HUBUNGI KAMI

Pabrik & Distributor Mulsa Plastik
Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Budidaya Tanaman Hias Di Dalam Pot

Jika dulu untuk bercocok tanam sangat bergantung terhadap lahan namun tidak demikian untuk jaman sekarang, seiring perkembangan zaman cara bercocok tanam juga berevolusi dengan banyak kemajuan. Salah satunya banyak yang sudah menggunakan media tanam seperti pot. Lebih-lebih tanaman hias yang biasa ditanam di pekarangan rumah untuk memperindah halaman rumah kita.
Pada lahan taman yang sempit sekalipun bisadimanfaatkan untuk ditanami tanaman hias dengan menggunakan media tanam seperti pot. Berikut ialah tips cara menanam tanaman hias di dalam pot yang baik :


1. Memilih bibit
Pertama yang harus di siapkan ialah bibit tanaman hias yang mau kita tanam di dalam pot. Karena bibit yang baik akan menghasilkan benih yang baik pula.

Baca Juga :  MPHP Membantu Proses Kontrol Terhadap Serangan Berbagai Penyakit dan Hama Pada Cabe Rawit

2. Menyiapkan Media Tanam
Setelah menbisakan bibit terbaik langkah selanjutnya ialah menyiapkan media tanam. Letakkan  beberapa pecahan batu merah sebagai pengikat air di dasar pot kemudian Isi pot dengan campuran tanah yang ideal untuk tiap-tiap jenis ;
• Campuran umum;  pasir 1/3 bagian, tanah 1/3 bagian, 1/3 bagian pupuk kandang
• Campuran untuk jenis suka kering; pasir ½ bagian, 1/2 bagian pupuk kandang
• Campuran untuk jenis suka lembab: tanah ½ bagian, 1/2 bagian pupuk kandang
Pilihlah pot tanaman dan media tumbuh yang sesuai dengan jenis tanaman hias yang akan kita potkan. Pot juga harus disesuaikan dengan tempat dimana dan bagaimana pot tersebut diletakkan.

3. Memulai Menanam.
Apabila bibit sudah ada dan media tanam sudah tersedia maka saat ini sudah waktunya untuk memulai menanam bibit tanaman tersebut ke dalam pot. Bila pot dan media yg telah disiapkan tersedia, pastikan pot memiliki lubang drainase yang cukup. Isikan media kurang lebih 1/3 bagian pot. masukkan tanaman, usahakan media asal yang menempel pada tanaman masih ada, agar tanaman tidak mengalami stres saat beradaptasi dengan media yang baru. Tambahkan lagi media tanam, sambil tanaman dipegang terus dengan sebelah tangan. Setelah hampir penuh, tekan media perlahan-lahan dengan ibu jari agar tanaman bisa berdiri kokoh. Pot jangan diisi sampai penuh, sisakan sekitar 2 cm dari bibir pot agar mudah waktu melakukan penyiraman. Setelah pengepotan selesai, siramlah tanaman hias secukupnya. Dinding luar dan dasar pot dibersihkan dari kotoran dan media tanam yang masih menempel sebelum diletakkan pada tempat yang diinginkan.

Jangan Lewatkan : Cara Pemasangan Plastik Mulsa Hitam Perak Pada Tanaman Cabe (Cabai)

4. Menyiram tanaman
Agar tanaman yang kita tanam atau yang kita pindahkan kedalam pot bisatetap sehat dan bertahan hidup kita harus melakukan penyiraman dengan rutin sesuai kebutuhan. Cara penyiraman tanaman di dalam pot juga bisadilakukan dengan berbagai macam cara salah satunya seperti berikut :
• kita menyiram dengan memberikan Air melalui alas pot. Dengan cara ini air akan meresap ke atas ke media tanam dengan melalui sistem kapiler. Keuntungan media tidak terlalu basah, tetapi ketersediaan air cukup terjamin. Untuk membantu peresapan air ke media tanam sebaiknya dipasang tali dari media ke alas pot melewati lubang drainase.
• Air diberikan langsung pada media tanam. Pada cara ini air bisa disiramkan langsung pada permukaan media tanam atau juga bisa melalui pipa yang ditancapkan ke media tanam. Usahakan air siraman tidak mengenai tanaman hias secara langsung.
• Waktu terbaik untuk melakukan penyiraman tanaman hias ialah di pagi hari kira-kira jam 7  sampai 10 pagi atau sore hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Tanaman Hias Di Dalam Pot"

Posting Komentar