah lubang tanam yaitu 60 x 60 x 60 cm, 80 x 80 x 80 cm, serta 1 x 1 x 1 meter. Ketika memasuki 2 minggu hingga 1 bulan lamanya sebelum tanam, tanah perlu diberi pupuk kandang yang sudah menjadi tanah ataupun pupuk kompos dengan takaran 5-10 kg/pohon. Untuk mengatur adanya kelebihan air haruslah juga dibuat saluran drainase yang baik dan cukup.

BACA JUGA 

Kiat Sukses Budidaya Tanaman Semangka Agar Hasil Maksimal


2. Penanaman

Tahap ini dilakukan apabila seluruhnya sudah dipersiapkan, contohnya terasering sudah baik, peneduh alam ataupun buatan sudah siap digunakan, lubang tanam yang memenuhi persyaratan sudah ditutup kembali, dan juga jarak tanam tanam sudah ditentukan. Untuk jarak tanam yang umum dipakai pada penanaman cengkeh tak sama, sebab juga tergantung pada ketinggian dan juga kemiringan tanah.

Jarak tanam pada tanah yang datar sekitar 8 m x 8 m untuk 156 pohon serta pada tanah yang cukup miring minimal 6 m x 6 m untuk 256 pohon, ataupun bisa dibuat sedikit variasi 8 m x 6 m untuk 200 pohon, 6 m x 7 m untuk 238 pohon, 7 m x 8 m untuk 178 pohon. Jikalau ada beberapa gangguan yang bisa merugikan, jarak tanam bisa Anda buat lebih rapat lagi, contohnya saja 4 m x 4m untuk 625 pohon.

3. Pemeliharaan & Perawatan

- Penyulaman

Waktu yang ideal guna dilakukan penyulaman adalah ketika musim hujan, yakni guna menghindari kematian tanaman cengkeh yang disebabkan karena kekurangan air. Bibit hasil sulaman yang dipakai berasal dari sumber bibit serta umur yang tak jauh berbeda dengan cengkeh yang sudah ditanam.

- Penyiraman

Pada pertama masa pertumbuhan, cengkeh membutuhkan kondisi tanah yang agak lembab, maka pada musim kemarau perlu dikerjakan penyiraman. Proses penyiraman bisa dikerjakan sebanyak 2-3 kali sehari. Penyiraman dikerjakan saat sore hari sesudah pukul 15.00 sebab ketika sore hari kondisinya sejuk serta tak akan terjadi penguapan yang banyak maka air bisa diserap akar dalam jumlah banyak. Untuk tanaman dewasa penyiraman sendiri tak begitu diperlukan, kecuali pada keadaan iklim ekstrim yang kering.

- Pemasangan Mulsa

Ini yang harus Anda perhatikan, ketika sedang menjalankan proses budidaya cengkeh Anda perlu memasangkan mulsa plastik pada tanaman cengkeh yang sedang ditanam. Mulsa plastik dapat Anda pasangkan ketika menjelang musim kemarau. Tujuannya guna menjaga tingkat kelembaban pada tanah disekeliling tanaman serta juga memberikan keadaan yang lebih baik lagi guna perkembangan dan pertumbuhan akar tanaman cengkeh.

- Pemupukan

Pemupukan sendiri dimaksudkan guna memperbaiki perkembangan dan pertumbuhan tanaman serta meningkatkan produksi cengkeh sesudah masa panen. Menurut pola penyebaran akar, penempatan pupuk pada cengkeh dikerjakan dibawah proyeksi tajuk serta dibagian dalam tajuk.

Pemupukan bisa Anda berikan 2x dalam setahun, yakni ketika awal musim hujan serta ketika awal musim kemarau. Jenis pupuk yang bisa Anda berikan bisa berupa pupuk organik, pupuk kandang ataupun kompos serta pupuk anorganik, baik tunggal ataupun berupa pupuk majemuk dalam bentuk seperti butiran ataupun dalam bentuk tablet.

4. Pemanenan

Produk utama dari tanaman cengkeh ini adalah bunga, yang pada waktu pemanena kadar airnya sekitar 60-70% saja. Waktu yang terbaik guna memetik cengkeh ialah berkisar 6 bulan sesudah bakal bunga muncul, yakni sesudah 1 atau 2 bunga pada tandannya mekar serta warna bunga berubah kuning kemerah-merahan dengan bagian kepala bunga masihlah tertutup, berisi serta mengkilat.

Pemungutan bunga tanaman cengkeh dikerjakan dengan cara memetik bagian tangkai bunga dengan tangan, lalu dimasukkan ke kantong kain ataupun keranjang yang sudah disiapkan, memakai tangga segitiga ataupun galah dari bambu, dan juga tak merusak daun yang ada disekelilingnya ketika pemetikan. Waktu panen amat berpengaruh pada rendemen serta mutu bunga cengkeh dan juga minyak atsirinya.

Tag :
jarak tanam cengkeh yang baik, pohon pelindung cengkeh, pupuk untuk cengkeh, berapa tahun cengkeh bisa berbuah, cara menanam cengkeh agar cepat berbuah, pupuk untuk cengkeh baru tanam, cara menanam cengkeh manual, daerah yang cocok untuk tanaman cengkeh

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budidaya Cengkeh Dengan Mulsa Plastik Hasil Berlimpah Ruah"

Posting Komentar