HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Panduan Lengkap Budidaya Udang Vaname dengan Mulsa Plastik

Panduan Lengkap Budidaya Udang Sistem Mulsa Plastik

Hai, kembali lagi bersama penulis yang akan membahas seputar dunia pertanian, perkebunan, pertanian dan juga perternakan. Nah, kali ini saya akan membahas soal panduan lengkap budidaya udang vaname dengan mulsa plastik

Udang vaname atau udang vanamei adalah salah satunya tipe udang yang sering dijumpai di pasar. Udang vaname berawal dari wilayah yang mempunyai cuaca sub tropis. Secara detil udang ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dibanding dengan udang tipe yang lain seperti udang windu. Disamping itu, udang vaname mempunyai perkembangan yang relatif singkat hingga tentu saja dapat bisa lebih cepat dilaksanakan pemanenan. Tentu saja ini baik sekali untuk proses budidaya udang vaname sendiri.

Tidaklah aneh bila selanjutnya banyak beberapa pebisnis yang selanjutnya berminat untuk membudidayakan udang vaname. Selain kebutuhan pasar yang tinggi, konsumsi udang vaname lagi bertambah dari sekian waktu. Ini tidak lain disebabkan karena ras ciri khas dari udang vaname yang disukai dan banyak jadi opsi selaku sahian kulineran. Kecuali keinginan dalam negeri, keinginan dari negara seperti Amerika pada udang Vaname lumayan tinggi. Karena secara kualitas juga penuhi standard kualitas untuk customer kelompok menengah keatas.

Kecuali beberapa kelebihan di atas, udang Vaneme adalah tipe udang yang tahan dan tidak gampang teserang hama atau penyakit. Hingga tentu saja ini lebih mempermudah proses budidaya juga sekaligus memberikan keuntungan dalam proses budidaya. Tentu saja tidak seluruhnya orang sanggup lakukan budidaya udang vaname dengan benar dan baik tanpa mengenali tehnis budidaua secara tepat. Bila anda ketarik coba usaha ini seperti langkah budidaya udang tambak , karena itu pasti anda harus memerhatikan 6 langkah budidaya Udang Vaname dengan Plastik Mulsa termudah.

1. Pengerjaan Kolam Budidaya

Tingkatan awalnya dalam budidaya udang vaname pasti ialah pengerjaan kolam budidaya seperti langkah budidaya ikan air tawar supaya cepat panen. Kolam budidaya spesial udang tentu saja dibikin dengan spesial dan tehnik spesial yang mencakup :

  • Pemilihan Posisi

Posisi kolam adalah yang penting untuk memberikan dukungan kesuksesan budidaya. Posisi yang diputuskan harus dekat sama sumber air, dan pasti tentukan posisi yang tidak gampang terserang banjir. Keduk tanam dengan kedalaman 1-1,5 mtr. sama ukuran oanjang dan lebar yang disamakan dengan luas tempat yang dipunyai. Minimum 1-1,lima bulan saat sebelum proses budidaya diawali kolam sebaiknya terlebih dulu siap. Sesudah usai isilah air untuk penuhi kolam, pakai air bersih dan diamkan proses ini berjalan sepanjang 5-7 hari.

  • Pengurasan Air

Kemudian, selanjutnya menguras airdari dalam kolam dengan buang air lewat lubang pembuangan yang sudah dibuat dan umumnya ada di pojok kolam. Menguras sampai air betul-betul kering dan tidak sisa kembali di kolam. Diamkan sampai lumpur lumpu dari landasan kolam memnuhi kolam. Ini adalah usaha untuk mensterilkan keadaan kolam dari hama atau bakteri dan penyakit yang dapat mengusik budidaya udang vaname.

  • Pengeringan Tanah

Sesudah air dikeringkan karena itu tingkatan seterusnya diamkan sampai kolam jadi kering. Termasuk sisi landasan dan lumpur kolam. Proses ini umumnya memerlukan waktu sampai 7-10 hari bergantung pada keadaan cuaca. Bila panas matahari terik, karena itu proses bisa bisa lebih cepat. Oleh karenanya, dianjurkan di saat tingkatan pengerjaan kolam dilaksanakan di saat cuaca panas.

  • Pengapuran

Pekapuran ditujukan supaya membuat keadaan kolam mempunyai pH yang konstan dan sesuai tempat lingkungan bagus untuk udang vaname untuk berkembang dan tumbuh. Disamping itu pekapuran berperan untuk buang kotoran yang masih ada dalam kolam. Taburi kapur dengan rata pada semua permukaan kolam. Dan diamkan sepanjang sekian hari sampai kapur menyerap di dalam kolam. 

2. Pemasangan Plastik Mulsa

Penempatan plastik mulsa dalam budidaya udang vaname ditujukan supaya memudahkan proses budidaya seperti langkah budidaya lobster air laut. Penempatan mulsa bisa dilaksanakan secara full cover atau tutupi semua permukaan kolam, atau cuman sisi dinding kolam. Penempatan plastik mulsa bisa dilakukam dengan di bawah ini :

  • Membeli lah plastik mulsa yang bisa anda peroleh dengan gampang dengan beli di toko pertanian.
  • Pasang mulsa di bagian landasan dan dinding kolam.
  • Pakai kontribusi straples untuk mengaitkan mulsa dan tanah.
  • Straples bisa memakai bilah bambu yang dibentu seperti huruf U.
  • Pasang dengan rata dan janganlah sampai ada lipatan di bagian mulsa.
  • Pasang dengan kebcang dan janganlah sampai berlangsung kebocoran.
  • Setele usai, anda dapat segera lakukan pengisian air.
  • Plastik mulsa cuman bisa dipakai untuk 2 kali periode budidaya dan sesudahnya harus ditukar yang baru. 

3. Pengisian Air

Isilah air sedikit demisedikit di dalam kolam seperti langkah budidaya ikan black molly. Sekalian memeriksa berlangsung kebocoran atau mungkin tidak. Seterusnya, baru isilah air secara penuh di dalam kolam dan diamkan sampai 1 minggu. Sesudah diisi air, yakinkan jika air yang dipakai adalah air yang bersih dan berawal dari sumber matahari.

Jauhi pemakaian air dari sungai atau air yang bersatu sampah. Karena ini malahan akan memunculkan udang alami komatian dan kontaminasi. Taruh pompa alcon di dalam kolam untuk merusak air. Tinggi air yang diidikan sekitar 120-130 cm. Diamkan sepanjang tiga hari kemudoan tambahkam kaporit 20-30 ppm untuk menjernihkan air.

Sesudah air beralih menjadi jernih, karena itu tingkatan setelah itu tumbuhkan plankton dalam kolam mulsa. Plankton plankton berikut yang selanjutnya bisa menjadi pakan alami untuk udang vaname. Agar bisa tumbuhkan plankton dengan alamiah bahan yabg diperlukan ialah bekatul, bioboos, gula jawa cair, dan pakan.

Bahan bahan ini akan didapat dengan gampang di beberapa toko pertanian. Seterusnya masukan di dalam tempat untuk difermentasi, sesudah berbau di dalam tempat berbeda karena itu di saat itu reaksi peragian sudah usai. Selanjutnya masukan di dalam kolam sampai air kolam berbeda warna jadi hijau.

4. Masukkan Benih Ke Dalam Tambak

Sesudah air kolam warna hijau karena itu hal itu mengisyaratkan jika kolam siap diberi benih seperti langkah budidaya ikan cupang halfmoon. Warna hijau memperlihatkan jika plankton sudah tumbuh dan penuhi kolam. Untuk benih udang vaname seharusnya pakai benih yang bermutu dan mempunyai produktofitas tinggi. Benih yang bagus dan sehat akan relatif gampang bertahan dan bisa hidup secara baik pada kolam. Saat sebelum ditabur seharusnya sudah didiamkan menyesuaikan dalam ember baru selanjutnya ditabur ke kolam dengan kepadatan 80-100 ekor per mtr. persegi.

5. Perawatan serta Pemeliharaan

Pemeliharaan serta perawatan dalam budidaya udang vaname mencakup pemberian pakan dan perawatan kolam sebagimana langkah budidaya ikan angelfish. Pemberian pakan disamakan sama ukuran udang vaname, di saat awalnya penyebaran benih seharusnya tak perlu dikasih pakan. Sesudah melalui dari tiga hari karena itu anda bisa diberi pakan berbentuk pakan spesial udang.

Untuk benih udang dengan berat 0.01 gr bisa diberi pakan sekitar 3 kg untuk 80-100 ekor udang. Untuk udang dengan berat 0,5 gr dengan kepadatan yang serupa jumlah oakan yang diperlukan seputar 11,22 kg. Seterusnya perawatan kolam dilaksanakan dengan memerhatikan kandungan garam, pH dan perputaran air, karena ini akan memberikan dukungan perkembangan dan perubahan udang.

6. Panen

Udang aname bisa dipanen di saat berusia 60-70 hari seteleh periode sebar benih seperti langkah budidaya kepiting tembakau. Pada umur ini berat udang telah masuk ke berat bagus uuk bisa dipanen dan dipasarkan kepasaran. Panen dilaksanakan dalam konsisi sudah hidup dengan memakai jala selanjutnya tersimpan dalam box pendingin untuk jaga kualitas uldan kesegaran udang vaname sampai ketangan customer.

Nah, berakhir sudah pembahasan materi untuk artikel kali ini. Jangan lupa share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini ya. See you later!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Lengkap Budidaya Udang Vaname dengan Mulsa Plastik"

Posting Komentar